Larutan Cap Kaki Tiga Anak, Mengajak Anak Sehat Dan Mandiri

Setiap orang tua di manapun pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan mandiri. Sehat secara fisik dan mental, karena keduanya merupakan tonggak kehidupan bagi anak. Oleh sebab itu, segala sesuatu telah dipersiapkan sejak dalam kandungan. Selalu dijaga dan diperhatikan tiap detik tumbuh kembangnya, meskipun masih dalam rahim. Semburat kebahagiaan terpancar di wajah kedua orang tua, tanda bahwa kehadiran anak sangat dinantikan.

Setelah lahirpun anak akan mendapatkan perhatian ekstra, mulai dari makanan bergizi, kesehatan, pakaian, mainan sampai masalah pendidikan. Begitupun saat anak tumbuh remaja lalu dewasa. Tidak secuilpun luput dari perhatian orang tua.  Harapan orang tua sepenuhnya bertumpu pada mereka. Karena kelak merekalah yang akan berganti mengayomi orang tua. Ada satu masa di mana orangtua merasa  was-was yaitu ketika anak sakit. Jangankan sakit berat, sakit yang ringan-ringan saja orangtua sudah kalang kabut.

Seperti yang terjadi pada Baby Adreena ( 17 bulan ) beberapa hari lalu, terserang flu dan batuk. Anehnya, setelah tiga hari sakit lalu sembuh tapi baru dua hari dah kambuh lagi. Begitu terus sampai berulang tiga kali, jadi dalam rentang waktu dua minggu kondisi Baby Adreena turun naik. Seingat saya, segala bentuk pencegahan sudah dilakukan mulai dari menambah asupan gizi dan menghindari  penyebab sakit.

kid11
Ekspresi sakit..

Sedih melihat Baby Adreena sakit, rumah sepi tanpa ocehan dan beragam aktivitasnya. Ya, Baby Adreena termasuk balita yang aktif, apa saja dilakukan. Anaknya nggak pernah diam kecuali tidur dan…sakit ! Meskipun usianya belum dua tahun Baby Adreena memiliki motorik yang baik, ingin tahunya  banyak. Bukan cuma itu, Baby Adreena juga memiliki kecepatan dalam meniru, terkadang belum diajarkan saja dia sudah tahu. Saya jadi suka bertanya sendiri ,”Siapa yang ngajarin ya ?”

Saya sering terkejut saat mengajarkan sesuatu atau mengajaknya bermain, Baby Adreena langsung cepat tanggap. Misalnya saja saat saya mengajak bermain boneka, baik itu boneka manusia atau hewan, dia terlihat atraktif. Terus terang saya lebih suka mengajaknya bermain peran atau sandiwara dengan boneka ketimbang membacakan buku cerita. Karena saat itu adalah waktu yang tepat bagi saya untuk  menanamkan nilai-nilai sosial dalam jiwanya. Permainan boneka ini juga bagus untuk memperkenalkan karakter si tokoh. Hanya saja untuk saat ini saya belum memperkenalkan karakter buruk atau jahat padanya.

Berikut salah satu contoh peran yang seringkali saya mainkan bersama Baby Adreena :

Tokoh ( 1 ) : Boneka Singa

Tokoh ( 2 ) : Boneka Gadis cantik

( Di sebuah hutan lebat ada seorang gadis cantik tersesat. Lalu datang seekor Singa yang ramah dan baik hati. Singapun bertanya pada gadis tersebut. )

Singa : “Hai gadis cantik, sedang apa engkau di sini ?”tanya Singa lembut.

Gadis cantik : “Aku…aku…aku tersesat. Aku tidak tahu jalan pulang,”kata si Gadis dengan suara gemetar.

Singa : “Oh…mari aku antar pulang ke rumah mu.”

( Dan tiba-tiba Gadis cantik menangis sesegukan karena takut…dalam tangisnya gadis cantik itu berkata…)

Gadis : “Aku mau Ibu…Aku mau Ibu…Aku mau pulang…mau ketemu Ibu…

— Selesai  —

Lalu saya menyelipkan pesan begini : “Nah…makanya kalau kamu mau pergi harus ijin dulu ya. Supaya nggak tersesat.”

