69 Tahun BNI, Gemilang Prestasi dan Dedikasi Tanpa Henti

BNI 7

Dalam rangka menyambut hari lahir BNI ke – 69, nggak lengkap rasanya jika saya tidak menceritakan kelahiran dari BNI itu sendiri. Sejatinya proses kelahiran adalah sebuah perjalanan menuju hidup lebih baru yang lebih baik. Itulah sebabnya saya ingin memperkenalkan kepada masyarakat modern, agar mereka lebih tahu lagi bagaimana proses kelahiran BNI, perjuangan dan perjalanannya.

Pada jaman Nenek Moyang dulu, manusia mengenal dunia transaksi dengan istilah barter, yaitu tukar menukar barang dengan barang. Namun, dari masa ke masa aktivitas transaksi mengalami perubahan menjadi transaksi jual beli. Nah, dari perubahan transaksi inilah hingga akhirnya manusia mengenal alat tukar dengan nama uang. Di sinilah sejarah perekonomian itu berawal, tanpa kecuali di Negeri kita, Indonesia…

| BNI Membidani Lahirnya ORI ( Oeang Republik Indonesia )

Kalimat pembuka tersebut di atas menjadi tolok ukur perkembangan ekonomi manusia, sejak manusia mengenal alat tukar atau pembayaran, maka di situ pulalah manusia mengenal dunia Perbankan. Tentang alat pembayaran ini, Indonesia memiliki sejarah sendiri dalam hal pencetakan dan pengedarannya. Alat pembayaran ini selanjutnya disebut sebagai—mata uang, mata uang pertama yang dimiliki oleh Indonesia bernama ORI ( Oeang Republik Indonesia ). Pada tanggal 30 Oktober 1946, Pemerintah Indonesia resmi mengeluarkan ORI sebagai alat pembayaran yang sah. Sebagai simbol kemandirian ekonomi pasca kemerdekaan, maka Pemerintah menunjuk Bank Negara Indonesia untuk mencetak dan mengedarkan ORI.

ORI
Contoh uang ORI

Mengapa ?

Karena Bank Negara Indonesia, selanjutnya disingkat menjadi—BNI, merupakan bank pertama yang dimiliki oleh Pemerintah di mana pada saat itu masih berfungsi sebagai Bank Sentral dan Bank Umum. Hal tersebut merujuk pada Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 2/1946, baru setelah itu pada tahun 1955, BNI resmi menjadi Bank Komersial. Sejak didirikan pada tanggal 5 Juli 1946, PT. Bank Negara Indonesia ( Persero ), Tbk dan selanjutnya berdasarkan UU No. 17 Tahun 1968, berubah fungsi menjadi Bank Umum serta berhak menyandang nama menjadi Bank Negara Indonesia.

Sebagai bank yang lahir pasca kemerdekaan BNI telah diberikan tugas dan wewenang yang cukup berat, mengingat pasca kemerdekaan adalah masa untuk beradaptasi dan membangun kembali negri. Tugas berat yang diemban oleh BNI tentu saja dengan melakukan perbaikan di sektor ekonomi, yaitu memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional. Untuk pertama kalinya BNI mendapat kepercayaan dari Pemerintah dalam melakukan recovery di sektor ekonomi Nasional.

Seiring perjalanan waktu BNI terus melakukan perubahan dan inovasi yang berani dan tangguh tapi tetap mempertahankan persatuan kesatuan bangsa. Memasuki krisis keuangan Asia pada tahun 1998, BNI melakukan program restrukturisasi dengan membranding guna memperkuat dan membangun reputasi BNI di mata masyarakat. Adapun rebranding yang dilakukannya yaitu dengan menempatkan angka “46” di depan kata “BNI”.

BNI 6

Selanjutnya dapat ditebak, masyarakat kini mengenal logo barunya dengan BNI 46, pada kata BNI diberi warna tosca sebagai simbol tentang sebuah kekuatan, keunikan dan kekokohan. Sementara angka 46 dalam kotak berwarna orange diletakkan secara diagonal, mencerminkan BNI yang lebih baru dan modern.

