Downy Lawan Masalah Bau Lebih Dari Yang Anda Kira

“Wah…habis beli Downy ya Bu,”tanya mpok Nani sambil menerima bingkisan Downy dari saya.

“Bungkusnya bagus banget, beli di mana nih,”tanyanya lagi.

“Itu nggak beli tapi godiebag. Tadi Ibu habis ikut acara #JogetDowny di CFD,”jelasku.

Yup, dari sekian banyak pekerjaan ibu rumah tangga, cuma cuci setrika yang tidak saya kerjakan. Cuci dan setrika dikerjakan oleh mpok Nani—assisten rumah tangga yang sudah bekerja 10 tahun lebih. Sebelum menjadi assisten di rumah, profesi mpok Nani memang khusus cuci dan setrika saja. Dalam sehari mpok Nani bisa mengambil job dua sampai tiga rumah untuk cuci dan setrika. Mpok Nani bekerja dengan profesional, itulah sebabnya banyak orang yang menggunakan jasanya, termasuk saya. Makanya kali ini saya akan banyak cerita tentang mpok Nani, jasa cuci setrika terpercaya.

Pengalaman mpok Nani soal cuci setrika memang tidak diragukan lagi. Dia tahu deterjen yang baik untuk mencuci, begitu pula dengan pewangi pakaian. Terus terang dalam hal ini, saya kalah pengalaman dengan mpok Nani. Makanya saya menyerahkan urusan cuci setrika pada ahlinya, yaitu mpok Nani.

Menggunakan Downy sebagai pewangi pakaian juga atas saran mpok Nani. Saya ingat waktu itu saya masih menggunakan merk lain dan mpok Nani kekeuh untuk menggantinya dengan Downy. Saya bilang Downy mahal tapi menurut mpok Nani justru sebaliknya. Malahan mpok Nani menantang saya untuk menghitungnya. Waktu saya search di salah satu onlineshop, harga Downy botol ukuran 900 ml seharga Rp. 34.900 sedangkan merk lain dengan ukuran sama seharga Rp. 31.000. Pemakaian dalam waktu yang sama, jika memakai Downy cukup hanya 1 pouch saja. Sedangkan dengan merk lain bisa sampai 2 pouch, kira-kira begini itungannya :

Downy         1 pouch x 34.900 = 34.900

Merk lain     2 pouch x 31.000 = 62.000

Buat saya sebagai ibu rumah tangga selisih harga Rp. 27.100  sangat berarti banget. Setelah mendengar itung-itungan dari mpok Nani, saya pun setuju untuk memakai Downy. Ah, namanya juga ibu rumah tangga maunya irit, awet dan hemat.

Sumber gbr : web honestbee

Nggak cukup sampai di situ, berdasarkan pengalaman mpok Nani soal cuci setrika, Downy lebih unggul. Pakaian nggak berat waktu disetrika, jadi cepat licin. Dengan begitu bisa menghemat listrik. Keunggulan lainnya yaitu keharuman Downy lebih tahan lama ketimbang merk lain. Bahkan katanya nih baju yang habis dipakai seharian aja masih ada sisa wanginya. Pantesan aja saya pernah beberapa kali melihat mpok Nani mengendus-endus baju kotor. Padahal saya sudah melarangnya tapi tetap saja dilakukan. Ternyata mpok Nani ingin membuktikan kalau baju bekas pakai masih ada sisa wanginya.

Pernah suatu hari mpok Nani kembali membuktikan keunggulan Downy, yaitu dengan menggosok-gosokkan pakaian yang sudah disetrikanya. Sambil sedikit berteriak mpok Nani menunjukkan pada saya, lalu saya disuruh menciumnya. Wah, bener banget wanginya keluar lagi padahal habis disetrika loh. Kalau merk lain, pakaian yang habis disetrika paling cuma beberapa menit aja wanginya. Jadi boro-boro sampai lama, belum dipake aja wanginya dah hilang duluan.

