7 Hari Makan Buah Demi Fruit Summit 2015 SUNPRIDE


Yipppiiii……

Fruit Summit 2015 yang diadakan oleh Sunpride kini datang lagi. Terus terang aja, sejak Fruit Summit pertama tahun 2013 lalu saya selalu menunggu-nunggu kapan diadakan lagi. Asliii…acaranya keren banget, bukan hanya bertabur buah saja tapi acaranya sarat ilmu. Yang paling bikin saya ketagihan, selain pulang bawa hadiah berupa buah-buahan, dapet ilmu juga. Wah, pokoknya jangan sampai nggak ikutan acara ini deh. Kapan lagi kita bisa makan buah Lokal Kualitas Ekspor selain di Fruit Summit. Nah, makanya mulai sekarang buruan deh nulis yang bagus supaya bisa kepilih untuk menghadiri acaranya.

sunpride12
Narsis dengan Pisang Canvendish

Oh ya, ngomongin soal buah, sebenarnya sih saya bukan termasuk fruitaholic. Kebiasaan saya makan buah itu lebih karena didikan orang tua aja. Saya ingat betul, Bapak saya sangat disiplin mengajarkan anak-anaknya makan buah. Kalau Bapak tahu anaknya nggak makan buah maka akan dihukum. Hukumannya sih kalau nggak beresin tempat tidur ya nggak dikasih uang jajan. Dan akhirnya didikan Bapak saya itu berhasil. Buktinya sampai sekarang saya dan dua adik saya sangat gemar makan buah, terutama rujak atau asinan.

sunpride6

Wah…pokoknya kalau soal rujak atau asinan saya jagonya, cuma aja sekarang saya kalau makan rujak buahnya harus manis. Soalnya kalau makan buah yang rasanya asem gigi langsung ngilu. Eitsss…tapi seinget saya, waktu acara Fruit Summit dua tahun lalu, salah satu pembicara yang hadir Pak Sobir, saat itu sih jabatannya sebagai Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika – IPB menjelaskan beberapa hal tentang manfaat buah. Beliau mengatakan bahwa makan buah yang baik itu ya buah segar.

Buah-buahan yang diolah seperti Jus, sup buah, asinan dan rujak hanyalah alternative saja. Selain itu beliau juga banyak memaparkan mitos-mitos makan buah lainnya, seperti : Larangan makan buah sebelum makan, padahal yang bener begitu. Maksudnya adalah agar kita tidak terlalu banyak makan karena sudah kenyang duluan. Selain itu makan buah sebelum makan dapat mengoptimalkan penyerapan mineral dan vitamin yang terkandung dalam buah-buahan.

Selanjutnya, —sambil mikir acara dua tahun lalu, makan buah jangan pas lagi sakit. Pada dasarnya mengkonsumsi buah itu untuk mencegah penyakit datang dan bukan sebaliknya. Saya ingat lagi nih, buah-buahan sebaiknya jangan dicampur susu. Hi…hi…hi…padahal sekarang lagi ngetrend kuliner bernama Sop Buah, di mana buah-buahan dicampur dengan susu putih. Alasannya adalah susu itu sifatnya balance, jadi vitamin yang ada dalam buah akan hilang. Yaaaahhhh….jadi sia-sia deh makan buahnya, padahal makan sop buah itu suegeeeeerrrrr banget. Apalagi di musim panas kek gini, sluruuuuupppp…

Selain Pak Sobir, masih ada dua pembicara lain, Dokter Ganteng yang sekarang menggawangi acara Dr. OZ. Siapa ayoooo, coba tebak ! Siapa lagi kalau bukan Dr. Ryan Thamrin, pada sesi ini dokter Ryan menguraikan manfaat buah untuk anti aging alias penuaan dini. Dan pembicara yang terakhir seorang wanita cantik, seksi dan terkenal juga. Siapa sih yang nggak kenal sama Zoya Amirin, itu loh Pakar Psikologi Sex. Jujur, seinget saya Mbak Zoya tuh fulgar banget mengungkapkan manfaat buah untuk kesehatan sexual. Padahal acara Fruit Summit 2013 itu banyak anak-anak yang hadir juga loh. Tapi, kata Mbak Zoya sekarang ini mah nggak usah takut ngomong soal sex sama anak-anak. Malahan justru sebaliknya, sebaiknya sejak anak-anak sudah harus diperkenalkan dengan pengetahuan tentang sex.

