• Kuliner

    Santap Siang Dengan Menu Mixed Grill di Terrazalounge Resto

    Banyak cara yang saya lakukan untuk menemukan kebahagiaan. Salah satunya menikmati kuliner dari satu resto ke resto lain. Sejak saya meluncurkan akun instagram @ngamar_bareng, saya jadi semakin sering hunting kuliner di hotel. Yup, karena memang akun tersebut saya buat khusus buat kuliner di resto-resto hotel saja. Seperti beberapa waktu lalu, melintas di akun instagram @ngamar_bareng salah satu hotel mengenalkan menu baru. Nggak usah pikir panjang, saya langsung telpon dan reserve. Besoknya saya meluncur ke resto tersebut karena penasaran dengan menu barunya itu. Sebagai pembuka saya memesan jus Nanas. Maklum waktu itu cuaca emang lagi panas jadi pengen minum yang seger-seger. Sambil menunggu pesanan datang, saya berkeliling di sekitar resto. Berhubung…

  • Kuliner

    Menu Soto Betawi di Buka Puasa Pertama

    Assalamualaikum… Waaahh…nggak terasa ya puasa sudah hampir seminggu. Terus kayak nggak berasa puasa, soalnya cuacanya adem beda banget sama waktu mau menjelang puasa. Bahkan prediksinya puasa tahun ini cuaca bakalan panas pooolll. Eh…taunya enggak. Alhamdulillaah… Buat saya puasa tahun ini sangat berat, bukan karena cuaca tapi lebih pada perasaan dan situasi. Yah, ini adalah pertama kalinya saya harus menjalani puasa tanpa Papieh, Bapak dan Adik. Semua sudah kembali pada Sang Pencipta. Bayangan, untuk makan bersama ketika berbuka atau makan sahur pupus sudah. Namun begitu, saya akan menjadikan situasi ini sebagai titik balik buat diri saya selanjutnya. Bahwa saya akan menjalani takdir dengan ikhlas. Ah, maaf ya teman-teman saya ko jadi…

  • Kuliner

    Surprise! 6 Varian Coklat Emas Pertama di Indonesia Persembahan The Harvest

    Bulan Ramadhan sudah di depan mata, bukan menghitung hari lagi tapi jam. Selebihnya semua umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa yang wajib hukumnya. Segala persiapan sudah dilakukan, baik lahir maupun bathin. Persiapan yang dilakukan tentu saja bukan tanpa maksud. Kami ingin ibadah puasa yang dijalani mendapat Ridho dari Allah Ta’ala dan menjadikan kami orang bertakwa. Setelah sebulan menjalani puasa, tibalah hari istimewa yaitu Iedul Fitri. Hari suka cita penuh maaf dan keceriaan. Suasana ceria ini diwarnai juga oleh acara saling menikmati hidangan. Biasanya akan ada menu ketupat, sayur santan dan lauk pauk. Tak ketinggalan pula aneka dessert, kue manis seperti nastar dan minuman segar. Kue-kue manis ini…

  • Kuliner

    MAXX Corner Mengusung Kopi Lokal Rasa International

    Hmm…siapa sih yang nggak suka kopi? Nggak usah survei-survei an deh, kalau nggak punya masalah di lambung pasti semua suka kopi. Saya sendiri suka kopi sejak menikah dan usia pernikahan saya sudah 10 tahun. Itu artinya saya sudah 10 tahun jadi penyuka kopi. Jujur aja, saya kepincut dengan kopi lantaran aromanya ketika pertama kali membuatkan untuk suami. Karena sering cicipin kopi suami, hanya untuk mencoba rasa kurang gula atau nggak. Akhirnya saya jadi ketagihan minum kopi sampai sekarang. Jaman terus berkembang dan berubah. Dulu, kopi diminum di sela-sela ada tamu atau ketika melepas penat sepulang kerja. Biasanya waktu sore atau malam hari. Sedangkan di jaman Milenial sekarang ini, kopi diminum…