Sebenarnya saya geli melihat cara mpok Nani meyakinkan saya bahwa Downy lebih unggul dari merk pewangi lainnya.  Padahal sejak awal saya sudah langsung percaya pada wangi Downy.  Kesimpulannya waktu saya memutuskan untuk pakai Downy bukan atas dasar mimpi apalagi khayalan tapi berdasarkan FAKTA. Saya rasa mpok Nani cukup berhasil menjadi bintang iklan karena bukan asal ngomong tapi BUKTI. Bukankah profesinya sebagai pemberi jasa cuci setrika cukup handal?

Catet yak!

Makanya waktu ada undangan dari Komunitas Emak Blogger dalam acara #JogetDowny saya langsung ikut. Mau tahu keseruan acaranya, ini dia liputan saya…

#JogetDowny Bukan Sekedar Joget Biasa

Minggu, 26 Maret 2017 lalu saya bersama emak blogger mengikuti acara #JogetDowny. Karena saya sudah rutin tiap minggu ke CFD jadi sudah nggak males lagi berangkat. Jam 6 pagi saya sudah sampai di FX Sudirman, kebetulan di FX sedang ada acara lomba lari. Setelah keliling sekalian jalan pagi, saya ketemu dengan emak-emak lain di kawasan CFD. Sebenarnya acara #JogetDowny ini menandai diluncurkannya formula terbaru Downy, yaitu Malodor Neutralization Technology.

Pic on location

Apa sih keunggulan dari formula tersebut?

Malador Neutralization Technology dapat menetralisir bau tak sedap yang menempel pada pakaian. Sedangkan Perfume Micro Capsules nya dapat menyebar dan menempel pada pakaian saat dicuci, sehingga pakaian tetap wangi ketika disetrika. Dengan begitu kita tidak perlu lagi menggunakan pewangi pakaian untuk menyetrika. Malador Removal dan Perfume Micro akan bekerja bersama secara harmonis menetralisir bau tak sedap. Artinya kedua formula ini bekerja secara efektif guna mempertahankan tingkat wanginya supaya tahan lama.

Bau tak sedap yang dapat dinetralisir oleh kedua formula ini juga tidak tanggung-tanggung. Ada 10 bau tak sedap yang dapat dinetralisir oleh formula terbaru Downy dan diganti dengan wangi tahan lama. Sebenarnya saya nggak pernah menghitung bau tak sedap yang menempel pada pakaian. Tapi, saya jadi ingat dengan kejadian sebelum saya pakai Downy. Suami, pernah bilang kalau baju yang saya pakai itu selalu bau apek. Bau apek ini disebabkan oleh proses penjemuran yang tidak kering karena udara lembab atau kurang cahaya matahari.  Biasanya bau apek pada pakaian sering terjadi saat musim hujan tiba.  Sebenarnya banyak sekali bau tak sedap yang menempel pada pakaian, antara lain :

  • Bau keringat dan bau badan yang timbul dari dalam tubuh

  • Bau amis seperti ikan, daging, ayam dan hewan laut lainnya

  • Bau asap seperti : asap rokok, asap knalpot kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah, asap panggang yang berasal dari bakar sate dan sejenisnya

  • Bau apek disebabkan oleh kurang sempurna saat menjemur pakaian

  • Bau tengik yang disebabkan oleh jamur

  • Bau obat-obatan

  • Bau pipis anak-anak

Berdasar pada arti katanya, bau adalah zat kimia yang tercampur di udara dengan konsentrasi sangat rendah, dan diterima oleh manusia melalui panca indera penciuman. Bau dapat berupa bau enak dan bau tak enak. Karena zat kimia yang terdapat pada bau sangat rendah atau sangat kecil, jadi bau dengan cepat bisa menempel pada benda di sekitarnya. Misalnya bahan pada pakaian, kayu, kulit manusia dan sebagainya. Oleh sebab itu diperlukan formula khusus yang bisa menetralisir bau tak sedap, dan Downy telah menemukannya.