Masih menurut Mbak Zoya, daripada si anak mengetahui sex dari orang lain, media, internet, tontonan kan malah takut salah. Jadi sebagai orang tua berikanlah pengetahuan tentang sex sedari dini pada anak, terutama anak yang berangkat remaja. Wah…bener juga ya penuturan Mbak Zoya ini.

Pokoknya rugi banget deh kalau sampai nggak dateng di acara Fruit Summit 2015. Soalnya bukan hanya bertabur buah tapi juga bertabur ilmu bermanfaat. Buktinya sepulang dari acara tersebut saya benar-benar merasa fresh, selain karena dimanjakan dengan buah saya dapat ilmu seputar mitos buah.

Nah, itu tadi sekelumit nostalgia saya waktu datang ke acara Fruit Summit dua tahun lalu. Makanya pas saya tahu Fruit Summit mau diadakan lagi saya langsung berani menerima tantangan makan buah tujuh hari berturut-turut. Buat saya itu sih keciiiiiiiiiiiillllllll, jangankan tujuh hari, tiga puluh hari juga saya berani. Pasalnya saya tuh makan buahnya tiap hari. Kudu. Harus. Sekarang saatnya tantangan dimulai. Ya, siap priiiiiiiiiitttt….!

| Hari Senin

Mengapa saya memulainya pada hari Senin ? Menurut ajaran agama saya, memulai sesuatu pada hari Senin banyak manfaat dan berkahnya. Sudah hampir 5 tahun ini saya rutin mengerjakan puasa sunnah Senin – Kamis. Ajaran yang dicontohkan oleh Rosululloh ini bukan hanya mendatangkan pahala bagi yang mengerjakannya tapi juga menyehatkan.

Sedikit bocoran aja tentang manfaat kesehatan puasa Senin – Kamis terutama bagi perempuan. Ternyata puasa Senin – Kamis banyak memiliki dampak positifnya antara lain :

• Dapat mengencangkan kulit alias Anti Aging alami, puasa Senin – Kamis dapat memberikan waktu istirahat bagi metabolism tubuh. Saat metabolisme tubuh istirahat maka sel-sel di dalam tubuh bisa bekerja lebih optimal.

• Meremajakan kulit, cara kerjanya tidak jauh beda dengan proses pengencangan kulit, hanya saja dengan melakukan rutin puasa Senin – Kamis maka sel-sel tubuh melakukan regenarsi alias kembali remaja.

• Mengistirahatkan organ pencernaan, kalau yang ini sih nggak perlu dikomentari lagi. Siapapun tahu kalau puasa dapat mengistirahakan anggota pencernaan alias lambung.

• Mengeluarkan racun dari dalam tubuh alias Detox alami,

• Menurunkan kadar lemak, meskipun puasa Senin – Kamis bisa menurunkan kadar lemak alias melangsingkan tapi jangan sampai niatnya karena ingin langsing ya. Karena puasa Senin – Kamis itu ibadah maka niatkan karena ingin mendapat pahala. Kalau pada akhirnya dengan puasa Senin – Kamis jadi langsing itu bonus dari Allah.

• Mengendalikan emosi, dengan kita berpuasa Senin – Kamis makan emosi juga jadi terkendali. Tidak mudah marah, sabar, pengertian dan tidak cepat panik.