  • Kuliner

    Nescafe Dolce Gusto Buat Mereka Yang Mencintai Kebebasan

    Dunia mobile memang nggak ada tidurnya, terus membelalakkan mata meski hari sudah gelap. Waktupun jadi terasa begitu cepat, tapi bukan berarti nggak ada yang dikerjakan. Itulah sebabnya banyak orang sekarang ini, terutama masyarakat urban hidup dengan jadwal atau skedul. Maksudnya tentu saja agar tidak ada kegiatan atau acara yang terlewat. Begitulah hidup dijaman milenial, semua serba cepat dan instan. Hanya satu saja yang tidak bisa instan, yaitu “kesuksesan”. Fenomena tersebut menggiring banyak perubahan dalam segala hal, salah satunya gaya hidup. Gaya hidup yang sangat kentara dan banyak ditemui adalah acara kumpul dengan rekan atau teman, biasa disebut hangout. Kebiasaan hangout ini seringkali dilakukan di luar rumah atau di luar kantor.…

  • Kuliner

    Cara Baru Menikmati Kopi Dengan Dolce Piccolo Manual

    Dewasa ini, rasanya sudah lumrah jika dalam sebuah acara disediakan coffeebreak. Coffeebreak disediakan sebelum acara dimulai. Minuman yang disajikan pada umumnya kopi dan teh, ditambah dengan snack. Saya sendiri, lebih sering memilih kopi untuk minuman dan dua potong cake.  Alasan memilih kopi, bisa sebagai booster agar nggak boring alias bosen saat mengikuti acara.  Entah kenapa kopi yang disediakan sangat berbeda dengan kopi di rumah. Saya suka mikir ko bisa sih menyajikan kopi seenak itu! Ternyata, rahasianya ada pada mesin kopi dan peracik sebutan kerennya barista. “Hmmm…jadi pengen deh punya mesin kopi di rumah,” gumamku dalam hati.  Mahal nggak ya?”  Lah…hari gini masih nggak bisa bikin kopi sekelas café? Nggak keren…

  • Kuliner

    Merdeka Dalam Bingkai Cita Rasa

    Memasak adalah rutinitas saya setiap hari. Rutinitas yang sudah saya lakukan selama berpuluh-puluh tahun ( 30 tahun ), bahkan jauh sebelum Tabloid Saji lahir. Rutinitas yang tidak menjemukan tapi sebaliknya mengasyikkan. Masih dalam rangka menyambut Kemerdekaan Negri tercinta Indonesia ke – 70 dan Hari jadi tabloid kesayangan saya SAJI ke – 12, saya mencoba merefleksikan cerita memasak. Dan pada bulan Agustus ini bertepatan juga dengan hari lahirnya suami tercinta, 21 Agustus. Ketiga moment special tersebut akan saya bingkai dalam versi memasak sekaligus menulis. Yup, memasak dan menulis adalah dua aktivitas yang sudah mendarah daging. Bagi saya, memasak adalah proses menuangkan kreatifitas yang bermuara pada puas atau tidak. Sedangkan menulis adalah…

  • Kuliner

    Kebab Turki Baba Rafi, Meluncurkan Baba Rafi Online Dot Com

    Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan makanan yang berasal dari Turki ini – dikenal dengan nama Kebab. Kebab adalah sejenis kuliner terbuat dari adonan tepung yang didadar tipis lalu diberi isi irisan daging, saos mayonaise, saos sambal dan sayuran lalu digulung sedemikian rupa. Di Indonesia sendiri, Kebab diperkenalkan dan dipelopori oleh pasangan suami istri Hendy Setiono dan Nilam Sari. Adapun brand yang diusungnya adalah Kebab Turki Baba Rafi. Usaha yang dirilis pada tahun 2005 di Surabaya ini terus mengalami kemajuan. Hingga pada tahun 2010 Si Empunya usaha memindahkan kantor pusatnya ke Jakarta. Tanggal 17 September 2015 kemarin, saya berkesempatan untuk meninjau secara langsung markasnya Kebab Turki Baba…

