Acara

Jurusan Pariwisata UNAS Menggelar Miniworkshop Hotel Reviewer Bersama Kepin Helmy

Setelah menghadiri beberapa acara bertagline Hari Ibu, rasanya perlu juga ada konten yang berbeda. Beruntung waktu stalking di igek storinya @kepinhelmy, doi mau isi acara miniworkshop. Nggak usah nunggu waktu lama saya langsung menghubungi nomor yang tertera di flyer. Sayangnya acara yang akan digelar pada tanggal 27 Desember 2019 itu tidak dibuka untuk umum. Lalu, dengan niat buat mengisi konten blog saya akhirnya diizinkan untuk datang.

Memasuki kampus yang sudah tidak asing lagi bagi saya ini butuh effort. Mengapa? Pasalnya saya harus menaiki beberapa anak tangga boo. Hahaha…ketauan banget yak umurnya! Oh ya, saya juga pernah dua kali mengisi workshop kepenulisan di kampus UNAS Jakarta. Tapi, pagi ini saya datang sebagai blogger yang akan meliput miniworkshop dengan tema Hotel Reviewer. Jujur aja, dua tahun belakangan ini saya juga tertarik dengan tema Hotel Reviewer.

Selain ingin bernostalgia dengan kampus UNAS, saya juga ingin tahu lebih dalam lagi tentang Hotel Reviewer yang emang lagi ngehitz di kalangan influencer. Apalagi nara sumbernya merupakan orang yang berkompeten di bidangnya. Selain kenal secara personal, saya juga sudah lama menjadi followernya @kepinhelmy. Saya sengaja datang lebih awal, maksudnya supaya bisa ngobrol lebih lama dengan narsum dan….selfie dooonks!

Kepin and me

Setelah peserta yang mayoritas adalah mahasiswa Jurusan Pariwisata, acara dibuka dengan do’a bersama, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian berturut-turut kata sambutan yang diawali oleh Bapak Dr. Suryono Efendi, SE, MBA, MM selaku Dekan Universitas Nasional.

Bpk. Dr. Suryono Efendi, SE, MBA, MM

Berikutnya Bapak Gagih Pradini, S.Par, MM. Mereka menyambut baik atas terselenggaranya acara tersebut.

Bpk. Gagih Pradini, S. Par, MM

Dan, terakhir kata sambutan diberikan oleh Ketua Panitia Pelaksana yaitu Siti Halimatus Syadiyah, Melalui wawancara by whatsup, Siti yang masih tercatat sebagai mahasiswi Pariwisata UNAS mengatakan, bahwa tujuan diadakannya acara ini yaitu untuk meningkatkan kreatifitas dan melatih keorganisasian Himpunan Mahasiswa Pariwisata Universitas Nasional ( HIMAPAR UNAS ). Di samping menambah pengalaman yang bermanfaat, mahasiswa juga perlu mengetahui persiapan diri dalam menghadapi dunia kerja. Miniworkshop ini juga bisa memberikan informasi tentang dunia kerja dalam bidang pariwisata, khususnya hospitaly.

Siti Halimatus Syadiyah— Panpel

Miniworkshop yang diadakan ini termasuk dalam program kerja HIMAPAR UNAS. Selain dapat mengembangkan periwisata Indonesia, diharapkan workshop ini sebagai batu loncatan untuk mencetak lulusan pariwisata guna keberlangsungan pariwisata Indonesia.

Selain itu pemilihan tema hotel reviewer, karena profesi tersebut dianggap unik. Mengapa unik? Karena profesi ini tidak sama dengan profesi dunia perhotelan lainnya. Jadi meskipun profesi ini yang nota bene sejalan dengan salah satu jurusan pariwisata yaitu hospitaly tapi lingkup kerjanya sangat berbeda. Profesi ini juga belum banyak dibicarakan daripada profesi lulusan pariwisata lainnya. Bahkan diharapkan profesi tersebut dapat membuka peluang atau kesempatan kerja yang lebih luas lagi.

Bersama panitia

Setelah sambutan dari Ketua Pelaksana, tibalah pada acara inti. Sang MC mulai memandu dengan beberapa pertanyaan kepada Kepin Helmy—yang akrab dipanggil Kepin. Awal mula terjun kedunia hotel reviewer, bukan hal yang disengaja. Background keilmuan photographer dan suka foto menjadi basic dari semua itu. Jadi, kalau pas nginep di hotel Kepin suka jeprat jeprat interior dan fasilitas hotel. Bukan itu saja, dia juga suka foto makanan atau menu ketika memesan makanan.

Seiring berjalannya waktu, ia jadi ketagihan nginep di hotel dan mengunggahnya di Instagram pribadinya. Kemudian, dia coba mengirimkan proposal ke hotel untuk mengajak kerjasama. Dan, tanpa diduga pihak hotel menyambut proposal yang dikirimkan. Satu, dua, tiga…proposal terus dikirim ke beberapa hotel. Hingga sampai akhirnya, Kepin nggak lagi mengirimkan proposal tapi diundang oleh pihak hotel. Sejak saat itu dia merasa sudah layak menyandang gelar “Hotel Reviewer” sebenarnya.

Post dari ig @kepinhelmy

Selain pertanyaan dari MC, Kepin juga menjawab beberapa pertanyaan dari peserta workshop. Salah satu pertanyaan yang masih saya ingat, gimana cara mengatasi kalau pas dapet hotel nggak enak. Pertanyaan berbobot itupun dijawab oleh Kepin dengan gaya khasnya, santuy dan selalu tersenyum. Kalau emang pas dapet hotel yang nggak enak ya dibicarakan langsung dengan markomnya atau paling enggak dengan manager hotel.

Akhir acara, Kepin menegaskan bahwa semua profesi jika ingin sampai pada puncak sukses maka kita harus mau berproses. Sukses itu bukan dicapai dengan cara instant. Malahan terkadang bukan kesuksesan yang bikin bahagia tapi prosesnya. Terkait dengan hotel reviewer, bisa dimulai dari sekarang. Step-stepnya seperti yang sudah diceritakan oleh Kepin tadi.

Setelah acara sharing berakhir, ada penyerahan plakat dari HIMAPAR UNAS kepada Kepin sebagai bentuk ucapan terimakasih atas sharing pengalamannya selama menjadi Hotel Reviewer. Plakat diserahkan secara simbolis oleh Bapak Gagih Efendi kepada Kepin.

Berikutnya acara pamungkas yaitu foto bareng dengan segenap panitia dan peserta tentunya. Jujur, dada saya gemuruh menyaksikan dengan mata kepala sendiri betapa antusiasnya para mahasiswa yang hadir pada acara ini. Melihat hal itu sepertinya dunia pariwisata Indonesia akan semakin maju dan dapat memberikan devisa negara. Semoga saja antusiasme mahasiswa tersebut dapat diakomodir oleh para pemangku kepentingan yang betkompeten dalam bidangnya.

Oke, senang rasanya bisa mendengar langsung dari ahlinya sharing ilmu soal hotel reviewer. Oh ya tak lupa saya juga mau ucapin terimakasih yang sudah memberi saya kesempatan untuk hadir di acara ini. Sukses terus buat mahasiswa HIMAPAR UNAS Jakarta.

Simple dan konsisten

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of