Kebab Turki Baba Rafi, Meluncurkan Baba Rafi Online Dot Com


Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan makanan yang berasal dari Turki ini – dikenal dengan nama Kebab. Kebab adalah sejenis kuliner terbuat dari adonan tepung yang didadar tipis lalu diberi isi irisan daging, saos mayonaise, saos sambal dan sayuran lalu digulung sedemikian rupa. Di Indonesia sendiri, Kebab diperkenalkan dan dipelopori oleh pasangan suami istri Hendy Setiono dan Nilam Sari. Adapun brand yang diusungnya adalah Kebab Turki Baba Rafi. Usaha yang dirilis pada tahun 2005 di Surabaya ini terus mengalami kemajuan. Hingga pada tahun 2010 Si Empunya usaha memindahkan kantor pusatnya ke Jakarta.

kebab4
Deretan penghargaan dan outlet sampai sekarang

Tanggal 17 September 2015 kemarin, saya berkesempatan untuk meninjau secara langsung markasnya Kebab Turki Baba Rafi. Sebenarnya bukan tanpa sebab saya bertandang ke sana. Hari itu Kebab Turki Baba Rafi menggelar acara peluncuran Baba Rafi Online. Peluncuran situs berbau e-comerce ini merupakan upaya perluasan atas usaha Kebab. Tujuannya adalah akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa merasakan kuliner khas Turki ini. Dengan kata lain, di tengah hutan sekalipun orang dapat merasakan nikmatnya Kebab Turki Baba Rafi, asalkan memiliki jaringan internet.

Markas sekaligus merangkap pengadaan barang ini terletak sangat strategis. Acara yang dipandu oleh Mbak Mungil – belakangan saya tahu namanya Mbak Titis dimulai dengan perkenalan awal mula bisnis berdiri. Selanjutnya Mbak Titis mengajak saya dan teman-teman lain meninjau ruang logistik. Namanya ruang logistik, tentu saja di sini tempat menyimpan bahan baku Kebab, seperti roti, saos sambal, saos mayonnaise dan sebagainya. Selesai dari ruang logistik berlanjut ke ruang produksi, di sinilah tempat segala macam bahan-bahan Kebab diolah.

kebab3
Ruang logistik, gerobak dan Bun

Meninjau secara langsung membuat saya jadi semakin tahu, bahwa Kebab Turki Baba Rafi tidak hanya memproduksi Kebab tapi ada beberapa produk yang lain juga. Beberapa produk tersebut yaitu syawarma, burger, hot dog, roti cane, donat dan masih banyak lagi. Produk utama berupa Kebab juga memiliki aneka varian isi, sebut saja ada Beef Kebab, Chiken Kebab, Kebab Pisang Coklat, Kebab Sayuran dan Kebab Chijeu.

kebab2
Another product, Donut and Slondok

Bukan hanya itu, saya juga jadi tahu tentang higienisnya produk dan yang tak kalah penting kehalalannya. Ya, Kebab Turki Baba Rafi sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI untuk bahan baku daging. Dengan begitu konsumen tidak perlu ragu-ragu lagi untuk menyantap Kebab dan varian lainnya.

Puncak acara dari kunjungan ini adalah mencicipi langsung produk Kebab Turki Baba Rafi. Sayangnya untuk acara ini saya tidak bisa ikut karena sesuatu hal. Tapi saya tidak berkecil hati, saat pulang dari acara saya diberi bingkisan produk Kebab Turki Baba Rafi dari teman seprofesi Mbak Kartina Ika – thank’s Mbak Ika.

Sesampainya di rumah saya langsung mengeksekusi produk Kebab tersebut dan meminta semua penghuni rumah untuk mencobanya. Setelah itu masing-masing saya mintai testimoninya, anak-anak lebih suka Donatnya, suami suka dengan Kebab tapi kurang pedas sedikit katanya. Sedangkan testimoni dari saya sendiri sama dengan suami kurang pedas sedikit. Akhirnya soal selera akan dikembalikan pada masing-masing orang,  over all Kebabnya enak. Apalagi ini kuliner asal Turki jadi memang dibutuhkan penyesuaian lidah Indonesia. Beruntungnya selama perjalanan bisnisnya Kebab Turki Baba Rafi, terus berinovasi menambah produk di samping produk unggulannya. Dengan begitu konsumen masih diberi kesempatan untuk dapat menikmati hasil olahan lainnya.

kebab1
New Product ‘Kebab Frozen’

Kembali pada peluncuran Baba Rafi Online, tentu saja yang langsung tersirat dalam pikiran kita pastilah produknya. Karena produk tersebut akan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia maka sudah barang tentu harus memiliki ciri khas. Seperti yang sudah saya singgung di atas, Kebab Turki Baba Rafi tidak pernah berhenti berinovasi, maka melalui Baba Rafi Online, diluncurkan pula produk unggulannya, apalagi kalau bukan Kebab Frozen. Mengapa harus frozen ?

