• Cerita Sahabat

    Imlek, Tradisi Luhur Yang Sarat Akan Petuah

    “Waaahhh…seneng banget mbak kalau pas Imlek. Pokoknya ga ada sedihnya deh,”tulis teman saya lewat messenger, saat saya tanya tentang perayaan Imlek kemarin. “Ceritain dong detilnya, waktu kamu merayakan Imlek,”pintaku lagi. Lalu dengan senang hati ia pun menceritakan tradisi Imlek yang sarat petuah itu. Saya memang tidak merayakan Imlek, tapi setiap kali perayaan Imlek tiba, saya selalu mendapat kiriman dodol Cina. Eh…katanya sudah nggak boleh lagi nyebut Cina tapi Tiongkok, tapi ko rasanya aneh ya kalau nyebutnya jadi dodol Tiongkok. Saya suka banget sama dodol Tiongkok ini, manisnya sedang dan lengketnya pulen. Apalagi kalau digoreng dibalut pake telur, wah…tambah enak ! Oh ya, teman saya itu memulai ceritanya dari makanan yang…

  • Lomba

    “Anakku, Sepatumu Menunjukkan Arah Langkahmu…

    Senang rasanya melihat Baby Adreena sudah mulai bisa berdiri, lebih tepatnya merambat. Hampir semua perabotan di rumah dia jadikan pegangan untuk berdiri. Sofa, lemari buku, lemari TV dan pintu semua dijadikan sasaran untuk berdiri. Ya, merujuk pada usianya yang sudah 9 bulan, Baby Adreena memang sudah memasuki fase prewalking atau “tatah”. Bahkan dalam tatanan adat Jawa, bagi anak yang sudah mulai belajar berdiri diadakan upacara secara khusus, dikenal dengan Tedak Sinten. Acara yang melambangkan arah masa depan seorang anak ini diyakini benar adanya. Namun semua itu hanyalah symbol agar orang tua bisa memahami keinginan anaknya sedini mungkin. Kembali pada Baby Adreena yang mulai belajar berdiri, saya sudah tidak sabar untuk…

  • Acara

    Catatan Dari Malam Penganugerahan Perempuan Inspiratif Nova 2015

    Ada rasa haru, bangga dan semangat. Mungkin tiga kata itulah yang tepat untuk menggambarkan acara semalam. 5 Desember 2015 bertempat di sebuah resto dengan nuansa etnik, Oasis Restaurant dan Heritage, Jakarta saya berkesempatan untuk menghadiri puncak malam penganugerahan Perempuan Inspiratif Nova. Ini adalah kedelapan kalinya acara yang diadakan oleh Tabloid Nova dalam mengapresiasi perempuan di Indonesia. Tabloid yang sangat konsern dengan seluk beluk perempuan ini menerima sebanyak 2000 kisah inspiratif dari seluruh Nusantara. Dari sekian banyak perempuan inspiratif tersebut, juri memilih 12 perempuan yang paling menginspirasi. Ke dua belas pemenang ini terbagi dalam enam kategori yaitu, Perempuan dan Wirausaha, Perempuan dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan, Perempuan dan Kesehatan, Perempuan dan Seni…

  • Cerita Sahabat

    Alya Sausan, Mengukir Sunyi Dengan Prestasi

     Dalam sunyi menguntai mimpi, Dalam diam merekam kata, Dalam bisu membingkai sipu , Dalam hening menggigit bising, Lewat status seorang sahabat facebook saya mengenal Alya Sausan. Lewat statusnya, dia meminta dukungan vote buat Alya Sausan yang akan berlaga di Indonesia Deaf Talent. Dalam ajang tersebut, Alya Sausan akan mewakili Kota Solo dengan bakat pantomimnya. Acara yang terselenggara melalui audisi itu diadakan di Jakarta pada tanggal 27 November 2015. Sedangkan babak finalnya pada tanggal 28 November 2015. Awalnya saya ingin menemui Alya Sausan pada saat audisi, sayangnya hal itu saya urungkan. Alhamdulillah, Alya Sausan terus melaju ke babak final hingga akhirnya Allah mempertemukan saya pada saat final. Sepintas memang tidak ada…