Dua tahun sebelum Asia memasuki masa krisis keuangan, BNI telah melakukan penjualan saham perdananya kepada masyarakat melalui BEJ ( Bursa Efek Jakarta ) dan BES ( Bursa Efek Surabaya ). Langkah itu telah mengantarkan BNI menjadi bank pertama yang sahamnya dimiliki oleh masyarakat dikenal dengan sebutan go-public. Dengan melemparkan saham kepada masyarakat maka BNI dituntut untuk menjadi bank yang unggul, terkemuka, terdepan dalam layanan dan kinerja. Tuntutan itulah yang kemudian menjadi visi dari BNI. Dan di sinilah awal sebuah profesionalisme kerja dipertaruhkan demi sebuah pencapaian dalam dunia perbankan.

Bukan hanya visi saja, BNI juga membidik misi yang penuh dengan humaniora dan peduli lingkungan, misi tersebut adalah sebagai berikut :

• Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah,  dan selaku mitra pilihan utama.
• Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
• Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai tempat kebanggan untuk berkarya dan berprestasi.
• Meningkatkan kepedulian dantanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas.
• Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

Berangkat dari visi dan misi inilah maka secara pasti BNI mulai melangkahkan kinerjanya untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam memberikan solusi perbankan kepada seluruh nasabahnya. Oleh karena itu, wajar rasanya bila kemudian BNI meraih beragam apresiasi atas jerih payahnya. Sebagai pioner perbankan Indonesia, BNI telah menunjukkan kerja keras dan dedikasi yang tinggi dari semua lini, baik itu level bawah sampai atas pada struktur perusahaannya.

Ada baiknya sebelum menjadi nasabah masyarakat juga perlu mengetahui visi dan misi sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, saya menuliskan apa yang menjadi misi dan visi BNI hal ini dimaksudkan agar masyarakat juga bisa memantau kinerja dari bank yang dipercaya untuk menyimpan dananya. Masyarakat juga harus sadar betul bahwa dalam memilih sebuah bank haruslah benar-benar bisa dipercaya, karena ini menyangkut harta masyarakat yang akan disimpan atau dititipkan.

Dalam hal ini BNI telah unggul dalam meraih kepercayaan masyarakat Indonesia, semua itu ditunjukkan oleh beragam penghargaan yang diraihnya. Di mana kita ketahui bahwa penghargaan dapat dijadikan tolok ukur atas prestasi yang disandangnya. Dari situlah masyarakat bisa menilai apakah bank tersebut bisa dipercaya atau tidak untuk mengelola dana pribadi. Berikut akan saya jabarkan torehan apresiasi yang telah diraih oleh BNI.

|Parade Prestasi BNI Tahun 2014

emoticonPada bulan Januari, tepatnya tanggal 23 Januari 2014, sebuah majalah dengan brand Alpha Southeast Asia Magazine yang berbasis di Kuala Lumpur, memberikan penghargaan selama lima tahun berturut-turut sebagai The Best Remittances Provider of The Year in Southeast Asia dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia selama tiga tahun berturut-turut.

 emoticonKemudian pada bulan berikutnya tanggal 14 Febuari 2014, CEO PT. Bank Negara Indonesia ( Persero ) Tbk, Bapak Gatot M. Suwondo meraih penghargaan dengan kategori Most Inspirational CEO BUMN penghargaan ini diberikan dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta. Masih di bulan yang sama, tanggal 27 Febuari 2014 sebuah majalah Hongkong yang menyandang brand Asiamoney, mengukuhkan BNI dengan deretan apresiasi yaitu, Indonesia Best Overall Crporate Govermance, Indonesia Best for Disclosure and Transparency, Indonesia Best for Investor Relation, Indonesia Best for Shareholder’s Right and Equitable Treatment serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director.

 emoticonSelanjutnya BNI juga memperoleh Best Cash Management for Indonesia dalam Asia-Pasific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasure di Singapura pada bulan April 2014.

