Cara Ampuh Jadi Kaya By Safir Senduk

#LebihBaik

Siapa sih yang nggak pengen kaya, semua orang pasti pengen kaya tanpa kecuali saya. Dari banyaknya tulisan di internet yang membahas cara jadi kaya, satupun belum ada yang bisa saya praktekkan. Lah iyalah karena semua itu hanya menyudutkan tentang perilaku buruk dan tanpa ada solusinya. Nah, kali ini saya bukan baca tulisan lagi tapi digemblenng secara blak-blakan mengapa selama ini saya masih hidup kembang kempis.

Dalam acara gathering yang diadakan oleh Sun Life Financial Indonesia, seorang pakar keuangan bergaya komedi membeberkan kenapa kita sulit jadi kaya. Bahkan acara yang digelar di Café Elite Jakarta itu nampak riuh oleh kehadiran para blogger dari beragam komunitas.

sunlife15

Acara yang sarat dengan ilmu khususnya ilmu keuangan itu dibuka oleh Ibu Elin Waty selaku Direktur dan Chief Distribution Officer Sun Life Financial Indonesia. Pada kesempatan itu Ibu Elin memaparkan tentang berdirinya Sun Life Financial Indonesia. Awal pemaparannya Ibu Elin menerangkan bahwa Sun Life sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1995. Akan tetapi Sun Life sendiri sudah berdiri sejak tahun 1865 berkantor pusat di Toronto, Canada dengan kata lain Sun Life sudah ada sejak 150 tahun lalu. Jujur, saya agak terhenyak mendengarnya, dari situ saya jadi tahu betapa tuanya Sun Life ini. Ho…ho…ho…

sunlife18
Ibu Elin Waty sedang memaparkan SUN Life Financial

Menurut saya, apabila sebuah perusahaan sudah berdiri sejak lama maka sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Apalagi Sun Life Financial Indonesia ini merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan International terkemuka. Bukan hanya usia saja yang menjadi tolok ukur, komitmen Sun Life Financial Indonesia bagi nasabahnya juga patut diapresiasi yaitu ingin “Memberikan rasa aman dan tenang kepada nasabah untuk mencapai kesejahteraan dengan kemapanan secara financial”.

Di Indonesia sendiri Sun Life Financial Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan, hal ini dibuktikan dengan tingkat Risk Based Capital ( RBC ) per 31 Maret 2015 adalah 755% ( konvensional ), jauh di atas ketentuan minimal yang ditetapkan oleh Pemerintah yaitu sebesar 120 % ( konvensional ) dan 154 % ( syariah ).

sunlife20

Sun Life Financial Indonesia sendiri selama 20 tahun bermukim di Indonesia telah memiliki 89 Kantor Pemasaran Konvensional dan 40 Kantor Pemasaran Syariah di 56 kota di seluruh Indonesia. Ini menunjukkan bahwa Sun Life Financial Indonesia sebagai jasa pemberi layanan keuangan telah berhasil meraih kepercayaan masyarakat Indonesia. Adapun produk yang dikeluarkan oleh Sun Life Financial Indonesia adalah produk-produk proteksi, pengelolaan kekayaan, asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan dan perencanaan hari tua.

sunlife25

Wah…wah…saya baru ngeh kalau selama ini dugaan saya tentang Sun Life itu salah. Ternyata Sun Life tidak hanya berkutat pada asuransi belaka, tapi banyak produk-produk berkualitas yang dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini saya tertarik oleh produk kesehatan dan perencanaan hari tua. Mengapa ? Karena menurut saya, semua orang akan mengalami sakit dan pastinya semua orang akan menemui hari tua.

Setelah Ibu Elin selesai memberikan pemaparannya, beliau langsung memberikan waktu kepada Duo MC, yang salah satunya bernama Bang Satrio. Menurut MC Mbak Cantik kalau manggil Bang Satrio jangan dipenggal karena imej-nya jadi buruk. Selanjutnya Duo MC mempersilahkan kepada pembicara utama yang sudah hadir, siapa lagi kalau bukan Safir Senduk. Pakar keuangan ini langsung bergerak menuju panggung yang cukup lebar tersebut.

sunlife21
Duo MC Mbak Cantik dan Bang Satrio

Sebenarnya, ini bukan kali pertama saya mengikuti ulasan trik dan tips keuangan Bang Safir. Seinget saya sudah dua atau tiga kali, sayangnya saya sudah lupa. Seperti yang sudah-sudah Bang Safir selalu memberikan ilmunya dengan gaya stand up comedy, mungkin maksudnya agar para blogger tidak terlalu tegang. Bagaimana tidak, bicara soal keuangan memang bukan pembicaraan yang ringan. Nah, sekarang berikut hasil liputan saya tentang cara mengelola keuangan dengan bijak ala Safir Senduk.