  • Cerita Sahabat

    Just Mom, Yeah… Just Mom

    Kemarin sore saya berkesempatan bertemu dengan seorang Editor in Chief sebuah Tabloid Wanita Ternama. Pertemuan yang sebelumnya direncanakan pukul 17.00 itu mundur tiga puluh menit dari jadwal. Sedangkan saya sendiri sudah tiba di kantor sang editor sekitar pukul 16.30. Jadilah saya menunggu di lobby yang terkesan classy and glossy. Saya duduk menghadap lorong dengan pilar beton bercat putih. Lorong nampak glossy karena di tiap celah lorong diberi lampu-lampu berwarna orange. Segar dan penuh semangat. Itulah kesan saya pertama kali masuk ke dalam kantor tabloid ini. Sambil menunggu saya tidak hanya diam, sesekali berkeliling melihat beberapa plakat penghargaan yang tersusun rapi di dalam bingkai tembok berdinding kaca. Di balik dinding kaca…

  • Kuliner

    Merdeka Dalam Bingkai Cita Rasa

    Memasak adalah rutinitas saya setiap hari. Rutinitas yang sudah saya lakukan selama berpuluh-puluh tahun ( 30 tahun ), bahkan jauh sebelum Tabloid Saji lahir. Rutinitas yang tidak menjemukan tapi sebaliknya mengasyikkan. Masih dalam rangka menyambut Kemerdekaan Negri tercinta Indonesia ke – 70 dan Hari jadi tabloid kesayangan saya SAJI ke – 12, saya mencoba merefleksikan cerita memasak. Dan pada bulan Agustus ini bertepatan juga dengan hari lahirnya suami tercinta, 21 Agustus. Ketiga moment special tersebut akan saya bingkai dalam versi memasak sekaligus menulis. Yup, memasak dan menulis adalah dua aktivitas yang sudah mendarah daging. Bagi saya, memasak adalah proses menuangkan kreatifitas yang bermuara pada puas atau tidak. Sedangkan menulis adalah…

  • Lomba

    Pemenang Lomba 12 Tahun SAJI

    Hai…hai… Beberapa waktu yang lalu saya sempet memposting lomba dalam rangka menyambut Ulang Tahun Tabloid SAJI yang ke – 12. Adapun tema yang diangkat pada ultahnya kali ini adalah : A Journey of LOVE. Nah, bagi temen-temen yang sudah mengikutinya kali ini saya akan memposting pemenangnya. Informasi ini saya dapat dari tabloid versi cetaknya terbit tanggal 7 – 20 Oktober 2015 dengan Nomor edisi 338. Dag…dig…dug…. Dan inilah pemenangnya….! Taraaaaa……   3 Pemenang Utama Juara 1 ( 6 Juta Rupiah ) : Agustuti Suryatinah — Jakarta Juara 2 ( 4 Juta Rupiah) : Guntur Alam — Sumatera Selatan Juara 3 ( 2 Juta Rupiah ) : Ristiana — Tangerang Selatan…

  • Jalan-jalan

    Citra Raya Pelopor Hunian Dengan Konsep Eco Culture

    Perjalanan kali ini saya namakan ‘napak tilas’ karena hampir 7 tahun sejak menikah saya langsung meninggalkan Tangerang. Setelah keluar pintu Tol Bitung, Pak Supir saya minta melaju lurus. Masih dengan pemandangan yang sama, ada Pabrik Kopi dan Makanan Beku menjadi pemandangan keseharian saya. Betapa saya ingat, perjalanan dari Terminal Cimone menuju Area Pergudangan Cikupa adalah perjalanan yang melelahkan. Hampir setiap hari. Dan hampir setiap hari pula saya bermimpi untuk memiliki rumah nyaman. Dekat dengan tempat kerja, sampai di rumah langsung istirahat atau nonton tivi. Ah, cita-cita yang harus segera diwujudkan meski harus berlembur-lembur ria. “Masih terus Bu,”tanya Pak Supir membuyarkan lamunanku. “Oh, eh… ya ini dia gerbangnya,”kataku. Gerbang yang sama,…

  • Artikel Umum

    Buat Gayus, Hidup Mudah Itu Tidak Mudah Loh !