Pic by Tempo.com

Bau yang menempel pada pakaian juga tidak mengenal batasan usia dan aktivitas. Mulai dari anak-anak sampai dewasa, dengan aktivitas ataupun tidak, bau tetap bisa menempel terutama pada pakaian. Mengapa? Karena pakaian merupakan pelindung badan yang pertama melekat pada tubuh. Saya pribadi menganggap bau tak sedap pada baju bukan lagi soal hilangnya percaya diri atau malu tapi lebih dari itu. Faktor kesehatan menjadi hal utama ketika saya harus memutuskan menggunakan pewangi Downy.  Jadi pake baju tuh bukan cuma wangi tapi juga harus sehat! Dan downy memenuhi kedua kriteria itu, wangi dan sehat.

Kejadian seperti yang saya alami di atas yaitu baju bau apek sering terjadi pada siapapun disaat musim hujan. Pada waktu itu saya sempet bingung juga bagaimana cara mengatasinya. Untung aja ada mpok Nani yang menyarankan untuk pakai Downy sebagai pewangi pakaian.  Di sini saya jadi sempet mikir, begitu perhatiannya Downy pada  pelanggan. Jangankan 10 bau, satu bau aja saya nggak pernah memikirkan. Downy telah membuktikan dengan terus melakukan  inovasi produk untuk menciptakan kelebihan-kelebihan.

Oh ya, kembali ke #JogetDowny sendiri bukan sekedar jooget biasa. Ada gambaran yang  menceritakan soal bau tak sedap dalam setiap gerakannya. Seperti misalnya gerakan mengibaskan telapak tangan pada pundak. Tapi setelah dicuci dengan menggunakan Downy, hilanglah bau tak sedap itu. Dan orang yang memakai baju dengan wangi Downy pun nampak gembira. Gembira karena Downy telah mengusir bau tak sedap tadi. Gambaran rasa gembira itu ditandai dengan gerakan memukul kaki dan pundak sambil berteriak “Downy Boom Boom Pow”.

Sebelum acara #JogetDowny dimulai, para peserta yang berasal dari orang-orang di sekitar CFD diajak untuk senam Zumba lebih dulu. Ada  lima orang instrukstur senam yang semuanya sangat piawai. Saya sendiri nggak tahan untuk nggak ikut senam, meskipun cuma satu sesion tapi cukup  menguras keringat.  Pas #JogetDowny dimulai, rasa lelah berganti menjadi riang gembira. Ini dikarenakan musik dan gerakan #JogetDowny  mengandung cerita sehari-hari.

Peserta #JogetDowny ( foto dok. Zata )

Sedianya #JogetDowny ini juga akan digelar di beberapa kota di  Indonesia, seperti Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung dan Jabodetabek. Dalam setiap roadshow, Downy mengajak para pegunjung untuk mengikuti lomba #JogetDowny. Sayangnya sampai postingan ini diturunkan, lombanya sudah berakhir. Roadshow yang dilakukan di pasar tradisional  bukan tanpa sebab. Seperti kita ketahui, pasar tradisional telah menjadi sarang bau tak sedap. Kehadiran Downy di pasar menandakan bahwa segala macam bau tak sedap yang ada di pasar bisa dinetralisir dengan Downy.

Bahkan berdasar pada  pengalaman pribadi, pasar tradisional itu punya lebih dari 10 macam bau. Mulai dari bau amis, bau keringat, bau ikan asin dan masih banyak lagi. Saya menyambut positif dengan adanya Roadshow Downy dari pasar ke pasar ini. Secara tidak langsung Downy mengajak masyarakat terutama Ibu-ibu seperti saya untuk belanja di pasar tradisional. Sedih memang saat ini banyak orang yang enggan pergi ke pasar tradisional dengan alasan bau. Tapi kini, jangan takut lagi pergi ke pasar tradisional. Karena urusan bau tak sedap yang ada di pasar akan dilawan oleh Downy. Sedangkan kita para ibu bisa belanja dengan asyik dan senang.

Downy sendiri memiliki berbagai macam varian dengan ukuran dan kemasan berbeda. Pada acara kemarin Downy hanya mengeluarkan tiga varian dengan ukuran dan kemasan yang sama, berikut variannya :

Downy Sunrise Fresh, pengharum pakaian terbaru yang memberikan wangi segar bunga-bungaan di pagi hari, woody dan semerbak bunga Rose.

