Jalan-jalan

4 Tempat Di Indonesia Yang Paling Sering Dikunjungi Backpacker

Siapa bilang liburan harus mahal ? Nggak juga kali yak, apalagi di jaman internet kayak gini. Semua akan jadi mudah, beli tiket kereta atau pesawat, sewa hotel atau beli tiket masuk wisata juga bisa. Biasanya kebanyakan orang sudah menggunakan aplikasi Traveloka. Ngomongin soal liburan murah, bukan cuma di luar negri aja lho. DI dalam negri sendiri juga banyak ko tempat wisata murah dan tak kalah indah dengan luar negri. Banyak turis lokal dan asing, terutama backpacker sudah mendatangi tempat ini.

Kedatangan turis backpacker menandakan kalau tempat wisata tersebut memang benar-benar murah dan mempesona. Artinya terjangkau buat kamu yang koceknya pas-pasan tapi tetep mau jalan-jalan. Nah, mau tau kan tempat wisata yang menjadi favorite turis backpacker ? Langsung aja yuuk…meluncur ke bawah tulisan ini :

 1. Kawah Ijen dan Baluran Banyuwangi

Jangan mengira bahwa menikmati api biru langka di kawah ijen adalah hal yang mahal. Kamu hanya perlu menyisihkan sedikit uang dan menyiapkan fisik bugar saja jika ingin berkunjung ke sana. Ada banyak jalan yang bisa kamu tempuh agar kamu bisa sampai ke sana. Dari terminal atau stasiun Banyuwangi kamu hanya perlu menyewa mobil atau naik ojek saja. Jangan takut nyasar deh, karena mayoritas penduduk di Banyuwangi tahu tempatnya. Setelah puas menikmati indahnya kawah, kamu bisa turun gunung dan bersantai ria di kawasan wisata Baluran. Tiket masuk ke kawasan ini tergolong murah, yaitu sekitar 30 ribuan saja.

Dengan harga tiket segitu kamu sudah bisa menuikmati indahnya padang rumput dengan bermacam-macam hewan yang hidup di sana. Pokoknya nggak bakalan nyesel deh berwisata ke Kawah Ijen dan Baluran.

Gbr. travel.kompas.com

2. Pantai Klayar Pacitan

Jika mendengar kota Pacitan ingatan kita melayang pada Presiden SBY atau Soesilo Bambang Yudhoyono. Ya, betul banget beliau berasal dari kota Pacitan. Ternyata, diam-diam Pacitan menyimpan pesona wisata yang tak bisa dipandang sebelah mata. Selain memiliki goa-goa keren, Pacitan juga terkenal akan keindahan pantainya. Meskipun tak seterkenal Bali, Pacitan memiliki pantai yang tak kalah indahnya namanya Pantai Klayar.

Pantai Klayar terkenal memiliki keunikan yaitu sering mengeluarkan suara seperti seruling. Hrga tiket masuk ke Pantai Klayar sangat murah sekitar 10 ribu rupiah. Bayangkan hanya dengan uang segitu, kamu bisa bersantai atau bermain ombak kecil seperti di Bali. Bukan hanya itu saja, Pantai Klayar juga memiliki batu-batu karang raksasa seperti Sphinx. Jadi jangan sampai nggak datang ke pantai ini yak.

Gbr. asliindonesia.net

3. Suku Baduy

Tempat wisata yang tergolong murah  berikutnya adalah Suku Baduy. Tempat wisata ini juga sering dikunjungi oleh backpacker karena para turis bisa belajar tentang budaya lokal. Suku Baduy terletak di daerah Lebak, Banten. Wisatawan bisa mengunjungi suku Baduy yang terkenal masih sangat murni dengan adat istiadatnya. Suku Baduy sangat menjaga budayanya dengan cara mengisolasi diri dari hidup modern. Dengan begitu wisatawan bisa belajar budaya budaya tentang penduduk setempat. Suku Baduy sendiri terdiri dari dua suku, Baduy Luar dan Baduy Dalam.

Suku Baduy Luar inilah yang sudah bisa menerima sedikit peradaban dari luar, begitu pula dengan penduduknya. Penduduknya bisa berinteraksi dengan para turis atau pendatang. Dengan begitu para turis bisa bermalam di rumah penduduk lokal dengan bayaran suka rela. Jadi selain berkeliling melihat perkampungan Suku Baduy, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan mereka.

Gbr. beastudiindonesia

4. Ranu Kumbolo

Jika di antara kamu sudah pernah menonton film berjudul 5 Cm yang diangkat  dari  sebuah  novel  karya A. Fuadi maka kamu pasti tahu Ranu Kumbolo. Melihat penampakan dari layar lebar saja, kamu sudah terpukau apalagi kalau bisa melihat langsung aslinya. Ya, Ranu kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Semeru.

Akses menuju ke sana juga tergolong mudah. Gunung Semeru bisa ditempuh dari Kota Malang Jawa Timur. Dari kota Malang kamu bisa menyewa angkot untuk menuju ke pos terakhir. Setelah itu kamu harus berjalan kaki mendaki gunung demi melihat surga kecil ini.

Gbr. selipan.com

Nah, bener kan kalau traveling itu nggak mahal dan nggak jauh-jauh amat. Semua keindahan alam itu berada di negri tercinta Indonesia. Saran saya sih, kamu perginya bareng-bareng temen karena pergi rame-rame itu lebih enak lho. Okee…selamat menjelajah tempat wisata yang sudah disebutkan di atas yaaa…

 

Simple dan konsisten

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of