( sumber : http://www.kumpulanmisteri.com/2015/04/manfaat-menakjubkan-puasa-senin-kamis.html )

Seperti pada puasa bulan Ramadhan, maka pada saat berbuka puasa Senin – Kamis, disarankan juga untuk berbuka dengan yang manis. Selain sebagai anjuran, berbuka dengan yang manis dapat dikaji juga ilmu kesehatannya. Setelah menjalankan puasa selama kurang lebih 14 jam, maka tubuh akan kehilangan cadangan glukosa. Oleh karena itu kadar glukosanya harus diganti dengan menu berbuka yang biasa disebut ‘takjil’. Namun perlu diketahui pula bahwa glukosa hanya sebagai pengganti saja jadi jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Ntr alih-alih puasa Senin – Kamis mau langsing malah berat badanya tambah naik.

( sumber : http:// www.femina.co.id/isu.wanita/ kesehatan / berbukalah.dengan.yang.manis / 005 / 005 / 6   )

Pada saat berbuka puasa Senin – Kamis saya mengkonsumsi Pepaya, pudding papaya dan beberapa butir kolang kaling. Porsi buka puasa dengan takjil ini memang tidak boleh berlebih, hanya 25 – 40 gram saja. Mengapa Pepaya ? Karena berdasarkan testimoni kebanyakan orang yang mengkonsumsi Pepaya bisa melancarkan BAB dan rutin. Apalagi saya termasuk orang yang susah BAB jadi harus banyak mengkonsumsi buah.

sunpride11

Seingat saya pada acara Fruit Summit 2013, Sunpride sebagai produsen penghasil buah-buahan lokal berkualitas International memperbaharui nama Pepaya California. Jujur, saya juga baru tahu pas acara tersebut, kalau Papaya California itu sebenarnya buah ASLI Indonesia yang ditemukan oleh Almarhumah Ibu Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati. Dinamakan Pepaya California supaya masyarakat Indonesia tertarik membelinya. Bukankah memang begitu karakteristik masyarakat Indonesia ? Adapun nama yang baru untuk Pepaya tersebut yaitu Pepaya Calina. Mudah-mudahan sekarang sudah banyak yang tahu, karena peluncurannya sudah dua tahun lalu. Sunpride masih punya varian pepaya lagi namanya Pepaya Hawaii, kalau yang ini saya belum tahu apa bener dari Hawaii atau nggak.

Californian-Pepaya1

| Hari Selasa

“Bu…jadwal ke dokter Orthopedinya nya kapan ?”tanya suami, sambil matanya tidak lepas dari Koran. “Besok Pieh, “jawabku singkat. “Besok hari apa ?”tanya suamiku lagi. “Besok ya hari Selasa,”tegasku. Keesokan harinya saya mengantar suami ke dokter Orthopedi di rumah sakit langganan untuk melanjutkan pemeriksaan sebelumnya. Ya, Papieh—panggilan saya ke suami sudah tiga tahun lalu terserang HNP.

Sebulan yang lalu dokter Orthopedinya sudah menyarankan Papieh untuk dioperasi ke dua kalinya. Karena sewaktu operasi pertama, Papieh tidak bisa dioperasi secara maksimal. Hal itu disebabkan Papieh terserang asma, jadi dokter anastesi meminta operasi dihentikan. Penyakit yang diderita Papieh ini menyebabkan sakit, kaku, kesemutan dan nyeri dari pangkal paha sampai ke ujung jari. Kebanyakan orang menyebutnya penyakit Syaraf Kejepit.

Hampir tiga tahun lamanya Papieh harus mondar mandir ke rumah sakit. Entah untuk berobat atau cek darah rutin. Biasanya aktifitas ini memakan waktu yang lama, hampir seharian. Jadilah kalau mau ke rumah sakit saya selalu menyiapkan sesuatunya tanpa kecuali bekal. Emang sih di sana ada kantin, tapi males aja naik turun lift hanya untuk makan.

sunpride8
SUNPRIDE selalu hadir dalam acara charity ( doc.pri )

Saya selalu membawa bekal dan cemilan tak lupa juga air mineral dan teh manis. Berangkat dari rumah jam 8.00 pagi dan selesainya sampai jam 16.00 sore. Kebayang kan betapa lamanya saya di rumah sakit. Tapi demi suami sehat semua itu saya jalani dengan bahagia.