 emoticon Pada tanggal 5 Mei 2014 di Jakarta BNI didaulat menjadi bank pertama yang mendapatkan sertifikat Akreditasi A atau Istimewa dari Arsip Nasional RI. Dan di bulan yang sama meraih penghargaan The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor. Kemudia meraih The Best Trade Finance Bank in Indonesia and The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asia Banker Trasaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014 di Kuala Lumpur.

 emoticonBulan Juni 2014 BNI juga berhasil meraih penghargaan bergengsi, di antaranya adalah Peringkat ke dua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor ( BSEM ) 2014. Sebuah  ajang  penghargaan  yang  diberikan  oleh  Marketing  Research Indonesia ( MRI ) Jakarta pada tanggal 13 Juni 2014. Masih di bulan Juni di Singapura BNI mendapatkan 7 penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific. Dalam ajang tersebut BNI menyabet kategori Contact Center Contact, sedangkan 4 di antara penghargaan tersebut memperoleh Peringkat Gold yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional HR, Best Help Desk dan Best in Costumer Service.

  emoticonSedangkan   pada bulan Juli   2014   penghargaan  Most Admire Knowledge  Enterprise ( MAKE ) dari Indonesia MAKE Study adalah penghargaan satu-satunya yang diraih pada bulan tersebut.

  emoticonBegitu pula di bulan Agustus 2014, tepatnya tanggal 19 Majalah Forbes memberikan penghargaan The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies pada BNI.

  emoticonPenghargaan berupa Gold Achievement Opexcon Award diterima oleh BNI pada tanggal 19 September 2014 dalam acara Awarding Ceremony Best Project; Indonesia Best Continous Improvement Project 2014 di Jakarta. Kemudian di akhir bulannya sebuah Majalah Asia Money di Hongkong memberikan apresiasi berupa The Best Local Cash Managemenet Bank in Indonesia, The Best Local Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut polling dan The Best Overall Cross Border Management Service.

emoticon Di tanggal 16 dan 17 Oktober 2014 Tempo Group dan Indonesia Banking School ( IBS ) mendaulat BNI menjadi The Most Reliable untuk kategori bank Konvensional dengan asset di atas 100 Triliun rupiah. Peringkat atas Annual Report Award ( ARA ) 2014 dilimpahkan ke BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun.

 emoticonBertempat di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10 – 15 November 2014, BNI meraih 2 medali emas untuk kategori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid – Size dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia.

Parade prestasi yang diraih BNI pada tahun 2014 tidak membuat bank tersebut berpuas diri, akan tetapi sebaliknya semakin terus memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabahnya. Pembenahan demi pembenahan terus dilakukan demi meningkatkan kinerja untuk mewujudkan visi dan misinya. Pembenahan itu dilakukan tidak hanya di luar tubuh saja akan tetapi juga dilakukan di dalam tubuh BNI itu sendiri. Hal itu telah dibuktikan oleh BNI dengan terpilihnya CEO PT. Bank Negara Indonesia ( Persero ) Tbk, Bapak Gatot M. Suwondo yang berhasil meraih penghargaan dengan kategori Most Inspirational CEO BUMN penghargaan ini diberikan dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta.

Penghargaan ini menandakan bahwa CEO PT. Bank Negara Indonesia ( Persero ) Tbk, mampu menjadi pemimpin yang menginspirasi baik buat staff dan karyawan BNI maupun buat BUMN lainnya.