Banyak orang yang suka dengan aroma bunga mawar, lantaran aromanya bisa menenangkan saraf dan baik untuk mengurangi tekanan emosi. Selain itu aroma bunga mawar dapat juga untuk mengendalikan mood buruk. Tahu akan manfaat dari aroma bunga mawar yang bisa berdampak positif, Downy memakainya sebagai formula. Kesegaran seperti di pagi hari akan terus terpancar dengan memakai Downy. Downy Sunrise Fresh memang didominasi oleh aroma bunga mawar. Selain bermanfaat pada kepekaan tubuh, Downy Sunrise Fresh juga meninggalkan sifat lembut pada pakaian.

Downy Garden Bloom, pengharum pakaian terbaru yang memberikan kesegaran dan wangi romantis bunga-bungaan, buah-buahan dan powder.

Aroma yang terdapat pada Downy Garden Bloom merupakan perpaduan antara aroma bunga-bungaan dan buah-buahan. DItambah lagi dengan aroma powder sehingga menimbulkan efek wangi yang luar biasa. Perpaduan kedua aroma ini menawarkan kehidupan romantis sepanjang hari. Waktu mpok Nani pake Downy ini komentarnya,”dijamin deh Bu, kek pengantin baru lagi.” Penasaran? Coba doooong…

Downy Banlaw ( Sekali Bilas ), pengharum pakaian terbaru yang memberikan wangi segar bunga-bungaan di pagi hari, woody dan aroma Rose. Cukup sekali bilas dapat menghilangkan seluruh busa yang menempel, lebih hemat waktu dan tenaga.

Nah, kalau varian yang ini sih favorite mpok Nani banget. Kenapa? Karena Downy Banlaw alias sekali bilas ini bisa bikin irit. Irit waktu dan irit air, maklum di rumah saya pake PAM jadi kalau nyuci baju harus benar-benar diperhatikan pemakaian airnya. Beruntung banget saya pakai Downy jadi bisa mengurangi tagihan Air PAM. Setiap kali saya mau belanja bulanan, mpok Nani pasti pesan Downy Banlaw.

Dari ketiga varian tersebut, favorite saya Downy Sunrise Fresh warna biru muda. Aromanya lembut dan kuat, buktinya setiap kali mpok Nani sedang nyetrika baju, wanginya menyebar ke seluruh ruangan.

Hari semakin siang, sebelum acara berakhir kami para emak dijamu untuk sarapan dulu. Maklum, karena harus berangkat pagi-pagi kami tidak sempet sarapan di rumah. Setelah selesai sarapan, saya bergegas ingin menjemput keluarga yang masih olah raga di sekitar GBK. Meskipun tadi keringat mengucur deras, saya sudah nggak takut lagi karena Downy selalu siap siaga melawan bau baju yang saya pakai.

Oh ya, dalam acara kemarin saya juga sempet ngeshare  #JogetDowny ke media sosial. Karena saya lebih suka main Instagram, jadi saya share aja  di Instagram. Acara ini tentu saja ingin menyebarkan info up to date kalau Downy memiliki formula baru untuk melawan 10 bau tak sedap.

Leave a Reply

16 Comments on "Downy Lawan Masalah Bau Lebih Dari Yang Anda Kira"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Helena
Guest

Wah gitu ya justru lebih hemat pakai Downy. Wanginya tahan lama pula

adriana dian
Guest

Instruktur zumbanya pada lincah-lincah banget ya maaaak.. Seru liatnyaaa. Hihihiii

Edwina
Guest

Seru banget pagi-pagi udah zumba bareng Downy. Ga khawatir baju bau keringat karena direndam pakai Downy.

Oline
Guest

Seruu banget acaranya.
Kalau tiap minggu ikutan joget2 kayak gini dijamin makin seger ya badan kita.

fitzata
Guest

Seru banget ya acara joget Downy minggu lalu.. Senang jg pulangnya langsung bisa nyobain Downy varian terbaru..

Leyla
Guest

Aku suka banget wani Downy ini, ampuh melenyapkan segala macam bau.

Evi Fadliah
Guest

Mpok Nani keren tau pewangi Downy hasilnya memuaskan..

Liswanti
Guest

Downy kesukaanku neh, bikin baju wangi terus.

wpDiscuz