Bekal yang saya bawa tentu saja berupa lauk pauk kering dan tumis sayur. Tak lupa saya membawa buah, saya lebih sering membawa Pisang hasil dari kebun Sunpride. Pisang Cavendish namanya, pisang ini bisa menjadi obat mujarab selagi saya dan Papieh lapar tapi malas makan. Atau Pisang bisa juga menjadi makanan alternative yang cepat dan bergizi. Karena kalau makan nasi dan lauk pauknya, takut kelamaan. Apalagi kalau pas lagi makan, suster memanggil nama Papieh, duh…langsung buru-buru deh. Kalau makan Pisang kan gampang, mudah dikunyah dan langsung bisa ditelan pokoknya ekspress.

sunpride 1
Pisang Canvendish si ‘Jomblo’

Biasanya kalau belum lapar banget tapi pengen ngemil, maka Pisang Sunpride pilihannya. Saya seringnya membeli Pisang Canvendish Sunpride yang ‘jomblo’. Aishhh…kenapa sih Pisang ini ‘jomblo’ ? Karena Pisang Sunpride ini sendirian dalam wadah plastik nan cantik. Bukan suatu kebetulan saya dan Papieh penggemar berat pisang, jadilah si ‘jomblo’ ini selalu hadir di antara kami. Pisang Sunpride ‘jomblo’ ini banyak manfaatnya loh, makanya buat kamu yang masih ‘jomblo’ harus banyak manfaat yaaaa…

|Hari Rabu

Selain sebagai emak rumah tangga, aktivitas saya setiap hari adalah menulis. Entah menulis cerpen, puisi, artikel atau mengikuti lomba blog. Seperti yang saat ini sedang saya lakukan. Saya terpancing pada acara yang akan digelar oleh Sunpride yaitu Fruit Summit. Namun untuk menjadi tamu pada acara tersebut calon peserta diharuskan melakukan tantangan 7 hari mengkonsumsi buah berturut-turut lalu menuliskannya dalam blog. Setelah melalui seleksi, para juri akan menilai siapakah yang berhak menjadi juaranya dan hadir dalam acara Fruit Summit 2015. Ahhh…mau jadi tamu aja mesti diseleksi segala, tapi inilah tantangannya. Calon tamu bukan hanya ditantang bisa makan buah selama 7 hari saja akan tetapi juga harus piawai merangkai kata lewat tulisan.

Karena saya pernah mengikuti acara tersebut dua tahun lalu dan sangat berkesan banget, akhirnya sayapun mengikuti tantangan tersebut. Sudah menjadi kebiasaan, kalau saya mengikuti lomba menulis paling suka kirim pas mepet de-el alias deadline. Dan saya dengan bangga memproklamirkan diri sebagai deadliners garis keras.

Seperti diketahui, kalau sudah mepet DL maka saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop. Aktivitas menulis memang sangat membutuhkan konsentrasi tinggi, itulah sebabnya saya sering menunda makan. Meskipun perut sudah minta diisi tapi saya selalu abaikan karena saya tidak mau ide yang ada di kepala lenyap tiba-tiba. Saya paling hanya minum air mineral yang selalu ada di meja kerja, dan siap diminum.

apel-malang1

Untuk mengatasi hal ini suami menyarankan agar saya mengkonsumsi buah Apel. Selain bisa mengenyangkan, Apel memiliki banyak manfaat. Kandungan Apel berupa air, serat, vitamin dapat menghalau berbagai penyakit terutama lambung. Oleh sebab itu Apel sering dipilih oleh kebanyakan orang untuk melakukan diet. Nah, daripada susah-susah diet dan kejar tayang tulisan, akhirnya saya selalu menyantap Apel. Praktis, nggak perlu dikupas, bisa dimakan sambil jari jemari terus mengetik, idepun mengalir tanpa hambatan. Bukankah kulit Apel itu baik dimakan, karena saya memilih Apel lokal Sunpride jadi tidak ragu-ragu lagi. Beda jika Apel yang dikonsumsi itu Apel Eksport, sudah pasti kulitnya mengandung zat lilin. Maksudnya untuk melindungi agar buah tersebut tetap segar sesampainya di Negara tujuan. Nah, jika Anda termasuk deadliners garis keras seperti saya, silakan dicoba !

