Cara Top Up Tiket Kereta Api

Bagi mereka yang setiap harinya menggunakan jasa kereta api, sekarang semakin mudah dan menyenangkan. Salah satu pelayanan terbaru dari PT. Kereta Api Indonesia yaitu mudahnya Top Up atau membeli karcis. Pengalaman ini saya rasakan sendiri ketika saya dan dua orang teman hendak pergi ke Depok. Karena saya dan teman tinggal di wilayah Jakarta Selatan, jadilah kami janjian di Stasiun Kereta Api Kebayoran.

Waktu sampai di stasiun saya tidak lagi mendapatkan penjaga loket di mana biasanya penumpang membeli tiket. Lalu saya diarahkan oleh security kalau beli tiketnya langsung di mesin. Masih agak-agak bingung saya pun mengikuti petunjuk security tersebut. Sesampainya di mesin saya dibantu oleh petugas khusus pelayanan mesin Top Up. Bentuk mesin Top Up ini sepintas mirip mesin ATM. Nuansa merah mendominasi badan mesin ini. Karena saya pergi bukan pada jam sibuk, jadi nggak terlalu ngantri. Nah, begini nih cara Top Up Tiket nya :

Langkah pertama klik tulisan “Beli THB baru” jika sudah selesai, pilih jurusan yang dituju atau stasiun tempat kita akan turun.  Saya pilih stasiun Depok Baru, setelah itu muncul harga tiket yang harus dibayar untuk ke tujuan. Waktu itu saya dikenakan biaya Rp. 14.000 dengan perincian : Rp. 10.000 sebagai jaminan tiket dan Rp. 4.000 harga tiket.  Setelah selesai baru saya masukkan uang sebesar Rp. 15.000 berupa  pecahan 5.000 an sebanyak tiga lembar.

Karena harga tiketnya  Rp. 14.000 maka secara otomatis mesin Top Up mengeluarkan uang kembalian Rp. 1.000 berupa koin. Tak lama uang kembalian keluar, tiket fisikpun keluar. 

Wow…gampang banget ternyata yak, bukan cuma gampang tapi cepet juga. Karena saya pengguna baru jadi masih agak bingung. Untung saja penjaga mesinnya ramah dan bisa memandu dengan cepat.

Jurusan atau stasiun tujuan

Oh ya sebagai info tambahan uang kertas yang akan dimasukkan harus baru atau licin ya. Maksudnya supaya mesin Top Up bisa mengambilnya.

Selpih dengan bekgron kereta api

Sebagai pelanggan kereta api, saya merasa senang dengan kemajuan pelayanannya. Apalagi hari ini pas banget dengan Hari Pelanggan Nasional. Bukan cuma kereta api saja yang merayakan Harpelnas, PT. XL Axiata Tbk juga merayakan Harpelnas dengan memberikan apresiasi pada pelanggannya. Apresiasi diberikan pada pelanggan yang setia menggunakan dua brand sekaligus yaitu XL dan AXIS. Begitu pula dengan pelanggan pasca bayar XL Prioritas yang sampai sekarang sudah mencapai 582.000 pelanggan.

Tidak sampai di situ, pada hari ini jajaran manajemen XL Axiata mulai dari tinggkat pusat hingga daerah turun langsung melayani pelanggan.  Bahkan Direktur CEO XL Axiata, Dian Siswarini  juga ikut melayani pelanggan secara langsung. Lebih jauh lagi, Dian Siswarini mengatakan,”Hari pelanggan selalu kami manfaatkan untuk mempererat hubungan baik antara XL dan pelanggan. Karena kami percaya kalau pelanggan adalah asset yang utama.”

Untuk memanjakan pelanggan di hari pelanggan ini XL menggelar program apresiasi khusus berupa cashback senilai Rp. 50.000. Cashback bisa didapat dengan terlebih dahulu membeli paket Xtra Combo melalui Aplikasi MyXL. Penawaran lainnya yaitu ada hadiah XL tunai sebesar Rp. 100.000 dengan cara menceritakan pengalaman menarik selama menggunakan XL. Cerita paling menarik lah yang akan menang.

Para pemenang kuis Extravaganza

Masih di Harpelnas, XL juga memberikan hadiah istimewa kuis Extravaganza dan FantAXIS. Hadiah yang diberikan tidak tanggung-tanggung yaitu 100 sampai 500 gram emas, uang tunai 300 juta, 60 juta dan masih banyak lagi. Secara keselurahan jumlah  peserta yang mengikuti kuis ini sebanyak 12,7 juta orang. Dan, sampai saat ini kuis masih berlangsung untuk tahap ke tiga. Kuis ini akan berakhir pada tanggal 2 November 2017. Jadi bagi yang belum ikut masih ada kesempatan berikutnya. Untuk keterangan lebih lanjut silakan kunjungi situs https://www.xl.co.id/id/xtravaganza atau https://www.axisnet.id/promo/fantaxis. Semoga beruntung!

Save

Leave a Reply

5 Comments on "Cara Top Up Tiket Kereta Api"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
deddyhuang.com
Guest

wah aku belum bisa icip pengalaman naik kereta ini sih 😀

uli
Guest

mudah memang ya sekarang, tapi aku jarng naik kereta

Kang Alee
Guest

Baru tahu neh cara top upnya

wpDiscuz