Artikel Umum

Awali Keseimbangan Hidup di Apartemen Skandinavia Lagom Tangerang

Perjalanan kali ini bernama ‘perjalanan rindu’. Berawal dari Kota Bekasi Selatan, di sini ada sebuah rumah yang dibangun atas dasar cinta. Saya menengoknya untuk keperluan bersih-bersih karena lama tidak dihuni. Rumah ini hanya kami tempati beberapa tahun saja karena suami memutuskan untuk pindah ke Jakarta. Suami ingin kami menempati rumah yang sudah dibangun jauh sebelum menikah.

Sebenarnya ada rasa sedih pindah rumah, tapi ketaatan kepada suami harus dijunjung tinggi. Saya tidak berlama-lama di Bekasi, perjalanan selanjutnya menuju ke arah Barat. Ya, tujuan saya ingin ke Kota Tangerang. Berdasar info, di sana ada hunian vertikal yang konsepnya humanis banget. Hunian yang konon bisa memberikan keseimbangan dalam hidup. Benarkah? Keseimbangan seperti apa yang ditawarkan? Ikuti saja ‘perjalanan rindu’ saya.

Tangcity Mall & Novotel Hotel

Turun dari bus saya setengah berlari ingin menghindari terik matahari. Cuaca panas di luar langsung sirna manakala saya mulai memasuki lobby area. Seorang security berjalan membuka kan pintu kaca. Tiga langkah kemudian wanita berparas cantik menyambut saya dengan senyum. Ah, saya tak bisa bohong tentang semua ini. Sambutan hangat dan pertolongan kecil adalah dua hal yang saya harapkan. Dua hal kecil yang saya rindukan sebagai awal mula keseimbangan hidup. Aura Lagom sudah mulai saya rasakan di sini, di Apartemen Skandinavia.

Lobby Area

Di sini saya menemukan ‘Lagom’ dan akan memulainya…

Filosofi Lagom, Lagom atau ‘cukup’ kata yang sering ditafsirkan sebagai memilih jalan tengah kehidupan. Lagom mendorong orang untuk menemukan ruang, momen dan cara hidup yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Saya jadi teringat sebuah lirik lagu sedang-sedang saja. Sepertinya banyak orang yang memahami kata ‘sedang-sedang’ saja tapi sedikit yang bisa merealisasikannya.

Segala sesuatu yang berlebihan atau terlalu sedikit memang tidak baik. Misalnya kebanyakan makan atau sebaliknya. Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya. Lagom menuntun manusia mencapai tingkat kepuasan, kedamaian batin yang paling alami. Semua keseimbangan hidup itu bisa tercipta dan bukan hal yang tak mungkin. Kesimpulan pertama saya adalah….

not too little not too much just right

Sebagai contoh, masyarakat Skandinavia telah dinobatkan untuk kesekian kalinya sebagai masyarakat paling bahagia di dunia. Penobatan ini bukan tanpa alasan, faktor gaya hidup yang dilakukan oleh masyarakatnya mendorong mereka mencapai kebahagiaan tersebut. Hmm…jadi pengen tahu nih gaya hidup apa sih yang mereka lakukan?

Faktor pertama adalah makanan, masyarakat Skandinavia pantang makan makanan instan atau siap saji. Mereka lebih memilih untuk memasak bersama di rumah sebagai kebiasaan sehari-hari. Mereka mengganti daging dengan ikan, roti putih dengan gandum dan karbohidrat dengan sayuran. Hidup minimalis, masyarakat Skandinavia mengadopsi gaya hidup minimalis yaitu membeli sesuatu berdasarkan kualitas bukan ikutan trend. Mereka juga tidak suka menyimpan barang-barang berlebih atau koleksi barang.