SUNLIFE1


Pada awal sesi Bang Safir menanyakan siapa di antara ketiga profesi di atas yang paling kaya. Para blogger yang hadirpun menjawab sesuai dengan pengetahuan mereka. Sayangnya semua profesi di atas salah, jelas aja salah karena jawabannya nggak ada di slide tersebut. Orang yang paling kaya adalah orang yang Paling Banyak Investasinya. “Aha…! Bang Safir tertawa, lebih tepatnya lagi menyindir tapi tetap dengan gaya humornya.

sunlife24

Di tengah-tengah presentasinya Bang Safir yang pada saat itu mengenakan kemeja kotak-kotak merah mengeluarkan guyonan khas keuangannya, guyonan itu ditampilkan lewat slide di layar lebar, seperti slide berikut ini : 

sunlife12

Sontak para blogger yang merasa hidupnya seperti itu tak bisa menahan tawa, semua merasa itu benar adanya.

Belum lagi para blogger berhenti tertawa, Bang Safir kembali menyajikan slide berikutnya, seperti ini :

sunlife22

Pada slide ini para blogger langsung mengecek dompet masing-masing, lalu Bang Safir kembali dengan banyolannya,”Aha…! Saya sudah tahu semua isi dompet Anda, jadi tak usah dicek,”seloroh Bang Safir dengan logat Amboinanya. Dan beliaupun melanjutkan,”Percayalah komposisi isi dompet itu pada umumnya 10 % uang tunai, 40 % kartu ATM dan Kartu member lalu 50 % nya lagi struk dan bon”. Lagi dan lagi ruangan Café itu ramai oleh gelak tawa para blogger.

Bang Safir tidak mempedulikan keriuhan para blogger, dia kembali menjelaskan bahwa karakter seseorang dapat mempengaruhi keuangan. Dengan kata lain bahwa karakter akan menentukan bagaimana Anda mengatur keuangan, mengelola penghasilan, mengatur pengeluaran, memilih asset dan memilih investasi. Karakter sangat ditentukan oleh apa yang ada dalam kepala kita, yaitu otak. Sedangkan dalam otak ada dua bagian besar, yaitu Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing otak itu juga memiliki fungsi yang berbeda, misalnya : otak kiri berisi logika dan otak kanan berisi insting.

sunlife27

Contoh kasus sehari-hari misalnya, timbul rasa ingin membeli hape baru, otak kiri memberi sinyal beli yang murah dan sesuai kebutuhan tapi otak kanan memerintahkan untuk membeli yang mahal karena sedang ngetrend. “Aha…! Bro…kalau mau ngikutin teknologi mah nggak ada habisnya. Seringkali perkembangan tehnologi jauh lebih cepat daripada kenaikan gaji,”kelakar Bang Safir. Grrrrrrrrrrrrrr….karuan para blogger tertawa mendengarnya.

Pembicaraan terus berlanjut, tanpa mengesampingkan materi utama Bang Safir terus menerus mengeluarkan banyolannya. Akhirnya materi utamapun meluncur yaitu bagaimana mengelola cashflow. Cashflow adalah arus keluar masuk uang dari penghasilan yang kita dapatkan, dalam bahasan ini Bang Safir membaginya dalam 3 kategori.

1. Income per bulan selalu habis bahkan minus, termasuk dalam kategori MISKIN.
2. Income per bulan masih bisa disisihkan, termasuk dalam kategori MENENGAH.
3. Income per bulan dalam posisi seimbang, termasuk dalam kategori KAYA.

Nah, dari ke tiga kategori tersebut di atas Bang Safir mengeluarkan guyonannya kembali, karena beliau tahu betul bahwa kebanyakan dari blogger yang hadir pasti termasuk dalam kategori MISKIN. Ini terlihat dari raut wajah para blogger yang hadir, kebanyakan raut wajahnya seperti gambar paling kiri.

sunlife28

“Aha…! Tapi…tapi…jangan takutlah, semua masih bisa diatasi ko,”katanya menyemangati. Lalu, Bang Safir kembali mengajak blogger untuk mengetahui letak kesalahannya dan memperbaikinya. Untuk mencairkan suasana slide kembali ditampilkan, dan…Aha !

sunlife17

Bang Safir pun mulai mengeluarkan kiat mengatur pengeluaran, beberapa kiat yang beliau sarankan adalah :