Ajang pencapaian yang diterima oleh BNI juga tidak berhenti sampai di sini saja. Masih banyak deretan prestasi dan ukiran penghargaan lainnya. Setelah pada tahun 2014 BNI meraih penghargaan dalam kurun waktu satu tahun berturut-turut, maka pada tahun 2015 ini BNI juga telah mencatat beragam prestasi luar biasa. Bagaimana tidak, semua ukiran prestasi tersebut adalah hasil kerja nyata semua elemen BNI.

|Ukiran Prestasi BNI Tahun 2015

Penilaian Asian Banker 2015

The Asian Banker Transactional Banking Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada pelaku industri perbankan di Asia Pasific yang lolos dalam evaluasi khusus dan dilakukan oleh The International Council of Advisors Asian Banker dan dinyatakan terbaik dalam pencapaian bisnis. Adapun tolok ukur penilaian dilihat dari pangsa pasar, keunggulan produk dan prestasi operasionalnya. Setelah melalui tahapan survey, wawancara dan tinjauan lapangan, maka ditetapkanlah BNI berhak meraih penghargaan Best Cash Management Bank in Indonesia karena telah dianggap memberikan pelayanan cash management.

Di samping itu BNI juga dinobatkan menjadi bank terbaik di Indonesia dalam menjalankan bisnis bank to bank service baik pada lingkup domestik maupun International. Untuk kategori tersebut BNI menerima penghargaan Leading Counterparty Bank in Indonesia.

Penghargaan serupa juga pernah diterima oleh BNI pada tahun 2014 lalu di Kuala Lumpur. BNI diunggulkan dalam layanan cash management karena dinilai terus menerus meningkatkan keanekaragaman fitur layanannya yang berbasis IT. Beberapa fitur layanan cash management BNI antara lain; BNIDirect ( Internet Banking ), Virtual Account, BNI e-TAX dan masih banyak lagi.

BNI Financial Service Group

Sebagaimana diketahui, BNI juga memiliki beberapa anak perusahaan di antaranya BNI Life dan BNI Securitas yang merupakan layanan terpadu ( BNI Financial Service Group ). Atas pelayanan terbaiknya itu, BNI mendapat beragam penghargaan sebagai berikut :

Best Remittance Provider in ASEAN
Tahun 2015 ini merupakan tahun ke-6 bagi BNI mendapatkan pengakuan “Terbaik”. Dasar penilaian sebagai layanan remitansi terbaik karena BNI memiliki jaringan luas di dalam dan luar negri, di antaranya terdapat 5 Kantor Cabang di luar negri yaitu Singapura, Hongkong, Tokyo, New York dan London. Terdapat satu Sub Branch di Osaka, Jepang, BNI Remittance Limited di Hong Kong, serta Remitance Representatives di Negara potensial penempatan TKI. Saat ini BNI memiliki lebih dari 60 kantor virtual tersebar di Arab Saudi, Uni Arab Emirate, Qatar, Kuwait, Oman, Bahrain, Taiwn, Hongkong, Malaysia, Brunei, Singapura, Australia dan Belanda.

– Best Payable Solution of The Year in Southeast Asia
Penghargaan ini diberikan karena BNI dinilai layak dan unggul dalam memberikan pelayanan Cash Management. Salah satu layanan Cash Management yang digulirkan oleh BNI adalah pembayaran Pajak Online ( e-Tax ). Melalui pembayaran e-Tax ini BNI menerima pembayaran setoran penerimaan Negara ini, mencapai nilai total 151,9 Triliun rupiah, dimulai sejak bulan November 2014. Pembayaran ini juga memudahkan masyarakat untuk menyetorkan pajaknya melalui teller di kantor cabang, ATM dan BNIDirect.

– Best Trade Solution of The Year in Southeast Asia
Jaringan BNI Smart Remittance dilayani dilebih dari 1.600 oulet BNI beserta mitranya. Jaringan yang kuat dan luas, baik di dalam maupun di luar negri inilah yang mengantarkan BNI meraih Best Trade Solution of The Year in Southeast Asia 4 tahun berturut-turut.

– Best Cross Border M & A Deal of The Year in Southeast Asia
Ini adalah sebuah penghargaan yang diperoleh karena anak usaha BNI yang bergerak dalam bidang asuransi yaitu BNI Life telah mencatatkan kesepakatan bisnis terbaik dengan Sumitomo Life Insurance Company senilai 4,2 Trilliun rupiah. Dan dalam kesepakatan lainnya, BNI Securitas bertindak sebagai Co-Financial Advisers.