Olahraga, masyarakat Skandinavia sangat bersemangat saat tiba waktunya berolahraga. Mereka tidak peduli dengan keadaan cuaca, entah panas, hujan atau salju sekalipun. Bersepeda, jalan kaki dan yoga juga bagian dari keseharian mereka. Menyatu dengan alam, masyarakat Skandinavia lebih banyak menghabiskan waktu di alam terbuka. Mereka suka mengunjungi tempat baru dan menghargai tiap sudutnya.

Mencintai diri sendiri, kenyamanan dan relaksasi, masyarakat Skandinavia lebih mementingkan bekerja dengan lingkungan yang membuat mereka nyaman dan bahagia. Mereka meminimalkan ketersinggungan yang berakibat pada kesedihan.

Menciptakan Lagom Pada Hunian. Mengapa tidak?

Sangat mungkin apa yang dilakukan oleh masyarakat Skandinavia berawal dari hunian. Mereka paham betul kalau apa yang akan mereka lakukan di luar sana harus dirancang dari dalam rumah. Mereka menerapkan Lagom pada interior desainnya. Seperti penggunaan bahan alami, warna pucat, bentuk minimalis dan interior terbuka. Semua desain itu diharapkan bisa memicu terciptanya Lagom dalam diri mereka. Sebenarnya ada 4 hal pokok demi tercipta suasana Lagom yaitu interior desain, material yang digunakan, furnitur dan elemen pendamping atau dekoratif.

Interior ruangannya lebih menitik beratkan pada fungsi agar hunian tidak keliatan seperti gudang. Oleh karena itu penataan ruang pun lebih banyak didesain sesimple mungkin. Maksudnya agar tidak menyulitkan ruang gerak penghuni. Dengan begitu penghuni akan merasa betah dan nyaman tinggal di dalamnya.

Denyut nadi sebuah hunian terletak pada ruang keluarga. Pasalnya ruang keluarga tempat di mana seluruh anggota keluarga berkumpul setelah beraktivitas di luar. Penempatan sofa-sofa lebar dan empuk di ruangan ini sungguh bermanfaat. Membaca, nonton acara tivi bersama atau senda gurau bisa dilakukan di ruang keluarga. Seharian tidak saling bertemu pasti membutuhkan familytime. Sebelum beranjak ke kamar untuk tidur, anggota keluarga bisa saling cerita aktivitasnya masing-masing.

Bicarapun tidak harus keras apalagi berteriak, karena semua sangat dekat. Letak meja makan yang berdekatan dengan ruang keluarga bisa menambah keharmonisan. Pilihan warna-warna lembut pada dinding dan elemen ruangan membuat hati jadi tentram, sedap dipandang mata. Tirai berwarna mocca dan tanaman kering semakin menambah ketentraman.

Hal ini berlaku pula pada bagian lainnya, seperti dapur misalnya. Belilah perabotan yang sering dipakai saja. Karena memasak makanan sehat tidak butuh banyak perabot dan waktu yang lama. Beberapa ahli mengatakan, memasak dalam waktu lama akan merusak kandungan nutrisinya. Begitu juga perlengkapan dapur yang utama, seperti kulkas. Meskipun kulkas berfungsi sebagai penyimpanan bahan makanan, bukan berarti harus besar. Di samping membiasakan diri agar tidak menyimpan makanan beku. Kulkas dengan ukuran kecil nggak membutuhkan tempat yang luas. Penempatan kulkas yang baik berada dekat pintu masuk dapur.

Bersisian dengan dapur terdapat kamar mandi berkonsep minimalis modern. Wastafel bertekstur bulat di dampingi oleh cermin persegi panjang, sungguh pemandangan yang serasi. Closet dan shower dengan pengatur air panas membuat kamar mandi terlihat lebih luas. Sedikit sentuhan keramik dinding motif didominasi warna coklat memberi kesan mewah. Sanitary pada kamar mandi persembahan dari TOTO. Sebuah brand sanitary berpengalaman dalam hal kualitas dan inovasi.