1. Pertama-tama Anda harus bisa mengetahui sifat boros Anda, jika sudah diketahui berusahalah untuk menguranginya pelan-pelan.

sunlife10

2. Kedua, ”Kendalikan keinginan, hidup yang penuh godaan itu harus bisa dikendalikan,”ujarnya berapi-api. “Semua harus bisa menempatkan kebutuhan.” Menurut Bang Safir kebutuhan hidup itu terbagi dalam 3 poin, seperti gambar berikut ini :

sunlife2

Mayoritas masyarakat Indonesia masih sangat sulit mengendalikan keinginan yang bersifat duniawi. Amat sangat disayangkan kehidupan modern ini bukannya membawa perubahan ke arah yang lebih baik tapi justru sebaliknya, contohnya saja sebagai berikut

sunlife9

• Seorang Ibu lebih mementingkan beli pulsa untuk urusan medsosnya ketimbang membeli beras.
• Kebanyakan orang membeli mobil bukan dilihat dari kebutuhannya tapi lebih karena ingin dianggap mapan.

sunlife16
• Belanja discount atau tergiur oleh kata “SALE” di Mall-mall supaya terlihat keren, padahal hanya ditipu secara implisif saja.

sunlife47

sunlife4

Satu langkah besar yang harus dilakukan adalah mengendalikan keinginan, artinya dahulukan pengeluaran wajib seperti : membayar hutang dan investasi.

sunlife7

Lagi-lagi gambar berupa sindiran pun keluar, kali ini mengutip Hukum Newton atau yang dikenal dengan Hukum Gaya, seperti gambar di bawah ini. Gambar tersebut berbanding terbalik dengan realitanya, yaitu semakin banyak gaya maka semakin tinggi pula tekanannya.

sunlife13

Bahkan istilah tanggal tua atau muda itu muncul dari mereka yang mendapatkan penghasilan sebulan sekali. Sedangkan bagi mereka yang penghasilannya tidak tetap istilah itu tidak pernah ada. 

sunlife26

Oleh sebab itu berbahagialah mereka yang tidak terimbas oleh istilah tersebut. Dan perlu diketahui pula bahwa semua uang besar itu dimulai dari uang kecil, jadi hargailah seberapapun penghasilan Anda. 

sunlife31

Sampai pada akhirnya, masih dalam kesimpulan sementara bahwa Anda harus sadar bahwa mengeluarkan uang jauh lebih gampang daripada mendapatkannya.

sunlife8

Pembahasan masih belum tuntas, uraian di atas masih sebatas pemanasan saja, karena lebih banyak mengorek sisi gelap keuangan. Sedangkan bahasan agar Anda menjadi kaya masih belum terungkap, dan akhirnya Bang Safir kembali bertanya kembali pada blogger,”Investasi apa saja yang sudah Anda punya ?”tanyanya sembari lincah bergerak ke sana kemari. Dengan kompak para bloggerpun menggelengkan kepala, tanda bahwa mereka belum berinvestasi.

sunlife29

Kekompakkan ini mengundang tawa, Bang Safir melanjutkan dengan kata-kata kocaknya. Tak lama kemudian kekocakannya telah berganti dengan bahasan yang sangat dinanti-nantikan. “Sekarang saatnya kita menjadi kaya, “Aha…!”ucapnya semangat. Modal awal untuk bisa menjadi kaya sudah dipaparkan di atas, kini saatnya menjadi kaya sesungguhnya. Mau tahu kiat menjadi kaya ? Berikut ulasannya :

Miliki Investasi

Miliki Investasi sebanyak mungkin, adapun investasi itu bisa berupa : Emas, Deposito, Tabungan, Tanah, Rumah atau Bangunan, Saham yang merupakan salah satu produk Reksa Dana. Kesemuanya itu termasuk ke dalam Asset Management yang wajib dikelola agar bisa menghidupkan Anda.

sunlife30

sunlife36

Dalam kaitannya dengan investasi banyak orang berpikir bahwa kunci untuk bisa kaya itu adalah dengan memiliki gaji besar. Pola pikir tersebut salah besar, yang bisa membuat orang jadi kaya adalah Asset Produktif. Oleh karena itu Anda harus mengubah pola pikir tersebut, jangan lagi bekerja untuk uang atau mengejar gaji tinggi tapi bekerjalah untuk menumpuk asset. Jika demikian harapannya nanti bahwa asset itulah yang akan menghidupi Anda dan keluarga Anda kelak.

sunlife44


Lebih lanjut lagi Bang Safir mengatakan, saat ini investasi yang paling baik adalah Reksa Dana khususnya Saham.

