• Kuliner

    Filosofi Kembang Goyang

    “Bikin kue apa bu ?”tanyaku pada Ibu yang berada di dapur. “Ini, kue Kembang Goyang,”jawab Ibuku lembut. “Ko kue itu lagi, kue itu lagi, yang laen kek,”kataku jutek. “Kayak orang-orang dong. Kalau lebaran bikinnya Bolu, Black Forest, Nastar,”sungutku lagi. “Kembang Goyang kan kue kampung,”tegasku sambil meninggalkan Ibu yang tergugu. Ibu pun meneruskan menggoreng kue Kembang Goyangnya. Sore menjelang, beberapa jam lagi waktu berbuka tiba, karena Ibu sibuk dengan Kembang Goyangnya, maka saya yang menyiapkan makanan untuk berbuka. Setelah selesai berbuka, Ibu berkata padaku,”Mbak, ntar pulang taraweh tolong anterin kue Kembang Goyang pada Bu Slamet ya.” Dengan malas-malasan saya mengangguk. Sebenarnya saya nggak mau mengantarkan kue Kembang Goyang itu. Alasannya satu,…

  • Kuliner

    Tetangga Ko Gitu Sih ?

    Saya melihat Bimo tergolek lesu di sofa, sepulang dia dari sekolah. Tidak seperti biasanya, kali ini Bimo seperti memendam kesal atau mungkin juga marah. Baru kali ini saya melihat dia begitu kesal, padahal itu bukanlah sifatnya. Saya belum berani bertanya, karena percuma saja, paling jawabannya “nggak tau”. Saya hapal betul sifatnya Bimo, malas bicara, ditanya aja belum tentu mau menjawab apalagi tidak ditanya. Lalu saya menyuruhnya untuk berganti pakaian, cuci tangan dan makan. Setelah makan Bimo langsung menyalakan televisi, mencari acara kesukaannya dan duduk manis. Diam. Ini juga bukan kebiasaannya, karena sehabis pulang sekolah dan makan Bimo selalu membaca buku atau bermain dengan adiknya. Tingkah Bimo ini semakin membuat saya…

  • Uncategorized

    Hafiza Elvira Nofitariani, Perjuangan Mengangkat Derajat Kaum Kusta

    Perjalanan hari kemarin cukup lancar, bus yang saya tumpangi juga tidak nampak sesak. Pukul 8 lewat 40 menit saya sudah sampai di tempat tujuan, lebih cepat dari waktu yang dijanjikan. Hari ini saya memang ingin bertemu dengan seorang perempuan pejuang tangguh. Tempat yang dijadikan untuk bertemu masih terlihat sepi, hanya ada beberapa sepeda terparkir di sana. Saya mengira tadinya tempat untuk bertemu itu adalah sebuah rumah makan mewah atau café berhawa sejuk. Tapi dugaan saya meleset, untuk mencapai tempat tersebut saja cukup sulit dan jauh. Beruntung saya bertemu seorang petugas keamanan yang mau mengantar sampai ke tempat tujuan. Jika berjalan kaki mungkin bisa ditempuh sekitar 30 menit, tapi bisa lebih…

  • Kuliner

    Nasi Kuning “Heboh” Favorit Keluarga

    Hari ini Rafa memecahkan piring, tiga hari yang lalu memecahkan gelas, entah besok apa lagi yang dipecahkannya. Hobi memasaknya memang saya apresiasi tapi kalau dia sudah masuk dapur, pasti ada kehebohan yang dilakukannya. Seperti tadi pagi, karena ini libur panjang jadilah dia mulai masuk dapur sejak pukul 7 pagi. Dia mengambil teflon anti lengket untuk membuat telur dadar, tujuannya apalagi kalau bukan mau bikin sarapan. Saya sudah lama mengajarkannya cara membuat telur dadar, mulai dari memberi garam, lada bubuk dan irisan daun bawang. Setelah dikocok sebentar, telur digoreng dengan menggunakan sedikit mentega. Tunggu sampai kecoklatan, lalu angkat.

  • Uncategorized

    Berani Lebih Menerima Kenyataan

    Lima tahun yang lalu, suami berkeinginan untuk melakukan operasi Tulang Belakang, namun saya tidak mengijinkannya. Alasannya mental saya belum siap jika terjadi sesuatu yang buruk pada dirinya. Pendek kata saya belum siap untuk kehilangan, maklum saat itu kami juga baru saja menikah. Akan tetapi makin lama, rasa sakit pada bagian punggung sampai kaki semakin parah. Bahkan dua tahun belakangan ini suami harus menggunakan kursi roda dan tongkat penyangga. Sebenarnya sakit yang diderita oleh suami memang tidak bisa disembuhkan oleh obat-obatan biasa. Satu-satunya pengobatan memang dengan jalan harus dioperasi, begitulah saran dari dokter bedah tulang.