|Hari Kamis

Hari Kamis ini suami mengajak saya mengunjungi Kakaknya, ada kabar kalau beliau sedang sakit. Dan kamipun meluncur ke daerah Cileduk dengan menggunakan taksi. Perjalanan siang itu ramai lancar, situasi ini sangat menguntungkan saya. Karena tidak macet, saya jadi memiliki kesempatan untuk melihat-lihat pemandangan sepanjang perjalanan. Rupanya supir taksi tersebut tidak menggunakan jalan yang selalu saya lalui jika mengunjungi Kakak.

“Loh…emang Pak Supir mau lewat mana ? Ko nggak lewat Boulevard aja,”saranku pada Pak Supir. “Jalan yang ini lebih cepet Bu, nggak macet lagi. Cuma emang banyak angkot aja,”kata Pak Supir yakin. “Ohhh…saya kira tambah jauh,”selorohku. Lalu, setelah cukup lama kurang lebih setengah jam perjalanan, tiba-tiba taksi yang kami tumpangi melalui deretan penjual buah Jeruk. Para penjual jeruk itu berjualan dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Namanya juga emak-emak, karuan pemandangan itu menggugah rasa belanja saya. “Stop di depan Pak,”pinta saya pada supir. “Loh…Cileduknya masih jauh Bu,”kata Pak Supir bingung. “Tunggu sebentar aja Pak, saya mau beli Jeruk dulu,”pintaku akhirnya. “Ohhh…,”kata Pak Supir yang lansung menepi. Harga murah dengan iming-iming timbangan sekilo satu ons, membuat pembeli tertarik untuk memborong. Saya langsung membeli 3 kilo, padahal biasanya saya membeli hanya 2 kilo. Sayangnya karena saya sedang melakukan puasa sunnah Kamis, saya jadi nggak bisa mencicipi. Padahal saat terik begini, buah Jeruk sangat pas untuk dikonsumsi. Apalagi diperas dan ditambah madu, lalu simpan dalam lemari es. Glek…! Aduh lagi puasa ko bayangannya minuman segar begitu.

Selesai membeli Jeruk, taksi meluncur kembali menuju rumah Kakak. Karena sejak dari rumah kami berniat untuk menginap, akhirnya saya buka puasa di rumah Kakak. Jeruk yang saya beli tadi langsung diolah seperti bayangan tadi siang. Satu jam menjelang waktu berbuka, saya menyiapkan gelas lalu memeras 3 buah Jeruk. Tambahkan dengan madu sesukanya, kalau saya sih banyakin aja. Toh, madu sangat baik buat kesehatan juga. Aduk-aduk, masukin deh ke dalam lemari es. Hmmm…belum berbuka aja sudah bikin ngiler.

Sunpride-Jeruk-Siam-Madu1

Oh ya, saya juga selalu membeli Jeruk hasil produksi Sunpride, namanya Jeruk Baby. Jangan terkecoh sama namanya ya, Jeruk Baby ini bukan untuk bayi disebut begitu karena Jeruk Baby memiliki cita rasa manis. Kalau saya pas beli Jeruk Baby Sunpride, jangan diperas seperti Jeruk yang saya beli di pasar. Cara saya mengkonsumsi Jeruk Baby Sunpride dimakan langsung dan tidak perlu ditambah madu. Selain Jeruk Baby, Sunpride juga punya jeruk yang lain, ada Jeruk Pomelo, Jeruk Navel, Jeruk Keprok dan Jeruk Siam Madu. Nah, bagi yang belum coba Jeruk Baby Sunpride, beli yuk rasakan perbedaannya. Sunpride gitu loh !