sunlife37

Jika Anda memiliki saham itu seperti Anda memiliki bisnis. Saham merupakan surat tanda kepemilikan pada sebuah perusahaan. Namun untuk memiliki saham ada beberapa hal yang harus Anda ketahui juga, misalnya belilah saham yang perusahaannya banyak memberikan kontribusi pada masyarakat seperti perusahaan sabun atau shampoo. Karena barang-barang tersebut merupakan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari.

sunlife34

Apabila Anda sudah berencana memiliki investasi saham maka Bang Safir menyarankan agar mengambil keuntungan melalui deviden, artinya jangan mengambil untung lewat jual beli. Maksudnya di sini biarkan saham itu mengalami peningkatan, pantau secara berkala dan diskusikan pada orang terpercaya.

sunlife38

Dalam memilih investasi juga harus hati-hati, jangan memilih investasi yang tidak Anda pahami. Jangan sampai Anda terjebak oleh investasi “bodong” di mana alih-alih ingin mendapat untung malah rugi.

sunlife19

Slide di bawah ini memberikan gambaran tentang cirri-ciri investasi bodong.

sunlife14

Bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi, ada baiknya Anda melakukannya melalui Manager Investasi. Manager Investasi akan membantu mengelola investasi Anda, jadi Anda tidak perlu repot-repot mengatur dan memantau apa yang terjadi dengan investasi Anda.

sunlife33

Oleh karenanya Anda harus bisa memilih Manager Investasi yang mumpuni di bidangnya. Tak lupa Bang Safir juga memberikan tips dalam memilih investasi melalui Manager Investasi. Manager Investasi yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

– Telusuri prestasinya selama berdiri

sunlife40
– Bagaimana reputasinya

sunlife42
– Cari tahu kemana investasinya dijalankan

sunlife39

Salah satu investasi yang banyak dikelola oleh Manager Investasi adalah Asuransi. Bang Safir juga menyarankan agar investor memiliki Asuransi, alasannya seperti kalimat pada gambar berikut ini.

sunlife6

sunlife5

Manager Investasi yang handal, terpercaya dan recommended adalah Sun Life Financial Indonesia.

Berapa besar sih jumlah dana yang harus diinvestasikan ? Pertanyaan ini seringkali muncul dalam pikiran tiap orang. Melalui gathering keuangan ini, Bang Safir menganjurkan untuk menginvestasikan dana sekitar 10 – 30 % dari penghasilan. Misalnya saja penghasilan per bulannya 20 juta maka nilai investasinya minimal 10 % dari penghasilan yaitu sebesar 2 juta atau lebih, investasi ini harus dikeluarkan lebih dulu sebelum pengeluaran lainnya.

sunlife46

Kiat agar menjadi kaya tidak berhenti sampai di situ saja, masih dengan situasi gegap gempita Bang Safir terus melontarkan humor keuangannya. Dan dengan gaya kocak ditambah lagi kata “Aha…! Yang menjadi trademarknya, beliau kembali mengatakan,”Nggak ada investasi yang cocok untuk semua orang, yang ada adalah investasi yang paling banyak kelebihannya dibanding lainnya.”

Siapkan Dana Untuk Masa Depan

sunlife43

Masa depan bukanlah misteri jika Anda mempersiapkannya sejak dari sekarang. Salah satu cara mempersiapkan masa depan adalah dengan mempersiapkan dana untuk pos-pos pengeluaran besar. Nah, apa-apa saja pos-pos untuk dana masa depan, berikut ini adalah beberapa pos pengeluaran besar di masa depan :

• Menikah

sunlife48
Setiap manusia pastinya mempunyai impian untuk membangun rumah tangga bersama kekasihnya. Artinya manusia normal ingin menikah dan tentunya berkeluarga, demikian suara Bang Safir menjelaskan. Sampai di sini Bang Safir terdiam sejenak, kemudian dengan terbata-bata beliau melanjutkan ucapannya lagi. Tapi, kali ini suaranya sedikit serak, ah…ada apakah gerangan ? Ohhhhh….ternyata beliau sedang menerawang kembali masa lalunya, masa lalu yang getir karena beliau punya pengalaman gagal menikah alias ditinggal pujaan hatinya. Hikssss….

Menikah dalam tatanan Indonesia adalah menggabungkan dua keluarga besar, jadi dapat dibayangkan biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk membiayai pernikahannya. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan dana sejak awal, sekalipun saat ini Anda sedang ‘Jomblo’ toh nggak ada yang tahu kan kapan jodoh itu datang. Siapa tahu saja tiba-tiba ada bidadari dari syurga di hadapan mu, eaaaaaa…..