Melihat seluruh interior dan desain pada salah satu unit Skandinavia ini, saya menyimpulkan material yang digunakan sekelas premium. Sepengetahuan saya, memilih material dengan tema yang sudah ditentukan tidaklah mudah. Bongkar pasang di lapangan bisa saja terjadi. Belum lagi soal kualitas material itu sendiri. Adalah PT. Pancakarya Griyatama yang menjadi tangan dingin di balik proyek Skandinavia sebelumnya, yaitu Skandinavia Elter Ego dan Dream Came True.

Saya tergelitik pada dinding kamar mandi, terdapat keramik motif. Sampai kembali ke rumahpun saya masih memikirkannya. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk mendesain keramik tersebut dan bagaimana caranya. Ah, pokoknya waktu pertama kali masuk ke kamar mandi pandangan saya langsung tertuju pada keramik motif. Kesan saya sangat mewah dan otentik.

Matrial board

Apartemen Skandinavia menghadirkan beberapa tipe unit. Adapun tipe yang ditawarkan yaitu 2 BR Junior, 2 BR Corner dan tipe teranyar 3 BR Corner & One Bedroom Suite. Dua tipe teranyar inilah yang digadang-gadang menyerap Lagom secara sempurna. Kalau saya ditanya mana tipe favorit, jawaban saya semuanya. Mata saya langsung teduh melihat tiap unit apartemen ini. Gaya desain Skandanavia benar-benar melekat pada tiap sudut ruangan. Tampilan dengan garis yang rapi dan bersih, serta membuang elemen-elemen dekoratif yang tidak perlu. Di situlah letak keteduhannya.

Apakah keteduhannya menjalar sampai ke harga dan pembayarannya? Tentu saja! Dimulai dari harga Rp 850 juta hingga 1,3 milyar dengan cara pembiayaan beragam. Sebut saja salah satu contoh promo DP 0% dari Bank BNI dan beberapa alternatif pembiayaan lainnya. Memiliki apartemen saat ini juga bukan soal ditempati saja. Mayoritas dari mereka juga untuk investasi.

Skandinavia menawarkan kolaborasi dengan bergabung di Fika Rooms. Fika Rooms bisa dikatakan sebagai manajemen penyewaan. Pemilik menyerahkan apartemennya untuk disewakan layaknya bintang 4. Profit bisnisnya adalah 75% untuk pemilik dan 25% untuk pengelola. Jika harga sewa per bulan 5,5 juta maka diharapkan dalam kurun waktu 7 tahun, pemilik sudah mendapatkan modalnya kembali.

Skandinavia Apartments

Jl. Jend. Sudirman No.1 Babakan, Kota Tangerang.

Call 021-55767999

Bagaimana? Sangat tertarik bukan, untuk berinvestasi? Mari kita lanjutkan jelajah tiap unit apartemen Skandinavia ini.

Kamar tidur utama adalah tempat di mana segala penat dan lelah ditumpahkan. Kamar yang bersih, rapi dan wangi aroma terapi akan membuat tubuh cepat relaks. Jadi tidak salah jika penghuni menginvestasikan kasur empuk, bantal banyak dan empuk ditambah linen atau selimut nan lembut. Karpet bulu di sekitar tempat tidur akan menambah kesempurnaan kamar. Untuk lantai di kamar tidur menggunakan Indogress Vinyl.

Sentuhan palet warna hangat dan netral memiliki tujuan tersendiri. Bukankah begitu harapannya pada kamar tidur? Saya sendiri mengatakan kalau kamar tidur utama ini adalah batas privasi saya. Artinya saya bisa dengan leluasa melakukan hal-hal pribadi. Hal-hal yang bisa mendekatkan diri dengan Sang Maha Pencipta.