|Hari Jum’at

Sepulang mengantarkan Bimo ( 9 tahun ) ke Mesjid untuk sholat Jum’at, saya lihat di depan Masjid ada penjual buah keliling. Potongan buah yang terpajang di gerobak langsung membuat air liurku bergerak. Ada papaya, semangka, jambu air, melon, nanas, bengkoang, mentimun dan lain-lainnya. “Rujak Bu,”kata si Abang menawarkan. Kontan saja saya menghampiri karena merasa si Abang Penjual menawarkan pada saya. “Bang, boleh beli bumbunya nggak,”kataku setelah dekat. “Hmmm…boleh tapi jangan banyak-banyak. Mau beli berapa ? “Lima ribu aja Bang,”kataku. Lalu dengan sigap Abang Penjual rujak mengambilkan bumbu rujak dan dimasukkan dalam plastik. Setelah membayar sayapun berlalu meninggalkan penjual rujak.

Sesampainya di rumah saya mengambil potongan Nanas dari dalam lemari es. Nanas yang sudah dipotong-potong itu memang tidak terlalu manis, itulah sebabnya saya membeli bumbu rujak sebagai cocolannya. Sebenarnya Sunpride juga mengeluarkan produk buah Nanas, namanya Nanas Honi. Dari namanya semua sudah tahu bahwa Nanas Honi memiliki rasa manis. Dan memang itu bukan sekedar nama, beberapa kali saya membelinya Nanas Honi sangat manis. Sayangnya sejak beberapa bulan ini saya tidak mendapatinya di Supermarket. Padahal saya sudah keliling ke semua Supermarket di daerah tempat saya tinggal.

Sunpride-Nanas-Honi
Inilah penampakan Nanas Honi SUNPRIDE

Jum’at yang Agung dan penuh barokah, akhirnya Nanas yang tadinya sempet mau dibikin selai karena kurang manis saya jadikan rujak. Rujak Nanas, seger dan penuh inspirasi. Mengapa ? Buah Nanas adalah jenis buah yang bisa dibikin segala rupa. Sebut aja bisa dibuat sirup, selai, keripik, manisan, asinan, campuran es buah, masakan ( Gurame asam manis ) dan sebagainya. Anda suka yang mana ? Silakan dicoba membuatnya.

|Hari Sabtu

Hari Sabtu ini saya belum punya jadwal untuk keluar rumah. Tapi saya selalu menghindari keluar rumah pada Hari Sabtu, dah tahu dong kenapa. Macet ! Biasanya Hari Sabtu selalu saya coba isi dengan aktivitas yang melibatkan anggota keluarga, terutama anak-anak. Dan kali ini saya ajak mereka untuk memasak, kebetulan kemarin Eyang Kakung Ulang Tahun. Sebagai ungkapan rasa syukur kami memasak menu yang lain dari biasanya. Menu special itu adalah Chiken Gordon Blue, Stik Kentang dan Setup Anggur.

Anggur-anggur yang nampak pada halaman ini adalah Anggur produk Sunpride. Semua anggur-anggur ini dihidangkan buat tamu yang hadir, boleh disantap sesuka hati…

sunpride1
Makan sepuasnya disediakan dlm acara Fruit SUmmit 2013 ( doc.pri )

Setelah bagi-bagi tugas, saya langsung mengeksekusi makanan utama yakni Chiken Gordon Blue. Ayam fillet, beef smoke, keju chedar, telur dan tepung roti adalah bahan-bahan yang harus disiapkan. Hanya butuh waktu 30 menit untuk membuat 4 potong Chiken Gordon Blue. Sekarang saatnya digoreng, untuk menggoreng pergunakan api sedang, supaya tidak gosong sementara dalamnya masih mentah. Selanjutnya goreng stik kentang yang sebelumnya sudah diris korek api dan direndam dengan air garam.

sunpride2
Sajian dalam acara Fruit Summit 2013 ( doc.pri )

Saatnya platting, letakkan Chicken Gordon Blue di tengah piring, kentang dan saos sambal serta saos tomat. Makanan ini enak disantap tapi seringkali terasa eneg. Untuk mengantisipasi hal itu harus dinetralkan dengan dessert yang seger dan sedikit manis. Lalu saya membuat setup Anggur dibelah dua, buang bijinya biarkan kulitnya. Pisang Canvendish Sunpride, potong-potong bulat. Buat sirupnya : rebus gula dengan 200 ml air ditambah kayu manis dan 3 buah cengkih. Angkat tuang dalam mangkuk kecil masukan Anggur dan Pisang. Dessert ini terinspirasi dari sebuah hotel mewah di Jakarta.

