Acara

Indonesia Expo Properti 2019 Siap Wujudkan Hunian Impian Anda

Sebelum menikah, saya dan calon suami sepakat untuk mempunyai rumah sendiri. Dengan kata lain, setelah menikah kami mau langsung pindah ke rumah sendiri. Jadi tidak tinggal di rumah orang tua saya atau pun di rumah orang tua calon suami. Kami ingin mandiri, mempelajari dan memahami sifat karakter kami masing-masing. Sayangnya, karena kami sibuk dengan urusan pernikahan jadilah masalah rumah kami tertunda. Setelah menikah kami masih belum punya rumah, kami putuskan untuk mengontrak.

Bener kata orang, mencari rumah itu seperti mencari jodoh. Gampang-gampang susah. Awalnya, kami ingin membeli rumah second, di lokasi yang sudah disetujui bersama. Hampir tiga bulan kami keliling cari rumah dan belum dapet juga. Lalu, Bapak saya menyarankan untuk membangun sendiri aja. Toh saya punya tanah, sedangkan biaya bangun rumahnya dengan menggunakan uang yang tadinya akan dipakai buat beli rumah. Saran itupun kami terima, dalam waktu 8 bulan rumah sudah siap dihuni. Sungguh kebahagiaan yang luar biasa.

Home sweet home

Setelah resmi menempati rumah hasil kolaborasi antara saya dan suami, saya mulai memikirkan penataannya. Melihat rumah yang baru saja selesai dibangun, saya sudah nggak sabar buat menata. Semua keinginan muncul dan menari-nari di atas kepala. Mulai dari dapur, ruang keluarga, kamar utama, kamar anak, kamar mandi, ruang kerja sampai taman.

Saya sendiri bingung mau mana duluan yang perlu ditata. Sayangnya disaat saya berada di puncak kebahagiaan, suami jatuh sakit. Kondisi suami mengharuskan saya lebih ekstra lagi mengurusnya.

Semakin lama kondisi suami bukan semakin membaik, bahkan sebaliknya. Semua impian saya untuk menciptakan rumah yang diinginkan pupus sudah. Sampai sekarang saya tidak pernah menata rumah dan membiarkannya tetap kosong. Waktu, tenaga, pikiran dan materi semua tercurah buat suami tercinta. Hingga akhirnya Allah berkehendak lain.

Waktu berjalan tanpa henti, kini sampailah saya di sini, dalam rangka menghadiri talkshow dengan tema “Serba serbi Menata Rumah”. Meskipun saya belum tahu kapan saya akan menata rumah kembali. Tapi paling tidak saya sudah mengetahui kisi-kisinya dulu. Talkshow ini diadakan dalam rangkaian acara Indonesia Properti Expo.

Acara yang sudah kedua kalinya digelar selama tahun 2019 ini cukup banyak peminat. Hal itu pertanda kalau kebutuhan akan hunian, sepanjang waktu selalu ada. Acara berlangsung mulai tanggal 27 Juli – 4 Agustus 2019 di Hall A dan B, Jakarta Convention Centre. IPEX 2019 merupakan hasil kerjasama antara PT. Adhouse Clarion Events, DPD REI DKI Jakarta, dan PT. BankTabungan Negara (BTN) PerseroTbk.

Berdasar data dari Badan Kebijakan Fiskal ( BKF ), bahwa sektor konstruksi dan real estate diperkirakan masih tumbuh stabil. Hal ini karena didukung juga dengan penyediaan infrastruktur dan program-program perumahan rakyat. Begitu pula dengan kebijakan LTV dari Bank Indonesia yang mengeluarkan bunga KPR masih dalam presentase bersahabat.

Selain itu, pola pikir masyarakat jaman milenial kini juga sudah berubah. Memiliki hunian bukan lagi hanya sekedar untuk tempat tinggal, tapi investasi. Jadi jangan heran jika saat ini satu orang bisa memiliki beberapa hunian. Ditambah lagi dengan keragaman properti, seperti apartemen, ruko dan lainnya. Cara memilikinya juga mudah ko.