– Best Loan Deal of The Year in Southeast Asia
Penghargaan ini diberikan karena BNI menjadi salah satu bank yang ikut dalam kesepakatan Kredit Sindikasi terbaik, yaitu dalam Kredit Sindikasi dengan PT. Kereta Api Indonesia ( KAI ).

Ke lima penghargaan tersebut diserahkan oleh Alpha Southeast Asia kepada BNI di Kuala Lumpur pada tanggal 29 Mei 2015. Penghargan yang diterima oleh BNI ini sebagai pertanda bahwa komitmen bisnis BNI di sektor perbankan memang selalu terdepan dan unggul.

Layanan Penerimaan Negara Terbaik

Tahun 2014 Kementrian Keuangan RI telah mengukuhkan BNI sebagai bank persepsi dengan Layanan Penerimaan Negara Terbaik. Dari 33 wilayah di Indonesia, BNI menjadi terbaik di 9 wilayah, yaitu Batam, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banjarmasin, Mamuju, Kendari, Gorontalo, Ternate dan Manado.

Bukan hanya itu saja, BNI juga mendapat tambahan penghargaan khusus berdasarkan pertimbangan jumlah transaksi terbaik dalam penerimaan Negara tingkat nasional yaitu terbaik di wilayah DKI Jakarta dan Luar Pulau Jawa dalam hal ini Batam. Adapun fasilitas unggulan yang dimiliki oleh BNI adalah BNI e-Tax untuk pembayaran Pajak Pertambahan Nilai ( PPN ) dan Kepabeanan. Keunggulan dari fasilitas ini adalah pembayaran pajak bisa dilakukan secara realtime online.

Kinerja BNI 46 2014 ; Laba Bersih BNI Naik 19,1 %

Pada tahun 2014, BNI ( IDX : BBNI ) terus menunjukkan kinerja keuangannya. Dan pada tahun tersebut bank yang pertama kali melakukan go public ini telah mencatat laba bersih sebesar 10,8 Trilliun rupiah dengan kata lain naik sebesar 19,1 % dari tahun sebelumnya. Pencapaian ini dikarenakan BNI memiliki komitmen yang kuat, kerja keras dan senantiasa berorientasi pada pelanggan, serta komitmen mempersembahkan sisi nilai terbaik bagi seluruh stakeholders.

BNI Tanda Tangani Mini MRA dengan Bank Asing

Untuk kesekian kalinya BNI menanda tangani perjanjian Mini Master Repurchase Agreement ( Mini MRA ) dengan 3 Bank Asing yang beroperasi di Indonesia. Dan dengan penanda tanganan tersebut, maka BNI menjadi bank pertama yang memiliki perjanjian Mini MRA dengan Bank Asing. Perjanjian Mini MRA ini sendiri merupakan dasar hukum untuk melakukan transaksi Repurchase Agreement ( Repo ) dan Reverse Repurchase Agreement ( Revers Repo ) dalam rangka mendukung upaya pendahuluan pasar uang rupiah.

Adapun Bank Asing yang melakukan penanda tanganan Mini MRA ini adalah Bank of Tokyo Mitsubishi-UFJ pada 15 Desember 2014, JP Morgan Chase Bank pada 18 Desember 2014 dan HSBC pada 9 Januari 2015. Dengan penanda tanganan itu maka ke 3 Bank Asing tersebut telah siap melakukan transaksi Repo dan Reverse Repo dengan BNI.

The Best Companies 2014 dari SRI-Kehati Index

Indeks SRI-Kehati adalah indeks saham yang terdiri dari perusahaan atau emiten di mana memiliki nilai menguntungkan baik itu secara ekonomi namun tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup. Pada tahun 2014 lalu, BNI terpilih sebagai perusahaan terbaik Indeks SRI-Kehati.