sunpride10
Setup Anggur dan pisang ( doc.pri )

Sabtu yang indah penuh dengan kebersamaan dan kehangatan keluarga. Kami bisa merayakan Ulang Tahun Eyang tanpa terjebak kemacetan yang bisa bikin pusing kepala. Mau makan aja harus diawali dengan rasa jengkel, hal inilah yang paling saya hindari.

sunpride3
Mudah2an masih nyobain ini di Fruit Summit 2015 ( doc.pri )

|Hari Minggu

Selama enam hari saya selalu berkumpul dengan keluarga. Aktivitas lainnya mengunjungi kerabat yang sakit, mengantar suami ke dokter dan kini saatnya berkumpul dengan teman. Silturahmi itu jangan dibatas-batasi tapi ikuti tuntunannya, yaitu berkunjung ke tempat terjauh dulu lalu terdekat. Silaturahmi juga tidak berbatas dengan usia hanya saja dilihat kemampuannya. Demikian pula dengan saya, meskipun usia tidak lagi muda tapi ingin selalu berusaha untuk berkumpul. Saya memaknai berkumpul dengan silaturahmi. Jadi sekalipun jauh Insha Allah ada berkah yang didapat.

Begitupun pada hari Minggu ini, saya sudah berniat untuk bertemu dengan teman-teman SMP dulu. Acaranya di rumah seorang teman, kami sengaja tidak memilih Mall, Resto atau Café, alasannya kami ingin berlama-lama mengobrol. Karena sudah sepuluh tahun tidakbertemu saya pastikan banyak cerita yang akan didengarkan. Mudah-mudahan waktu seharian berkumpul cukup untuk berbagi cerita selama sepuluh tahun. Untuk meringankan si empunya rumah saya mengusulkan untuk membawa makanan lalu nanti dikumpulkan. Toh acara intinya adalah silaturahmi bukan makan, istilah kekiniannya Putluck.

Setibanya di rumah teman saya, sudah ada beberapa teman yang datang. Keceriaan mewarnai wajah mereka, kami saling berpelukan. Kangen. Syukurlah tidak ada yang berubah dari kami, cuma satu yang berubah yaitu bobot tubuh kami. Ah, itu mah sudah biasa dikalangan emak-emak, kan sudah mengeluarkan buah hati.

Tuan rumah yang memang terkenal ramah sejak SMP mempersilakan saya masuk. Berhubung cuaca memang sangat panas, saya langsung minta minuman dingin. Lalu tuan rumah membawa saya ke meja makan, di sana sudah berjajar rapi beberapa makanan yang dibawa oleh teman-teman lain. Bahkan ada beberapa macam buah-buahan. Mata saya tertuju pada sebuah mangkuk besar berisi air agak keputihan mirip susu. “Oh…itu kan kesukaan kamu,”ujar tuan rumah. “Ah, kamu masih inget aja Nit,”timpalku. Refleks saya langsung mengambil gelas kosong dan segera menisinya dengan Es Kelapa Muda. Tanpa menunggu komndo lagi, saya langsung meminumnya. Glek…glek…glek… Arrrrrggghhhh…. Lega rasanya tenggorokan saya, karena sejak tadi menahan haus. Setelah air dalam gelas habis setengah, saya mencari sendok dan memakan buah kelapanya.