Sebelum saya ke panggung utama tempat acara talkshow berlangsung saya sempet berkeliling stand dulu. Seperti biasa, jika datang ke acara IPEX kita pasti akan ditawarkan beragam hunian. Beberapa marketing dengan sigap dan semangat mengajak saya mampir ke stand mereka. Karena waktu yang terbatas, saya menolaknya dengan senyum. Tanpa memaksa, marketing memberikan saya brosur penawaran. Nah, inilah oleh-oleh kalau berkunjung ke Indonesia Properti Expo.

Saya terus melangkah sambil tengok kanan kiri, tanpa diduga serbuan marketing terus memburu. Saya menyerah dan langsung dibawa oleh salah seorang marketing ke standnya. Sampai di stand salah satu pengembang saya sempet tertarik dengan promo yang diberikan yaitu flash booking. Penasaran dong saya, akhirnya keluar juga pertanyaan apa itu flash booking. Mbak Marketing cantik menjelaskan dengan gamblang, flash booking artinya booking fee setengah harga. Misalnya nih booking fee nya 1 juta maka bayarnya 500 ribu ajah!

Hmmm…menggiurkan banget kan? Eits…tapi jangan buru-buru booking dulu. Jangan mentang-mentang dapet booking fee murah langsung bayar. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk mendapatkan rumah murah dan berkualitas di IPEX, yaitu :

Cek lokasinya dan akses transportasi. Ini penting banget loh, emangnya kamu mau di rumah terus nggak pergi kemana-mana. Nggak mungkin kaaaaan? Transportasi itu harus ada di lingkungan rumah yang bakalan ditempati. Apalagi kalau masih kerja di kantor yang setiap hari keluar rumah.

Dapatkan cara pembiayaan yang mudah dan banyak diskon. Kamu bisa mendapatkan info lengkap tentang pembiayaan di Indonesia Properti Expo, mulai dari DP 0%, booking fee dengan harga terjagkau, free biaya AJB, pajak dan promo-promo lainnya.

Cari penawaran dengan bunga rendah sehingga cicilan KPR yang diambil bisa lebih ringan.

Suasana pengunjung di IPEX

Si marketing dengan semangat gigih terus meyakinkan saya untuk membeli. Tapi saya menolak dengan cara halus, dibumbui sedikit janji kalau nanti saya balik kesitu lagi. Saya buka henpon dan melihat jam yang tertera pada layar. Pukul 16.00 pertanda kalau talkshow akan segera dimulai. Lalu, saya bergegas ke tempat talkshow digelar.

IPEX 2019 kali ini menghadirkan dua pembicara. Mba Adelya Vivin dan Mba Zata Ligouw akan memberikan kisi-kisi seputar rumah dan ruang kerja. Pembicara pertama adalah Mba Adelya Vivin, saya sudah dua kali ketemu dengan Mba Adelya. Waktu bulan Februari lalu, Mba Adelya juga mengisi talkshow di IPEX. Sebagai moderator acara dipandu oleh Teh Ani Berta, selaku founder komunitas Indonesia Sosial Preuneur ( ISB )

Menurut Mba Adelya jangan berkecil hati jika memiliki rumah mungil, maksudnya dari segi ukuran. Asalkan bisa mengaturnya agar kelihatan jadi luas. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan jika rumahnya mungil. Rumah mungil biasanya ruangan juga terbatas. Jadi usahakan meminimalkan barang-barang yang tidak perlu. Dan, untuk perkakas yang sering dipakai seperti kain pel, perlengkapan taman dan cuci mobil buatkan ruang kecil tertutup.

@adelyavk

Selain itu, Mba Adelya juga akan memberikan tips rumah mungil agar nampak terang. Usahakan setiap ruangan memiliki cahaya yang cukup. Pencahayaan bisa didapat dari sinar matahari, cahaya buatan seperti lampu dan warna cat yang soft. Jika bujet mencukupi bisa dengan skylight atau big windows.