Olahraga dan berkumpul dengan sahabat

Kadang yang bikin males olahraga tuh karena harus keluar jauh dari rumah. Padahal untuk mencapai keseimbangan hidup, olahraga sangat penting bahkan dianjurkan. Masyarakat Skandinavia seringkali olahraga tanpa kenal cuaca. Nah, untuk menghalau rasa mager alias malas gerak dibuatlah fasilitas olahraga sedekat mungkin dengan hunian. Misalnya infinity pool di apartemen Skandinavia yang terletak di lantai 6a ini. Turun dari lift, jalan kaki sedikit dan bisa langsung nyebur ke kolam.

Landscape infinity pool bergaya Skandinavia menyihir setiap penghuni yang datang. Selain berenang, penghuni juga bisa sekedar santai, ngobrol, sambil menikmati hembusan angin sore menjadi saat paling nikmat. Kursi tidur di pinggir kolam dengan bantalan warna warni cerah terasa sedap dipandang. Jejeran pohon berjenis palem dan tanaman perdu membuat area sekitar kolam nampak alami. Apalagi akhir-akhir ini cuaca sangat panas, menyeburkan diri entah berenang atau tidak membuat badan terasa enteng.

Me standing by the pool

Jika ingin olahraga yang lebih menguras keringat lagi, Skandinavia menyediakan SkandiFit. Letak ruangan SkandiFit ini juga tidak jauh dengan kolam renang berada di ujung area kolam renang. Sedangkan buat anak-anak balita, ada kolam renang khusus balita. Para orang tua bisa ikut pula bermain dengan buah hati. Semakin banyak waktu berdekatan dengan anak maka timbul kebahagiaan sesungguhnya.

gymfit and childrenpool

Cara mengelola keseimbangan yang lain adalah berkumpul dengan sahabat. Jika berkumpulnya hanya dalam waktu singkat mungkin bisa dilakukan di cafe-cafe. Tapi jika berkumpulnya seharian pasti membutuhkan ruangan yang nyaman. Skandinavia memiliki fasilitas untuk itu dan diberi nama Nordic Room. Kursi berbingkai kayu dengan bantal motif abstrak menambah kualitas berkumpul. Elemen kayu dan hiasan hijau dihadirkan pula di ruangan ini. Ruangannya cukup luas bisa digunakan untuk acara keluarga dengan kapasitas puluhan orang.

Konsep Skandinavia yang diaplikasikan pada apartemen ini memang tidak tanggung-tanggung. Penghuni diberi kesempatan untuk saling berinteraksi dengan keluarga besarnya. Konsep yang belum pernah saya temui di apartemen manapun. Bukankah berkumpul dengan sahabat atau keluarga menambah kebahagiaan?

Nordic Room

Sesekali belanja ke mall dengan berjalan kaki

Belum puas berkeliling di area kolam renang, perut saya berbunyi. Tanda lapar menyerang. Lalu, saya kembali ke lift untuk segera turun ke lobby. Keluar dari lobby saya belok ke kanan. Saya baru sadar kalau jarak dari apartemen ke pusat belanja hanya berbilang langkah saja. Saya kembali menemukan jawaban buat pertanyaan kenapa males ke mall. Alasan paling klasik males cari-cari parkir. Meskipun bisa diatasi dengan taksi online, sebel kena macet. Dua rasa yang timbul itu lambat laun bisa membuat jiwa jadi sedih. Ko susah banget yak hidup, mau senang dikit aja ga bisa. Begitulah kira-kira ujaran yang akan muncul.

Ngomongin soal parkir saya jadi ingat kalau Skandinavia memiliki rasio parkir 1:1. Artinya satu parkir mobil untuk satu unit apartemen. Dengan begitu penghuni nggak usah takut nggak kebagian parkir, terlebih lagi jika pulang malam. Skandinavia menyediakan 1.065 unit parkir bagi penghuninya. Terkadang masalah parkir yang sepele bisa bikin stress jika tidak dikelola dengan baik.