Hal tersebut berdasarkan kriteria yang disyaratkan oleh Indeks SRI-Kehati, karena BNI sangat peduli pada bisnis berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Di samping itu BNI juga mendukung pengembangan usaha konvensional dan memberikan pembiayaan bagi nasabah yang memiliki inisiatif berwawasan lingkungan. Beberapa usaha yang mendukung program berbasis wawasan lingkungan tersebut adalah :

– Pembiayaan pada usaha energy terbarukan
– Usaha dengan bahan baku limbah ( daur ulang )
– Agroforestri
– Pabrik semen yang memiliki fasilitas meminimalkan debu
– Usaha Pengolahan Limbah
– Usaha Memanfaatkan Limbah sebagai energy ( biogas / biomass )
– Pemanfaatan energy yang efisien ( high end technology )
– Proyek tambang yang melakukan program reklamasi lahan bekas galian ( land conservation )
– Pembangunan perumahan yang memiliki RTH ( Ruang Terbuka Hijau ), memiliki pengolah limbah, tidak di bawah SUTET dan menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan.

Meraih Adi Bakti Mina Bahari dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI

Kiprah BNI dalam bisnis perbankan ternyata membawa dampak lebih luas lagi, penyaluran modalnya juga bukan hanya dalam hal pelestarian alam saja. Salah satu penyaluran yang diberikan oleh BNI adalah menyalurkan pembiayaan pada usaha penangkapan ikan. Bahkan secara khusus semua usaha bidang terkait ikut dibiayai oleh BNI, seperti antara lain :

– Perdagangan ikan
– Pengolahan ikan
– Perdagangan garam
– Perdagangan es
– Pabrik es balok
– Cold Storage
– Stasiun pengisian BBM khusus nelayan

Dari kegiatan penyaluran itulah, maka Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, memberikan penghargaan Adi Bakti Mina Bahari. Dan BNI menjadi bank satu-satunya yang meraih penghargaan tersebut. Penghargaan yang secara khusus diberikan kepada BNI Cabang Tegal ini merupakan bentuk apresiasi karena BNI telah berperan serta secara aktif, peduli dan berprestasi dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya di sektor kelautan dan perikanan.

Sebagai masyarakat awam yang tidak berkecimpung dalam hal perbankan tentu saja saya dibuat terhenyak dengan prestasi BNI yang menggurita. Kekaguman saya akan kinerja dan dedikasi pada semua unsur yang berperan serta dalam menjalankan komitmen telah ditunjukkan dengan torehan prestasi luar biasa. Pantas rasanya jika di hari jadinya yang ke – 69 tahun BNI mengusung slogan “Berprestasi dan Terus Berbagi Untuk Negri”. Slogan yang diluncurkan itu ternyata bukan slogan tanpa makna. Kerja dan berprestasi adalah makna tersebut, di mana makna terbesarnya adalah kepercayaan masyarakat.

Kepercayaan inilah yang terus dijadikan semangat untuk semakin berprestasi dan berbagi untuk Negri. Dalam hal kepercayaan, BNI memang sudah mendapatkannya dengan kerja keras dan terus berbenah diri. Semua itu terbukti mulai sejak berdirinya BNI berhasil menjadikan bank pertama untuk segala fasilitas. Deretan prestasi dan kubangan apresiasi tidak menghentikan langkah BNI untuk terus berdedikasi, hal ini dibuktikan dengan menggulirkan sisi-sisi lain yang penuh humaniora, contohnya seperti berikut ini :

|Sisi Lain Humaniora BNI

Cabang Terbanyak di Luar Negri

Sebagai Bank BUMN pertama yang go public, BNI merupakan bank yang memiliki kantor cabang terbanyak di luar negri. Saat ini BNI memiliki 5 kantor cabang di luar negri, yaitu London, New York, Tokyo, Hongkong dan Singapura. Satu Sub Branch di Osaka, Limited Purpose Branch di Singapura dan Remittance Representativ yang tersebar di Malaysia, Saudi Arabia, Qatar, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat.