Ngomongin soal rumah terang, pikiran saya langsung terbang ke rumah. Rumah yang saya bangun cukup luas, yaitu 110 meter. Tapi seperti yang sudah saya ceritakan di atas semua jadi serba gelap karena belum ditata. Misalnya saja ruang tamu, saya ingin sekali punya ruang tamu yang bersih. Impian untuk ruang tamu, saya ingin memadukan dua warna. Putih coklat atau putih abu-abu, warna putih pasti saya gunakan cat tembok. Sedangkan warna coklat atau abu-abu saya pilih buat warna gorden atau sofa.

Sayangnya, ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan. Sepeninggal suami, saya jadi tambah malas untuk menata rumah. Semua saya biarin jadi berantakan. Bahkan sofa di ruang tamu lebih banyak digunakan untuk naro tas sekolah dan buku pelajaran ketimbang buat duduk. Semua tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Selanjutnya, Mba Zata—panggilan perempuan berkulit bersih dan ramah ini akan membeberkan ruang kerja. Saya sudah nggak asing lagi dengan Mba Zata. Blogger profesional ini selalu koncern dengan apa yang dilakukannya. Terbukti dari aktivitasnya sebagai blogger dia seringkali memenangkan lomba. Pada kesempatan ini Mba Zata akan memberikan tips menata ruang kerja. Sepengetahuan saya, ini pertama kalinya Mba Zata mengisi talkshow di IPEX 2019. Maaf ya mbaa…kalau salah.

@zataligouw
Foto by @hiquds

Menurut Mba Zata ruang kerja yang kece itu nggak perlu ruangan luas atau khusus. Asal ruangan itu bisa memberikan kenyamanan dan kerja maksimal sudah cukup. Sedangkan Mba Zata sendiri lebih suka ruangan kerja yang colour full. Katanya bisa menambah semangat dan kreativitas. Berbeda dengan saya, impian ingin memiliki ruang kerja bernuansa putih sudah sangat lama. Padahal saya punya ruang yang cukup luas dan mudah saja jika mau dibuat. Saya juga bukannya nggak punya ide, hanya saja selalu bingung mulai dari mana.

Ilmu dan pengalaman yang diberikan Mba Zata membuat ide saya kembali mengalir. Selama ini ruang kerja saya berada di dalam kamar tidur. Maksudnya jika suami membutuhkan saya, bisa langsung cepat. Bekerja sambil mengurus suami memang bukan pekerjaan ringan. Tapi saya senang melakukannya, bahkan kadang kejadian hari itu langsung bisa saya tulis. Sepertinya saat ini waktu yang tepat untuk memulai mewujudkan impian saya. Impian tentang sebuah hunian yang “gue bingits” kalau kata anak milenial. Ah, semoga saya bisa mewujudkan semua impian tentang sebuah rumah.

antara ekspektasi dan realita

Oh ya, karena talkshow ini diadakan dalam rangkaian IPEX maka siapapun boleh hadir. Begitu pula di pameran, semuanya gratis boleh diikuti oleh pengunjung. Pameran ini menghadirkan 650 lebih proyek properti dengan ratusan developer. Kamu juga bisa kepoin dulu instagramnya IPEX2019 lho, buat cari tau keseruannya.

Bicara soal properti atau hunian pasti tidak terlepas dari persoalan pembiayaan. Seperti pameran sebelum-sebelumnya, Bank Tabungan Negara—Bank BTN hadir memberikan solusi. Bank BTN menawarkan beragam cara pembayaran, seperti bunga rendah 6,99%, DP mulai dari 1% dan jangka waktu cicilan hingga 30 tahun.

Stand BTN di IPEX 2019
Foto by @hello.fika

Sayangnya, karena selesai talkshow sudah keburu sore saya nggak sempet mampir ke stand Bank BTN. Padahal niatnya sih emang mau tanya-tanya soal KPR nya. Yaudah kalau gitu saya akan tunggu Indonesia Properti Expo berikutnya. Nah, buat kamu yang kemaren belum sempet dateng jangan lupa ya bakalan akan digelar lagi ko. SUpaya nggak ketinggalan info dan acara menarik makanya mulai dari sekarang kepoin deh instagamnya IPEX. Okeeee….selamat menata rumah yaaa…