TangCity Mall dapat dijangkau hanya dalam beberapa langkah saja. Semua kebutuhan dengan produk berkualitas tersedia di sini. Sedangkan tepat di depan pintu keluar lobby terdapat warung kopi terkenal. Persis di belakangnya lagi juga ada warung kopi QQ Kopitiam namanya. Oh ya, di TangCity Mall juga terdapat foodcourt dengan aneka makanan, baik siap saji maupun siap masak. Saran saya tetep harus jadi pertimbangan jika ingin makan di situ. Jangan biarkan keseimbangan yang sudah di depan mata menjadi sia-sia hanya gara-gara lapar mata. Bukankah kita sedang mengawali hidup seimbang?

Selain mall, terdapat juga Premium Office Park yang merupakan pusat perkantoran dan bisnis. Beberapa bank berkantor di sini, sebut saja ada Bank BCA, BRI, BNI dan lainnya. Tak ketinggalan, sebuah hotel bintang 4 yang sudah beroperasional dengan tingkat occupansi mencapai 99,3%. Hal ini membuktikan kalau kebutuhan hunian sangat tinggi di kawasan ini. Saya menyimpulkan bahwa apartemen ini berada di kawasan superblock dengan segala fasilitas dan kemudahan. Tentu saja tanpa meninggalkan konsep Lagomnya.

Surrounding Apartemen

Kunjungan saya dari satu fasilitas ke fasilitas lain, membuat saya terkesima. Apalagi setelah tahu, bahwa tiap unit di apartemen ini dilengkapi dengan Genius Home yaitu sejenis aplikasi modern yang digunakan untuk mengaktifkan perangkat rumah tangga dari smartphone. Hidup di era milenial memang penuh dengan kejutan dan penghematan.

Bayangkan, Genius Home ini memudahkan penghuni mendapatkan layanan online. Beragam layanan online dapat diakses hanya dengan sentuhan jari. Seperti e-shopping berupa layanan belanja online, e-billing layanan perbankan dan keuangan online, e-concierge layanan sekelas hotel bintang lima. Dilengkapi pula dengan kunci elektronik, interkom dan perlengkapan home theatre.

Jujur saja, sebagai orang yang pernah tinggal di Tangerang selama hampir 5 tahun saya sempet hopples. Tapi setelah saya datang langsung ke Skandinavia Lagom, saya nggak berhenti berdecak. Menurut saya, ini sebuah terobosan luar biasa. Tangerang tidak seperti dulu ketika saya tinggalkan. Tangerang sudah banyak berubah dan melakukan perubahan. Dari segi infrastruktur, dimulai dari pembangunan TOD ( Transit Oriented Development ) Batu Ceper hingga Kereta Api Bandara. Kehadiran Skandinavia Lagom, membuat Kota Tangerang lebih cantik dan seksi, laksana baru saja dimakeover.

Jadi jangan ragu dengan transportasi di Tangerang terutama dari dan ke Skandinavia Lagom. Mustahil banget kalau hari gini masih ada yang bingung soal transportasi. Mulai dari angkot, bus antar kota atau online semua melintas di Jl. Sudirman No.1 tempat di mana Skandinavia Lagom berada. Meskipun begitu tersedia juga transportasi publik masih di area Skandinavia.

Sampai di sini, ijinkan saya menghela napas dalam-dalam dan mengeluarkan bahasa milenial saya. Virus yang ditebarkan oleh Skandinavia Lagom membuat orang berhenti berpikir. Unit yang terbatas, lingkungan alami di kelilingi fasilitas sekelas hotel, itulah keseimbangan sejati. Ternyata bukan cinta saja yang sejati, keseimbanganpun ada sejatinya.

Skandinavia Lagom, not too little not too much just right

Simple dan konsisten

4
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
2 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
deddyhuang.cometybudiharjoriyardiarisman Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
riyardiarisman
Guest

Apartemen dengan style yg pas bgt ya buat menjernihkan pikiran! Tiap sudutnya menghadirnya banyak inspirasi banget….

deddyhuang.com
Guest

seru ya main ke apartemennya, aku juga pengen punya kamar yang cozy kayak ini.