  • Jalan-jalan

    Berburu Merchandise Avengers

    Kali ini saya tidak akan menulis review film, soalnya sudah banyak yang nulis. Saya hanya ingin menulis aneka pernak pernik dari film tersebut. Kurang klop rasanya kalau sehabis nonton film Avengers tapi tidak membeli merchandisenya. Kemarin malam, sebelum menonton film Avengers, saya dan anak-anak melihat-lihat aneka ragam merchandise. Bertempat di Main Atrium Gandaria City, merchandise itu dijual dalam rangka kegiatan The Avengers Exhibition. Bukan hanya itu kita juga bisa foto-foto dengan properti yang digunakan oleh para pemain Avengers. Sebut saja, ada palunya Thor atau tamengnya Kapten Amerika. Seperti biasa, saat ada peluncuran film yang masuk daftar Box Office, pasti dijual pula aneka merchandise dari film tersebut. Soalnya sudah pasti laku,…

  • Uncategorized

    Berani Lebih Melihat Kebaikan

     “Beli sayur apa bu ?”tanya suami, sesaat sepulang aku belanja. “Sayur asem,”jawabku singkat. “Ko jawabnya kesel gitu ?”tanya suami lagi. “Gimana nggak kesel, saya kan dah milih ikan asin, eeee..malah diambil sama Nek Omah,”kataku menahan marah. “Kemaren ada yang buang kulit duren di tempat sampah kita, sekarang rebutan ikan asin,”cerocosku lagi. “Punya tetangga ko pada bikin kesel ya.” “Sudahlah bu, Nek Omah itu kan hidup sendiri. Seharusnya Ibu beliin dia ikan asin itu, bukannya malah rebutan.” Lanjut suami menenangkan.

  • Artikel Umum

    Puding Jelly Pelangi Koepoe Koepoe ala Rafa

    Setiap kali libur sekolah, saya selalu melibatkan anak-anak untuk turun ke dapur. Apalagi coba yang dilakukan selain memasak. Bagi saya memasak dengan melibatkan mereka sungguh amazing. Melihat dapur berantakan dengan alat-alat masak yang kotor adalah pemandangan luar biasa. Tapi, saya yakin ko bahwa semua itu akan menghasilkan sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan uang, kepuasan hati. Sangat berbeda rasanya dengan menikmati makanan di restoran, di mana kita tinggal duduk manis, pesan lalu datang deh makanannya. Nggak ada seninya kan ?

  • Uncategorized

    Operasi di Usia Lanjut, Mengapa Tidak ?

    Setelah melalui pertimbangan yang matang akhirnya saya menyetujui operasi papieh – panggilan saya ke suami. Jujur, sebenarnya saya sangat berat meluluskan keinginan papieh untuk operasi. Hal ini dikarenakan usia papieh yang sudah lanjut, ditambah lagi dengan asma papieh yang menahun. Faktor resiko yang akan terjadi pun semakin besar terutama papieh sudah berusia lanjut. Namun melihat semangat papieh yang berapi-api rasa was-was itupun sedikit sirna, demikian pula dengan dokter yang akan mengoperasi papieh. Dokter Norman, spesialis bedah tulang di Rumah Sakit Pusat Pertamina adalah dokter yang siap mengeksekusi papieh. Melihat sepintas, sepertinya dokter juga meragukan kondisi dan usia papieh. Akhirnya dokter Norman merekomendasikan papieh untuk melakukan pemeriksaan atau cek segala sesuatunya.…

  • Uncategorized

    Selfie Meringankan Saya Dalam Lara

    Pertengahan bulan Januari 2015 lalu, papieh – panggilan saya ke suami harus menjalani operasi Tulang Belakang ( HNP ). Sebenarnya saya berat sekali mengijinkan papieh untuk melakukan operasi itu, mengingat banyak faktor yang menghalanginya. Selain usia papieh yang sudah lanjut ditambah lagi dengan penyakit asma menahunnya. Tapi saya juga tidak tega melihat papieh setiap malam selalu merasa kesakitan dimulai dari pangkal paha sampai ke ujung kaki. Akhirnya dengan berat hati saya mengijinkan papieh untuk melakukan operasi dengan setumpuk harapan dan segunung keikhlasan. Saya sadar bahwa ini hanya ungkapan kata-kata penguat hati saja.

  • Cerita Sahabat

    Anazkia, dari TKI Merambah Media Sosial

    Anazkia ( 32 ), warga kecamatan Kramatwatu, Serang Banten, adalah simbol TKI mandiri. Mencoba peruntungan di negri orang dengan menjadi TKI sudah dilakoninya selama tujuh tahun. Keputusannya untuk bekerja ke luar negri bukan tanpa sebab. Bagi Anazkia, apapun itu semuanya akan dilakukan dengan niat ikhlas. Dia tidak pernah merasa tersisih dengan keputusan hidupnya itu, bahkan sebaliknya dilakoninya dengan penuh syukur. Perasaan syukur inilah yang telah menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirinya, perasaan yang jarang dimiliki oleh seorang TKI. Perempuan yang terlahir dengan nama Eli Yuliana ini tidak pernah memiliki cita-cita tinggi. Perjalanan hidupnya ditapaki bagai air mengalir. Pengalaman adalah guru terbaiknya, terutama saat dia mencari penghidupan di negri orang. Menjadi…

  • Jalan-jalan

    Menyisir Keindahan dan Kekayaan Laut di Kepulauan Togean Sulawesi Tengah

    Membaca keindahan dan kekayaan laut di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah pada sebuah majalah terkemuka menggugah hasrat saya untuk berkunjung ke sana. Bukan itu saja, banyak hal yang menurut saya masih penuh dengan misteri dan pertentangan. Seperti misalnya suku Bajo yang tidak mengetahui asal-usul nenek moyang mereka dengan pasti. Menyelam dan snorkelling di sekitar pulau Togean, mengunjungi Goa Kelelawar, Trekking di hutan, menyaksikan atol dari atas perahu, melihat kehijauan karang dan laut yang tenang adalah sebagian dari kegiatan wisata di pulau ini. Sejak itulah saya selalu memimpikan destinasti wisata ke pulau Togean. Jika saya benar-benar merasa sedang ingin ke sana, maka saya membuka situs tentang Kepulauan Togean ini. Pikiran liar saya,…