Ketika cerita ini saya mainkan, saya dapat melihat berbagai ekspresi wajah Baby Adreena. Ekspresi inilah yang saya—sebagai orangtua butuhkan dalam menanamkan jiwa sosialnya. Karena saya sadar bahwa kelak saat dia dewasa saya nggak mungkin lagi mengajaknya bermain boneka. Keinginan saya saat dewasa nanti jiwa sosial sudah terasah dan menerapkan pada kehidupan sebenarnya. Memiliki sifat simpati bahkan bukan hanya itu tapi juga empati. Peduli pada lingkungan maupun orang-orang di sekitar, ataupun di mana dia berada.

kid10
Bersama gadis yang tersesat di hutan

Bukan hanya cerita, aktivitas lain juga kerap saya ajarkan seperti menyapu atau membuang sampah pada tempatnya.  Kedua aktivitas ini memang masih bisa diajarkan ketika dia besar nanti. Akan tetapi jika diajarkan sedari kecil akan lebih mudah menerapkannya saat dewasa. Meskipun banyak  yang saya ajarkan, tidak membuat saya lupa untuk memberinya asupan gizi. Saya juga tahu bahwa anak dengan aktivitas tinggi cenderung kekurangan cairan dalam tubuh. Kekurangan cairan ini berakibat pada gangguan kesehatan, salah satunya panas dalam. Ternyata panas dalam juga seringkali menjadi penyakit bagi anak-anak. Apalagi musim pancaroba seperti sekarang, yang membuat cuaca jadi lebih ekstrim.

kid9
Menyapu dan memberi makan boneka

Kalau sudah begini, diperlukan kesiapsiagaan orang tua dengan memberi vitamin atau larutan pereda panas dalam. Berdasarkan informasi yang pernah saya baca, di Indonesia hanya ada satu larutan pereda panas dalam khusus buat anak-anak. Larutan pereda panas dalam yang dikenal dengan brand Cap Kaki Tiga Anak itu menjadi pelopor pereda panas dalam anak. Atas pencapaian itu  Cap Kaki Tiga Anak telah menerima  penghargaan dari MURI.

Tanggal 25 Agustus lalu, saya dan teman-teman blogger dari Komunitas Emak Blogger ( KEB ) berkesempatan datang untuk menghadiri Re-lauching Police Station dan Logo Baru Cap Kaki Tiga Anak. Dua acara  bersamaan ini digelar di Kidzania Jakarta, yang dikenal sebagai tempat bermain dan edukasi anak. Sayangnya karena Baby Adreena baru berusia 17 bulan, saya tidak ajak serta. Toh kalaupun diajak juga belum bisa bermain di Kidzania.  Dengan sangat terpaksa saya harus meninggalkannya di rumah. Namun begitu saya berjanji kelak jika usianya sudah cukup, saya akan membawanya ke sana. Bermain dan mengenalkan beberapa profesi yang kelak menjadi pilihannya.

kid8

Setelah hampir satu jam berjibaku dengan kemacetan, sampailah saya di Pacific Place. Karena masih pagi saya harus berkeliling mencari pintu masuk ke dalam mall tersebut. Hanya sekali bertanya saya diarahkan menuju pintu yang sudah dibuka. Setelah berjalan beberapa langkah, saya sudah menemukan lift untuk naik ke lantai 6. Akhirnya sampai juga saya di Kidzania Jakarta, tempat acara berlangsung. Ini adalah ketiga kalinya saya ke Kidzania, dua kali bersama keluarga. Anak-anak memang tidak pernah bosan ke sini.

Jam  menunjukkan pukul 8.30 WIB, saya melihat  beberapa emak-emak–sebutan buat anggota KEB sudah datang. Pemandangan lain ada anak-anak  berbaris rapi sedang mengantri.  Saya juga melihat rombongan dari sekolah TK dan PAUD rapi berbaris. Ah, senang rasanya melihat semangat anak-anak yang ingin bermain sekaligus belajar mengenal profesi di Kidzania Jakarta ini. Semoga kelak mereka akan benar-benar menjadi apa yang dicita-citakan sesuai dengan pilihan masing-masing. Sayapun ikut bergabung dengan yang lain guna melakukan registrasi dan pemakaian gelang.