BNI 1

Untuk jaringan domestik, BNI memiliki 1.714 outlet yang tersebar di 34 propinsi dan 384 kabupaten. Untuk membantu pelayanan usaha kepada masyarakat, BNI juga memiliki :

  • 24 Sentra Kredit Menengah ( SKM )
  • 58 Sentra Kredit Kecil ( SKC )
  • 111 Unit Kredit Kecil ( UKC )
  • 12 Consumer and Retail Loan Center ( LNC ) tersebar di seluruh Indonesia  

BNI 2

Sedangkan untuk jaringan ATM sendiri, BNI memiliki 11.209 jaringan ATM yang tersebar di 34 Propinsi dan 420 Kabupaten/Kota, termasuk 6 ATM berada di luar negri, 4 unit di Hongkong dan 2 unit di Singapura.

BNI Dorong Kampoeng BNI

Sebagai bank yang memiliki nilai Humaniora tinggi, BNI telah membina pelaku usaha mikro yang diberi nama Kampoeng BNI. Bahkan BNI mendorong agar Kampoeng BNI yang telah dibiayai ini berkembang menjadi Desa Wisata. Usaha ini dilakukan dengan memberikan capacity building, semacam pelatihan wirausaha, tentang bagaimana konsep Desa Wisata, Pengembangan Potensi Wisata, Pemasaran dan Pengelolaannya.

BNI Kucurkan Kredit Kepada KOMIRA

Pernahkah Anda mendengar tentang KOMIRA ? Jujur saja, saya sama sekali belum pernah mendengarnya. Ternyata KOMIRA adalah salah satu debitur BNI yang bergerak dalam bidang penangkapan dan perdagangan ikan laut yang dirintis sejak tahun 2003 dengan titik lokasi penangkapan dan pengepulan ikan laut terletak di 8 lokasi penangkapan, yaitu : Kendari, Banggai, Manado, Natuna, Pelabuhan Ratu, Ambon, Makassar dan Surabaya.

Usut punya usut BNI telah memberikan dukungan kepada KOMIRA ( Koperasi Perikanan Mina Rizki Absi ) berupa kredit usaha. Adapun maksud dan tujuan dari pemberian kredit ini adalah sebagai bentuk sumbangsih BNI terhadap UMKM di sektor kemaritiman secara khusus para nelayan. Kita semua pasti tahu bahwa kondisi perekonomian nelayan Indonesia masih jauh dari kata ‘mapan’ karena penghasilan para nelayan masih di bawah penghasilan buruh.

Apa yang diusahakan oleh nelayan sangat tidak sebanding dengan pola hidup mereka sehari-hari, demikian pula dengan keluarganya. Itulah sebabnya melalui sumbangsih BNI, berbagi pada negri tanpa henti, BNI memberikan dukungan pada nelayan dengan harapan agar dapat memperbaiki taraf hidup nelayan dan keluarganya. Adapun dana yang telah dikucurkan untuk mendongkrak sistem kemaritiman Indonesia nilainya lebih dari 8,7 Triliun rupiah. Kredit yang dikucurkan bagi UMKM nelayan ini tentu saja memiliki harapan yang sangat besar. Tentu saja maksudnya agar nelayan Indonesia dapat merasakan hidup layak dengan profesinya. Karena pada dasarnya tidak ada yang salah pada profesinya asalkan ada support yang lebih dari sekedar wacana.

ATM Untuk Penyandang Disabilitas

Setelah memiliki beberapa keunggulan dari bank lainnya, kini BNI menyediakan fasilitas ATM ( Anjungan Tunai Mandiri ) khusus untuk penyandang disabilitas, terutama bagi pengguna kursi roda. Sebagai fasilitas perdana, ATM khusus pengguna kursi roda ini tersedia di Kantor Cabang Utama Fatmawati Jakarta. Semoga di masa-masa mendatang BNI dapat terus menyediakan ATM khusus pengguna kursi roda di seluruh Nusantara.

BNI 10

|Kami Keluarga BNI

Ungkapan tersebut di atas, bukan karena kami menjadi karyawan atau staff yang bekerja di BNI. Tapi sejak orang tua – terutama Bapak saya mengajarkan tentang menabung maka bank pertama yang menjadi rujukan adalah BNI ( pertama kali menabung di Kantor Pos karena tahun 1977 BNI belum ada di daerah rumah kami ). Maka sejak itulah kami sekeluarga mempunyai tabungan di BNI, dengan satu alasan dekat dari rumah kami.

