6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Daftar Online Penerimaan Siswa Baru

Sebulan lagi dunia pendidikan akan mulai ramai kembali. Acara tahunan yang bernama “Tahun Ajaran Baru” itu akan menggelar penerimaan siswa baru secara online. Saya jadi ingat dua tahun lalu, saya ikut mantengin di depan laptop saat keponakan ikut daftar. Bayangkan selama 24 jam non stop laptop tidak dimatikan. Meskipun harus tidur, tapi laptop tetap menyala. Keseruan bertambah kalau-kalau nama keponakan tergeser karena ada nilai yang lebih tinggi di atasnya. Beda nilainya juga nggak jauh, hanya terpaut sekitar nol koma sekian.

Maklum keponakan saya  memilih sekolah yang dibilang favorite. Jadi Nilai Evaluasi Murni alias NEM sangat menentukan peringkat. Pola bergesernya juga nggak pernah lama, hanya dalam hitungan menit ke menit. Perasaan saya juga jadi ikut-ikutan tegang, sementara keponakan saya keliatan agak sedih kalau namanya tergeser. Sebagai orang tua, ada dua hal yang paling memberatkan yaitu menenangkan dan memberi pengertian. Nah, memberi pengertian ini yang sulit karena biasanya si anak tetep ngotot harus mendapatkan sekolah idamannya.

Dari hasil pengalaman dua tahun lalu, saya mau kasih sedikit tips  buat orang tua yang anaknya mau masuk sekolah. Waktu itu sih saya dah mau nulis tapi nggak sempet karena keburu repot.  Alhamdulillah… keponakan saya diterima di sekolah yang dia inginkan. Saya kira kalau dah diterima sudah bisa santai, ternyata tidak. Masih ada sederetan urusan yang secepatnya harus diselesaikan, yaitu daftar ulang. Sebelum lupa karena sudah kelamaan, makanya saya mau bagi pengalaman waktu daftar online.  Berikut tips yang bisa jadi perhatian orang tua atau siapapun yang mau daftar sekolah online :

  1. Pastikan semua dokumen pendaftaran sudah lengkap dan difotocopy dalam jumlah lebih. Maksudnya jangan ngepas, supaya nggak bolak balik. Seinget  saya hampir semua tempat  fotocoy penuh karena sedang dibutuhkan. Sedangkan kita juga butuh cepat. Semua urusan berkejaran dengan waktu, iya kalau ada dispensasi waktu kalau enggak malah tambah repot.

  2. Datang ke sekolah lebih awal, meskipun pihak sekolah kadang lelet atau telat karena mereka juga harus mempersiapkan segalanya.

  3. Kalau datang pagi, sarapan lebih dahulu dan membawa air mineral. Percaya deh dalam keadaan begini kita pasti lupa makan dan minum. Waktu itu aja ada Ibu-ibu yang pinsan karena kecapekkan.

  4. Usahakan untuk mengurus ini itu jangan bawa mobil, sebaiknya pakai ojek motor. Selain harus bolak balik, kalau sudah kesiangan susah parkirnya. Kalau pun ada pasti jauh, jalan kaki ke sekolah bisa lama belom lagi kalau parkirnya semrawut. Dan biasanya di depan sekolah pasti macet!

  5. Kalau sudah selesai semua proses pendaftaran di sekolah dan sudah mendapat PIN, saatnya daftar online secara mandiri. Sebaiknya langsung daftar aja, jangan menunggu sampai waktunya mepet. Maksudnya supaya kita bisa antisipasi cari sekolah lain atau ikut jalur ke dua, kalau-kalau nggak diterima di sekolah pilihan. Langkah selanjutnya memantau hasil bisa di rumah atau warnet. Kalau saya sih kemarin memantau dari rumah  karena kebetulan saya punya laptop  dan jaringan wifi.

  6. Kalau sudah waktunya untuk memantau, satu hal yang paling penting yaitu sinyal atau jaringan internet. Ada pengalaman juga nih, saya kan mengandalkan wifi yang kecepatannya cuma 10 mbps ternyata nggak kuat. Internetnya lambat banget, keselnya jadi nambah-nambah. Kan lagi deg-degan nunggu tapi web nya lama banget kebukanya. Belom lagi kalau servernya down, aduh makin kacau deh.

Tapi sekarang nggak usah takut, pake aja provider XL  yang sudah terbukti memiliki sinyal kuat, kenceng dan stabil. Tiga keunggulan inilah yang sudah dimiliki oleh provider XL. Jaringan XL dengan 4G LTE sudah merambah ke daerah-daerah di mana sistem online pedaftaran siswa baru berlangsung. Beberapa teman yang berada di Lampung, Ambarawa, Kulon Progo-Jogyakarta sudah membuktikan kalau sinyal 4G XL tetap paling kuat, kenceng dan stabil.

Nah, itu tadi 6 hal dari saya yang perlu diperhatikan oleh orang tua, Om, Tante ketika ada anak atau keponakan masuk sekolah. Sedangkan untuk alur formal nya saya lampirkan skemanya di bawah ini. Semoga  bermanfaat dan diterima di sekolah pilihan yaaa…

Save

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply

7 Comments on "6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Daftar Online Penerimaan Siswa Baru"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Nusantara Adhiyaksa
Guest

dibutuhkan stamina yang kuat dan selalu Ingat akan berdoa semoga dimudahkan dan dilancarkan Amin
Thnks Review pengalamannya, sangat bermanfaat …

lita chan lai
Guest

yei, semoga diterima ya…
XL emang joss

lita chan lai
Guest

tips bermafaat nih. semoga di terima disekolah yg dituju ya…

pedrogondem
Guest

emak-emak emang hebat ya
keliatannya sih rempong tapi sebenarnya setrong 😀

wpDiscuz