    Baru-baru ini masyarakat dunia maya dihebohkan dengan foto Gayus tengah makan-makan di sebuah resto mewah. Gayus yang seharusnya berada di ruang tahanan karena menggelapkan pajak masyarakat, malah keluyuran. Rasanya belum habis kegeraman masyarakat atas perilakunya yang begitu banyak merugikan masyarakat, tapi dia malah berulah kembali. Entahlah dalam hal ini siapa yang akan disalahkan, aparat penegak hukumkah atau Gayus kah ? Sampai kapan sih fenomena ini berakhir, tidak penting bahwa semua itu nyata atau maya karena sakitnya tuh di sini.. Memang tidak dapat dipungkiri, bila beberapa bulan ini kondisi perekonomian di Negara-negara ASIA termasuk Indonesia mengalami penurunan. Di dalam negri sendiri misalnya, harga bahan pokok melonjak tajam. Harga daging contohnya, sejak…

  • Cerita Sahabat

    Utak Atik Arti Sebuah Nama

    Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihiruk pikukkan dengan nama-nama unik. Nama-nama unik ini bukan tanpa alasan diberikan oleh orang tua mereka. Semua diberikan dengan harapan dan do’a tentunya. Sebagaimana telah dipahami oleh banyak orang bahwa nama itu adalah do’a. Akan tetapi hal itu menjadi tak biasa saat nama yang diberikan bertentangan dengan do’a. Namun apapun itu Sang Khalik pasti lebih tau dengan do’a-do’a yang dipanjatkan oleh orang tua mereka. Seperti misalnya berita yang masih hangat nama Saiton dan Tuhan, apakah nama mereka bermakna baik atau sebaliknya. Dan apakah nama-nama tersebut harus diganti atau tidak ? Lalu apakah dampak dari nama-nama unik ini dalam kehidupan mereka. Untuk mengetahui hal tersebut, saya langsung…

  • Artikel Umum

    5 Kiat Menjalani Bisnis Tak Biasa

    Biasanya kebanyakan orang memilih usaha yang banyak peminatnya atau bahkan tidak jarang memilih yang sedang trend. Misalnya saat ini sedang trend busana muslim, maka pilihlah usaha busana muslim. Contoh lainnya yaitu soal kuliner, sekarang lagi ngetred kuliner baso isi keju, maka dipilihlah usaha baso keju dan seterusnya. Sebenarnya sah-sah aja memilih usaha apapun, baik yang sedang ngetrend atau nggak. Akan tetapi satu hal terpenting dalam menjalankan usaha harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Maksudnya tidak lain agar usaha atau bisnis yang dijalankan mencapai target yang diharapkan. Dalam menjalankan usaha tentunya untung rugi tetep harus diperhitungkan dengan matang. Nggak ada kan orang yang mau usaha tapi mengharapkan rugi ? Kalau begitu sih mendingan…

  • Kuliner

    Kebab Turki Baba Rafi, Meluncurkan Baba Rafi Online Dot Com

    Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan makanan yang berasal dari Turki ini – dikenal dengan nama Kebab. Kebab adalah sejenis kuliner terbuat dari adonan tepung yang didadar tipis lalu diberi isi irisan daging, saos mayonaise, saos sambal dan sayuran lalu digulung sedemikian rupa. Di Indonesia sendiri, Kebab diperkenalkan dan dipelopori oleh pasangan suami istri Hendy Setiono dan Nilam Sari. Adapun brand yang diusungnya adalah Kebab Turki Baba Rafi. Usaha yang dirilis pada tahun 2005 di Surabaya ini terus mengalami kemajuan. Hingga pada tahun 2010 Si Empunya usaha memindahkan kantor pusatnya ke Jakarta. Tanggal 17 September 2015 kemarin, saya berkesempatan untuk meninjau secara langsung markasnya Kebab Turki Baba…