Ya, Kelapa Muda adalah buah favorite saya, dalam budaya Jawa kelapa muda kerap disebut Degan. Biasanya kelapa muda sering dihadirkan pada acara-acara adat Jawa, semisal Siraman, Tujuh Bulanan dan masih ada beberapa lagi. Di Jawa, Kelapa Muda sering dicampur dengan gula jawa atau gula merah. Buat saya, apapun campuran kelapa muda semua saya suka. Kelapa muda juga bisa dibuat aneka macam panganan di antaranya Klapetart atau Srikaya. Selain kepala muda, ada jenis kelapa lain yaitu kelapa kopyor. Konon keberadaan kelapa kopyor ini karena terkena gerhana bulan namun ada juga yang mengatakan airnya dimakan oleh Tupai—sejenis hewan pengerat. Wah, kalau yang terakhir ini ekstrem banget, masa sih saya harus makan sisa dari Tupai.

sunpride5

Sunpride sebagai produsen buah lokal kualitas ekspor memiliki varian kelapa kopyor. Sayangnya sepengetahuan saya, jarang sekali ada. Selain Nanas Honi, Kelapa Kopyor juga jarang saya temui. Testimoni saya tentang Kelapa Kopyor Sunpride ini, aduhai rasanya. Lembut di lidah, sekali suap langsung meluncur di tenggorokan. Pokoknya sekali coba pasti ketagihan. Penasaran ? Cari dan beli di Market tempat tinggal Anda. Penghujung minggu yang melelahkan tapi banyak makna tersembul.

Sebenarnya ini bukan tantangan, karena kebiasaan saya mengkonsumsi buah tidak berbatas pada hitungan hari saja. Anytime and everytime saya selalu menemukan buah dan mengkonsumsinya. Saya sangat bersyukur tinggal di negri tropika ini, meskipun cuaca panas tapi tidak kering akan buah. Beberapa waktu lalu saya mendengar info bahwa cuaca panas ini menjadi berkah bagi petani Pepaya. Lihat ! Betapa ajaibnya negri tropika ini, cuaca terik sekalipun masih bisa berlimpah buah. Bandingkan negri beriklim lain seperti dingin, mana ada buah yang tumbuh di atas tumpukan salju.

Saya berharap Sunpride sebagai perusahaan penghasil buah lokal Indonesia, terus memajukan perusahaannya. Saya juga sempat miris di usia kepala empat ini, saya sudah kehilangan banyak buah lokal yang dulu saya sering makan sewaktu kecil. Beberapa buah lokal yang sudah mulai hilang antara lain yaitu sawo, belimbing, jambu air kancing, jambu mete, jambu bol, duwet dan masih banyak lagi.

Saya sangat optimis Sunpride bisa menemukan semua bibit-bibit buah yang hilang tersebut. Terus terang, anak-anak saya juga nggak tahu jenis pohon dari beberapa buah. Coba hadiah dari lomba blog ini ditambah dengan visit ke kebun milik Sunpride. He…he…he… ge-er amat ya saya, kayak udah pasti menang aja. Oke deh menutup perjalanan 7 Hari Makan Buah Demi Fruit Summit 2015 Sunpride ini saya ucapkan sukses terus buat Sunpride, perbanyak lagi stok Nanas Honi dan Kelapa Kopyornya ya….

Sampai ketemu di acara Fruit Summit 2015 !

sunpride7

Leave a Reply

15 Comments on "7 Hari Makan Buah Demi Fruit Summit 2015 SUNPRIDE"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
gustyanita pratiwi
Guest

Wahhh banjir pisanggg ni mb heehhehhe

andyhardiyanti
Guest

Wah, 7 hari berturut-turut jadi rajin makan buah demi fruit summit ya mbak? 😀 Cerita hari ke 8nya gimana mbak? Masih lanjut kah makan buahnya?

khulatul mubarokah
Guest

Buanyak buahnya … seger-seger dan sehat …

Irwin Andriyanto
Guest

Hadeh seger ngeliat buah nya… apa lagi pisangnya hehehehe

Arifinda D. Putri
Guest

Huaaa. buah, buah, buah! Dan di antara semua, pisangnya yang paling bikin laper…

Nefertite Fatriyanti
Guest

Waaa, disini buah disana buah. Kebayang kalo stok buah begitu banyak, akan selalu sehaat

Echaimutenan
Guest

Wiii….sunpride enyakkkk cm sayang mahal hikz…
Tapi aku mpasi pake ini teruuusss

Nyam nyam
Gutlakkk mba

wpDiscuz