  • Kuliner

    Menikmati Sate Lilit Bersama Bung Karno di Signatures Restaurant

      Lima puluh tiga tahun yang lalu… Kedatangan kami sudah disambut oleh para pejabat Hotel Indonesia—sekarang Hotel Indonesia Kempinski. Jejeran Pasukan Pengawal Presiden juga sudah siap dengan tugasnya masing-masing. Turun dari mobil dinas Sang Presiden langsung mendapat penghormatan. Gagah, bersahaja dan ganteng itulah kesan pertama yang saya tangkap. Saya berjalan di belakang rombongan Presiden, beriringan dengan staff Istana Negara lainnya. Ya, ini adalah kali pertama saya mengikuti acara kepresidenan setelah beberapa bulan menjadi staff Istana Presiden. Siang ini Presiden Soekarno atau biasa dipanggil – Bung Karno hendak menjamu tamu Negara. Dan tempat special yang menjadi ajang jamuan tersebut adalah Signatures Restaurant tepatnya di Lobby Hotel Indonesia Kempinski. Sejak menginjakkan kaki…

  • Kuliner

    Filosofi Kembang Goyang

    “Bikin kue apa bu ?”tanyaku pada Ibu yang berada di dapur. “Ini, kue Kembang Goyang,”jawab Ibuku lembut. “Ko kue itu lagi, kue itu lagi, yang laen kek,”kataku jutek. “Kayak orang-orang dong. Kalau lebaran bikinnya Bolu, Black Forest, Nastar,”sungutku lagi. “Kembang Goyang kan kue kampung,”tegasku sambil meninggalkan Ibu yang tergugu. Ibu pun meneruskan menggoreng kue Kembang Goyangnya. Sore menjelang, beberapa jam lagi waktu berbuka tiba, karena Ibu sibuk dengan Kembang Goyangnya, maka saya yang menyiapkan makanan untuk berbuka. Setelah selesai berbuka, Ibu berkata padaku,”Mbak, ntar pulang taraweh tolong anterin kue Kembang Goyang pada Bu Slamet ya.” Dengan malas-malasan saya mengangguk. Sebenarnya saya nggak mau mengantarkan kue Kembang Goyang itu. Alasannya satu,…

  • Kuliner

    Tetangga Ko Gitu Sih ?

    Saya melihat Bimo tergolek lesu di sofa, sepulang dia dari sekolah. Tidak seperti biasanya, kali ini Bimo seperti memendam kesal atau mungkin juga marah. Baru kali ini saya melihat dia begitu kesal, padahal itu bukanlah sifatnya. Saya belum berani bertanya, karena percuma saja, paling jawabannya “nggak tau”. Saya hapal betul sifatnya Bimo, malas bicara, ditanya aja belum tentu mau menjawab apalagi tidak ditanya. Lalu saya menyuruhnya untuk berganti pakaian, cuci tangan dan makan. Setelah makan Bimo langsung menyalakan televisi, mencari acara kesukaannya dan duduk manis. Diam. Ini juga bukan kebiasaannya, karena sehabis pulang sekolah dan makan Bimo selalu membaca buku atau bermain dengan adiknya. Tingkah Bimo ini semakin membuat saya…

  • Kuliner

    Nasi Kuning “Heboh” Favorit Keluarga

    Hari ini Rafa memecahkan piring, tiga hari yang lalu memecahkan gelas, entah besok apa lagi yang dipecahkannya. Hobi memasaknya memang saya apresiasi tapi kalau dia sudah masuk dapur, pasti ada kehebohan yang dilakukannya. Seperti tadi pagi, karena ini libur panjang jadilah dia mulai masuk dapur sejak pukul 7 pagi. Dia mengambil teflon anti lengket untuk membuat telur dadar, tujuannya apalagi kalau bukan mau bikin sarapan. Saya sudah lama mengajarkannya cara membuat telur dadar, mulai dari memberi garam, lada bubuk dan irisan daun bawang. Setelah dikocok sebentar, telur digoreng dengan menggunakan sedikit mentega. Tunggu sampai kecoklatan, lalu angkat.