Saya juga sudah jelaskan komposisi makanan asal Turki ini terdiri dari irisan daging, sayur dan beberapa macam saos. Semua bahan-bahan tersebut tentu saja memiliki keterbatasan waktu, artinya harus dikonsumsi secepatnya. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengawetkan makanan tersebut dalam hal ini Kebab. Adapun cara yang dipilih adalah dengan membekukan dan dikenal dengan istilah frozen. Terus terang sampai di sini saya betul-betul takjub pada inovasi Kebab Turki Baba Rafi, mereka tidak memilih cara yang bisa merugikan konsumen seperti menggunakan bahan pengawet. Akan tetapi memilih cara yang aman, sehat dan baik.

Di samping produk unggulan tadi, Baba Rafi Online juga menyediakan makanan cepat saji, lezat dan sehat. Selain makanan beku, Baba Rafi Online juga menyediakan makanan kering, aneka oleh-oleh khas daerah dengan harga bersaing, berkualitas, sehat dan tentu saja lezat.

Baba Rafi Online tidak berdiri sendiri, dalam rangka menyangga perekonomian masyarakat maka Baba Rafi Online menggaet pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ). Dengan begitu UMKM memiliki wadah untuk memasarkan produk mereka. Wah, saya makin kagum dengan Baba Rafi Online, karena mau memecahkan persoalan usaha yaitu pemasaran. Perlu diingat bahwa mayoritas masyarakat Indonesia yang terjun dalam dunia usaha pandai dalam hal produksi tapi kurang bisa memasarkan. Dalam dunia usaha system simbiosis mutualisma memang paling tepat diterapkan. Masing-masing akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan usaha yang dilakukannya.

Oleh karena itu Kebab Turki Baba Rafi juga menawarkan usaha kerjasama dalam hal keagenan atau franchisee. Franchisee ini diperuntukan penjualan Kebab non frozen artinya siap konsumsi, sedangkan Kebab Frozen ditawarkan dengan pembiayaan yang sangat ringan. Kalau dilihat, kerjasama Kebab Frozen ini cocok sekali buat Ibu-ibu Rumah Tangga yang mau mencari tambahan uang belanja. Kerjasama Kebab Frozen ditawarkan hanya dengan bermodalkan IDR 2,5 juta dan memiliki freezer atau minimal lemari es dua pintu, sudah bisa langsung usaha.

Pokoknya kalau soal rasa dan harga sangat bersaing, selain itu hasil produksi Kebab Turki Baba Rafi merupakan makanan yang dibutuhkan setiap saat. Ingat setiap saat, jadi bisa dikonsumsi kapan saja tanpa mengenal waktu. Bisa untuk cemilan ataupun lauk pauk sebagai bekal anak sekolah juga bisa. Dengan kata lain hasil produksi Kebab Turki Baba Rafi adalah produk yang laku di pasaran dan tidak sulit menjualnya.

Jadi tunggu apalagi, Kebab Turki Baba Rafi telah menawarkan beragam kesempatan, baik sebagai konsumen maupun usaha. Semua peluang telah dibuka lebar tinggal keinginan saja yang harus dipacu. Kesimpulan saya, Kebab Turki Baba Rafi telah membuka mata usaha negri ini, bahwa jangan menyalahkan keadaan atau orang lain dengan surutnya ekonomi. Kehadiran Baba Rafi Online saya rasa memang sangat tepat, apalagi selama 12 tahun berkarya Kebab Turki Baba Rafi terus menerus menunjukkan segmen positif keberhasilannya. Hal ini tidak lepas dari kepiawaian Sang Pemilik yang tidak lain adalah sepasang suami istri, Hendy Setiono dan Nilam Sari. Nah, jadi tunggu apa lagi ? Segera meluncur ke webnya www.babarafionline.com atau Fanpage atau Twitter atau IG kebabbabarafi.

Leave a Reply

8 Comments on "Kebab Turki Baba Rafi, Meluncurkan Baba Rafi Online Dot Com"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Tanti Amelia
Guest

Senangnya yang bisa hadir yah 🙂

Noni Rosliyani
Guest

Aduhh.. Jadi laper. Pingin belanja online di Baba Rafi. Anw, baru tau kalo inovasi dari Baba Rafi udah luar biasa. Ada cireng, sosis, cake, dan bawang goreng segala. Kereeennn.. 😀

Tia Alzahira
Guest

Wah serunya

Ruliretno
Guest

Wahhhh saya dr dulu fans berat kebab baba rafi. Senengnya skrg uda ada yg online

wpDiscuz