“Anakku, Sepatumu Menunjukkan Arah Langkahmu…


Senang rasanya melihat Baby Adreena sudah mulai bisa berdiri, lebih tepatnya merambat. Hampir semua perabotan di rumah dia jadikan pegangan untuk berdiri. Sofa, lemari buku, lemari TV dan pintu semua dijadikan sasaran untuk berdiri. Ya, merujuk pada usianya yang sudah 9 bulan, Baby Adreena memang sudah memasuki fase prewalking atau “tatah”. Bahkan dalam tatanan adat Jawa, bagi anak yang sudah mulai belajar berdiri diadakan upacara secara khusus, dikenal dengan Tedak Sinten. Acara yang melambangkan arah masa depan seorang anak ini diyakini benar adanya. Namun semua itu hanyalah symbol agar orang tua bisa memahami keinginan anaknya sedini mungkin.

blibli

Kembali pada Baby Adreena yang mulai belajar berdiri, saya sudah tidak sabar untuk melihatnya berjalan. Padahal sejatinya semua harus sesuai dengan fase-fase perkembangannya. Oleh karena itu saya juga tidak mau terburu-buru me-natahnya ( memegang ke dua tangannya untuk belajar berjalan ), biarkan semampu usianya saja. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa terbersit keinginan untuk segera melihat langkah kecilnya itu. Bahkan sambil menunggu fase itu tiba, saya pun menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan langkahnya, dalam hal ini sepatu. Bagi saya pribadi sepatu menjadi begitu istimewa dan penting karena sepatu akan berpengaruh pada langkahnya. Bukan hanya langkahnya, sepatu juga bisa menandakan arah melangkah.

sepatu1

Menurut saya sepatu bukan hanya digunakan sebagai alas kaki saja tapi lebih dari itu. Oleh karenanya saya tidak mau sembarangan dalam memilih sepatu buat Baby Adreena. Bahkan menurut Joseph Stern, Pemimpin Canadian Podiatrist Medical Association berpendapat bahwa memilih sepatu buat anak jangan terlalu fokus pada kualitas yang hanya digunakan sesekali saja. Akan tetapi pastikan bahwa anak memiliki sepatu yang baik untuk dipakai sehari-hari.

sepatu2

Dengan kata lain, memilih sepatu buat anak harus teliti dan mesti betul-betul diperhatikan segala sesuatunya. Saat ini banyak sekali model dan jenis sepatu khusus buat anak-anak yang keren, modelnya lucu-lucu dan berbahan lembut. Salah satu brand penyedia sepatu anak yang saya kenal yaitu JD Kids Shoes. Melihat koleksi JD Kids Shoes dalam ecommerce terkenal Blibli.com saya membayangkan Baby Adreena yang memakainya. Ya, koleksi JD Kids Shoes baru menyediakan sepatu anak untuk usia 5 tahun ke atas. Meski begitu tidak salah kan jika saya melihat-lihat koleksinya, semisal buat referensi memberi hadiah.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu buat anak, misalnya saja memilih sepatu harus mengikuti bentuk kaki anak. Pilihlah sepatu yang bagian depannya tidak sempit. Hal ini dimaksudkan agar jari kaki anak tidak terjepit dan tidak berhimpit satu dengan lainnya. Pertumbuhan fisik bayi terjadi sangat cepat, demikian pula dengan Baby Adreena jadi saya selalu memilihkan sepatu yang sedikit lebih besar dari ukuran kakinya. Misanya saja, ukuran kakinya 3 tapi saya memilihnya 4, karena biasanya ukuran itu hanya berselisih satu centi meter saja. Karena pada usia 1 – 3 tahun, kaki anak bertambah panjang sekitar 1,5 mm setiap bulannya. Tapi juga jangan memilih sepatu yang terlalu kebesaran hal ini akan membuat anak jadi tidak nyaman. Pernah ada kejadian sepatu Baby Adreena hilang sebelah, sepertinya sih terjatuh entah di mana. Nah, dari peristiwa itu saya tidak pernah lagi memilihkan sepatu yang terlalu besar. Maklum namanya juga Ibu-ibu, kadang merasa sayang jika sepatu yang dibeli hanya sekali atau dua kali saja dipakainya.

Selain itu, pilihlah sepatu dengan bahan yang memiliki sirkulasi udara baik. Pemilihan bahan sepatu yang tepat akan membuat kaki anak selalu nyaman karena pori-pori kaki anak tetap bisa bernafas. Saya sangat memperhatikan saran ini, saya tidak mau hanya gara-gara bahan sepatu salah pilih bisa-bisa kaki anak terinfeksi. Ayo para Momy perhatikan baik-baik ya…!

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa sepatu memang bukan merupakan kebutuhan utama. Namun begitu sepatu juga memiliki falsafah hidup yang menarik. Saya pernah mendengar ada pepatah mengatakan bahwa sepatu yang baik akan membawa langkah ke arah yang baik juga. Dari situlah saya sangat berharap bahwa Baby Adreena akan selalu melangkah ke arah yang benar dan baik. Ini bukan hanya harapan semata, sejak awal saya akan selalu berusaha untuk membimbing langkah yang baik. Pemilihan sepatu yang baik merupakan symbol sekaligus harapan dan bimbingan agar dapat melangkah ke arah kebaikan, kejujuran dan kebenaran. Semoga…ya Nak !

Save

Leave a Reply

9 Comments on "“Anakku, Sepatumu Menunjukkan Arah Langkahmu…"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Leyla hana
Guest

Tulisannya penuh filosofi 🙂

Suci
Guest

aihh.. gembil sekali itu pipi adreena. Pengen cubit deh. Sepatu itu alat mereka bertualang, jadi harus pilih yang paling nyaman biar petualangannya juga makin seru.

safety footwear
Guest

terima kasih sudah berbagi, Saya sangat menghargai apa yang di tulis dalam artikel ini. saya merasakan yang begitu besar setela membaca beberapa artikel di blog ini. Terima Kasih

muwasaun
Guest

mantap, memang anak merupakan aset penerus bangsa. ayo didik anak sebaik2nya.

wpDiscuz