• Biaya Pendidikan

sunlife51
Biaya pendidikan yang terbilang mahal saat anak-anak Anda memasuki jenjang Pendidikan Tinggi atau Universitas. Apalagi jika anak Anda memilih jurusan yang menelan biaya mahal seperti Kedokteran dan Teknik.

sunlife50

Bang Safir mengingatkan, jangan sampai Anda merayu-rayu anak Anda untuk tidak memilih jurusan yang diinginkannya. Bukan salah si anak tapi Andalah yang salah mengapa tidak sejak dulu Anda mempersiapkan biaya Pendidikan. Jangan sampai kepandaian anak terkendala hanya gara-gara Anda tidak mempunyai dana pendidikan.

• Rumah Beserta Isinya

sunlife53
Setelah menikah tentunya Anda harus membawa pasangan Anda pindah ke tempat tinggal yang baru. Nggak mungkin kan Anda harus tinggal di PMI alias Pondok Mertua Indah ? Apa kata tetangga ? Pos terbesar kepemilikan rumah memang harus dipenuhi juga, bahkan tidak tanggung-tanggung harus beserta isinya. Lalu sampai di sini Bang Safir melempar pertanyaan, untuk pos rumah ini apakah harus beli kontan atau nyicil ? Mayoritas jawaban blogger adalah mencicil. Ya, Bang Safir juga membenarkan jawaban blogger agar memperoleh rumah dengan mencicil, hal ini disebabkan nilai cicilannya yang flat sedangkan nilai rumahnya terus meningkat.

• Menyiapkan Dana Pensiun

sunlife45
Memasuki usia 60 sampai 65 merupakan fase kehidupan manusia yang dapat dikatakan sudah diambang batas. Usia tersebut sudah tergolong usia non produktif, dengan kata lain usia yang sudah tidak lagi bisa menghasilkan uang. Akan tetapi sebaliknya usia saatnya buang uang, paling banyak biasanya untuk biaya berobat selebihnya mungkin jalan-jalan atau pergi haji bagi yang muslim. Maka dari itu, sejak usia muda sebaiknya sisihkan dana untuk memasuki usia pensiun. Jika bukan Anda yang menyiapkan maka kepada siapa Anda akan meminta ? Anak-anak sudah dipenuhi oleh urusan rumah tangganya sendiri. Jadi sebelum semuanya terlanjur siapkan dana pensiun Anda mulai sekarang agar Anda tenang dalam menjalani usia tua.

Atur Pengeluaran

sunlife11

Karena bahasan ini dibumbui oleh gaya humor khas Safir Senduk, sampai-sampai tidak terasa kalau acaranya mendekati akhir. Kiat terakhir yang diberikan oleh Bang Safir yaitu : Atur Pengeluaran. Dalam hal ini Anda harus lebih cermat dalam mengatur pengeluaran, bukan berarti Anda harus mengeluarkan uang sesedikit mungkin tapi berusaha agar pengeluaran Anda tidak melebihi yang seharusnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam mengatur pengeluaran, pada slide selanjutnya diterangkan dengan jelas pengeluaran apa saja yang harus didahulukan dan berapa besarannya.

sunlife3

Sebagai kata penutup Bang Safir masih melontarkan guyonannya, beliau berkata,”Penghasilan nggak tetap nggak jadi masalah, yang penting Anda bisa bayar pengeluaran tetap. Pesan terakhir dalam acara gathering ini, tutup mata setelah pulang dari sini karena banyak barang-barang di Pusat Perbelanjaan tempat acara ini berlangsung sangat menggiurkan terutama buat kaum hawa. Salam sukses, semoga Anda bisa cepat jadi Kaya…!

Leave a Reply

8 Comments on "Cara Ampuh Jadi Kaya By Safir Senduk"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Uniek Kaswarganti
Guest

Asyik ya cara penyampaiannya, mba. Iya, jadi kepikiran utk segera berinvestasi nih.

murtiyarini
Guest

Wow…komplit plit foto presentasinya. Tersindir sama isi dompet..ternyata dompetku banyakan struk belanjanya

Artikel Bunda
Guest

Dengan menghemat belanja, banyak pengeluaran yang bisa ditekan
Hemat pangkal kaya 🙂
Artikelnya bagus, Terima kasih

Hari JT
Guest

wah ini perencana keuangan favorit saya banget. Bca tulisan bu ety saya merasa hadir dlm seminar itu. ikut tertawa ngakak juga. :D)

wpDiscuz