Simple dan konsisten

38
Leave a Reply

avatar
19 Comment threads
19 Thread replies
2 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
20 Comment authors
noormaBowo SusiloUmpan Ikan Patin Kilo GebruslendyagasshiPeri Hardiansyah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Resi
Guest

Telat aku baca and tahu infonya nich. Belum rejeki berati

NurulRahma
Guest

Beuughh, kalo ada Indonesia Expo Properti, wajib banget buat mampir ya Mak!
Soale, properti juga jadi salah satu instrumen investasi yg cihuy bangeeet

Mildaini
Guest

Wah, penting banget ini emaang buat diskusi ama pasangan agar sama2 bisa saling memiliki dan saling support apalagi soal dana, iya kan

Sari
Guest

Kalau penataan rumah dan ruang kerja untuk blogger, duuuh PR banget, kok gak beres-beres apalagi punya banyak tumpukan baju

Aji
Guest

Bener banget, kudu pinter pinter manfaatin ruang yang terbatas supaya bisa terlihat rapi dan nyaman digunakan sehari hari. Apalagi tempat kerja

Farida Pane
Guest

Asyik banget nih dapat tips banyak soal menata rumah. Ekspektasinya bisa diraih dengan nambah cahaya ruang dan menata printilan aja kayaknya.

April
Guest

Suami istri bisa joinan beli rumah sendiri utk keluarga kecilnya itu sungguh membahagiakan ya mbak 😀
Wah tips dari Mbak Adelya menarik juga nih buat dipraktikin, rumahku juga mungil aja, moga bisa ditata dengan lbh baik spy keliatan lapang 😀

Suzannita
Guest

Aku jadi pengen lihat langsung nih pameran property ini, jadi bisa dapat informasi banyak dan pilih rumah impian ya

Faradillah
Guest

Kemaren aku dtg ke IPEX niat pgn beli rumah tapi pas liat harganya banyak yang mehong daerah jakarta

zefy
Guest

Wah…ratusan developer ya, kalau gini kita tingga pilih mau yang mana dan sesuaikn dengan budget. Asal jangan kalap aja nih

Nyi Penengah
Guest

Keren banget ya ini mba acaraanya semoga nggak hanya di pusat kota ehhehe ak pengen ikutan. Kapan gitu diadain di daerah mau nimba ilmu juga hehehe

Didik
Guest

Asyik sekali punya informasi bagaimana bisa mengatur rumah mungil tapi tetap bisa terkesan mewah dan kelihatan besar. Keren sekali nih acara properti dari BTN. Selalu ada informasi rumah murah di sana.

Eni Martini
Guest

Bacanya berasa ada di saba hehehe. Sama ih, itu ruang tamuku banyak tetek bengek wkwk, tas anak sekolah berhamburan, meja kwrja awul awulan, seneng ya klo bisa datang ke acara inspiratif gini

Dinilint
Guest

Halo Mak Ety, salam kenal.
Asik ya mak, sudah punya rumah sendiri. Tinggal pinter2 mengaturnya nih. Semangat untuk mengatur rumahnya mak, kalo lebih rapi, pasti lebih nyaman juga.

Peri Hardiansyah
Guest

Property EXPO merupakan event yang sangat pas untuk mendongkrak penjualan-penjualan rumah bagi tiap developer, kalo di konsumen sih kita senang-senang aja karena adatempat ang menyajikan informasi dan pilihan produk yang variatif kan.

lendyagasshi
Guest

Kerennya pas sharing session..
Ada kak Zata.

Happy banget kak Ety, bisa sesuai impian.
Abis nikah, menempati rumah sendiri tanpa orangtua.
Dan gak boleh ketinggalan IPEX kalau mau informasi lebih banyak mengenai properti.

Umpan Ikan Patin Kilo Gebrus
Guest

Thanks for sharing, sukses terus,.

Bowo Susilo
Guest

Pengen banget nih mb ety bisa miliki hunian yang nyaman. masih nabung nih, gak tau kapan bisa beli hehehe
yang penting pengen dulu, dan usaha hehe

noorma
Guest

sejujurnya,,, ngomongin property gitu emang asli pengenya ternak yang banyak ya mbak. aku punya mantan yang menjadi sukses di bidang usaha peo=perty