Jujur saja, saya begitu tercengang membaca penghargaan dan apresiasi yang diperoleh BNI dalam kurun waktu perjalanannya. Karena seingat saya, saat Bapak mengajak kami menabung di BNI tidak ada petuah atau informasi apa-apa tentang BNI. Yang penting bagi kami bahwa uang tabungan hasil kerja keras Bapak bisa aman disimpan. Jadi jauh sebelum BNI memiliki deretan prestasi gemilang seperti saat ini, kami atas ajaran Bapak sudah lebih dulu mempercayai BNI sebagai tempat menabung. Masih menurut Bapak, jika kebanyakan orang berlomba menabung dengan iming-iming hadiah dan imbalan bunga yang menggiurkan, tapi tidak begitu dengan Bapak. Justru Bapak menyarankan agar kami menabung di tempat yang aman dan bisa dipercaya tanpa peduli dengan itu semua.

Menabung itu harus dengan kesadaran sendiri dan bukan atas dasar iming-iming, oleh sebab itu carilah bank yang bisa dipercaya untuk menyimpan. Dan Bapak telah memilihkan BNI untuk kami, dengan penuh kesadaran bahwa BNI lah yang terpercaya dan terbaik. Kami tidak perlu mendapatkan apa-apa dari BNI atau apakah BNI sudah membantu kami atau tidak, karena kami percaya dengan kinerja BNI. Kami yakin meskipun BNI tidak memberikan imbalan dan iming-iming sekalipun BNI tetap akan menjadi bank yang dipercaya masyarakat Indonesia, seluruhnya. Karena BNI adalah milik kami, milik Bangsa ini.

Apalagi saat ini setelah saya mengetahui prestasi BNI, keyakinan saya jadi bertambah bahwa di masa mendatang BNI akan terus melayani, memberi, mendukung dan tetap solid tentunya. Bagi saya pribadi apa yang sudah diberikan oleh BNI bagi negri ini adalah puncak dari pengabdiannya sebagai BUMN Terbaik. Itulah sebabnya saya tidak memiliki pengalaman apapun tentang BNI, kecuali Kesetiaan dan Kepercayaan. Semoga dua hal kecil itu bisa menjadi acuan bagi seluruh masyarakat untuk tidak ragu-ragu lagi bila ingin menabung atau menggunakan fasilitas BNI.

Keluara BNI

Saat ini saya sedang menunggu peluncuran produk BNI yang teranyar yaitu tentang Investasi Reksadana dan Investasi Dollar. Saya tahu informasi tersebut melalui akun resmi twitternya BNI yang beberapa hari lalu mengadakan livetweet berupa Investasi Reksadana. Nah, bagi Anda yang berkeinginan untuk berinvestasi Reksadana pantengin aja twitternya BNI di @BNI46. Rasanya sudah cukup bagi kita bekerja untuk uang dan sekarang saatnya uang bekerja untuk kita.

BNI 11
Akun Twitter BNI Investasi, follow yuk…!

 

Dirgahayu BNI ke – 69, teruslah Melayani, Memberi dan Mendukung demi Indonesia !

Sumber :

http://www.bumn.go.id/bni/berita

https://id.wikipedia.org/wiki/Oeang_Republik_Indonesia

Leave a Reply

4 Comments on "69 Tahun BNI, Gemilang Prestasi dan Dedikasi Tanpa Henti"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Sri Wahyuni
Guest

BNI memang the best choice of bank ya mba, berbagai prestasi dan penghargaan telah diraihnya. Dan BNI merupakan salah satu bank yang recommended sebagai solusi menyimpan dana yang aman dan nyaman. Semoga menang ya mba

Noe
Guest

BNI keren ya, prestasinya buanyak ajaa… Aku pertama buka tabungan di BNI lho :v

wpDiscuz