kid6
Anak-anak semangat mengantri

Setibanya di dalam arena Kidzania, saya masih menunggu beberapa waktu lagi karena acara belum dimulai. Kesempatan ini saya gunakan untuk berkeliling di sekitar arena Kidzania. Seperti apa sih Kidzania itu ? Berikut  cerita hasil keliling saya…

Kidzania Jakarta

Menurut saya, Kidzania tidak ubahnya seperti small town atau kota kecil bergenre metropolitan. Di mana layaknya kota metropolitan Kidzania memiliki beragam fasilitas kota yang lengkap. Misalnya ada bank, toko-toko, restaurant, stasiun TV dan Radio, penerbit koran, theater, pabrik-pabrik, rumah sakit, dokter gigi dan tak lupa yang akan dire-launching yaitu Police Station. Atau Kidzania bisa disebut juga sebagai theme park ‘kotanya anak-anak’ di mana lebih menonjolkan unsur pendidikan dan hiburan. Kidzania diperuntukkan bagi anak-anak berusia 2 – 16 tahun.

Selain fasilitas yang bersifat komersil, Kidzania juga memiliki jalan protokol, climbing wall, pom bensin dan masih banyak lagi. Kesemua fasilitas tersebut akan menjadi permainan yang mengasyikkan sekaligus pendidikan buat anak-anak. Ya, di Kidzania anak-anak akan memilih profesi yang mau dimainkan.

Contohnya Fara ( 4 tahun ) dia  asyik memilih profesi yang disukainya yaitu menjadi perawat bayi. Dengan sigap Fara mengikuti setiap arahan dari Kakak petugas. Saking semangatnya bekerja, Fara sampai lupa kalau energi yang dikeluarkan cukup banyak. Keringat sudah membasahi keningnya, tapi dia tidak peduli bahkan semakin giat bekerja. Saya takjub melihat kesigapan Fara bekerja, setelah selesai bekerja Fara berjalan menghampiri seseorang yang tak lain adalah Ibunya. Dengan penuh kasih sayang, sang Ibu menyodorkan Cap Kaki Tiga Anak pada gadis kecil bertubuh sintal itu. Lalu tanpa aba-aba, Fara langsung meminum Cap Kaki Tiga Anak.

kid3
Fara sedang menambah energinya ( foto dok. Sally )

Fara benar-benar tanggung jawab dengan profesi yang dipilihnya, layaknya perawat bayi betulan. Untuk profesinya ini, Fara digaji sebesar 10 KidZos. Waktu saya tanya gajinya untuk apa, dengan sigap dia menjawab“Buat beli baju, ditabung sama dikasih Ibu,”jawabnya tegas. Sungguh sebuah jawaban tak terduga untuk anak seusianya, saya terharu sekali mendengar jawabannya. Jawaban yang jujur dari seorang anak perempuan, meskipun masih kecil tapi sudah tahu balas budi terhadap orang tua.

kid21
Fara ( 4 tahun ) semangat dengan profesi pilihannya ( foto dok. Sally )

Pada tahun 2007, tepatnya tanggal 24 November Kidzania Jakarta secara resmi dibuka di Indonesia, setelah Tokyo. Sedangkan Kidzania untuk pertama kali di buka di Santa Fe, Mexico City pada tahun 1999. Sama seperti di kota-kota dunia lainnya, pertama kali dibuka Kidzania Jakarta sudah disambut  gembira oleh anak-anak.

Dengan menempati ruang seluas 7.500 m2 Kidzania Jakarta mempunyai 100 profesi yang semuanya bisa dimainkan secara aman oleh anak-anak. Ada enam konsep besar yang membedakan Kidzania Jakarta dengan tempat main anak lainnya. Di Kidzania  anak-anak  memiliki hak agar apa yang mereka impikan bisa tercapai, yaitu :

kid20

  • To Be –melakukan sesuatu, bebas untuk  menentukan sendiri apa yang ingin dilakukan. Bebas dalam bertindak dan berpikir tanpa ada hambatan atau halangan.
  • To Know –mengetahui sesuatu, memiliki kekuatan atau keinginan untuk mengetahui sesuatu demi mencapai pengetahuan dan pengalaman.
  • To Create –menciptakan sesuatu, suka berinovasi untuk  merancang proyek-proyek serta melahirkan solusi baru yang berguna.
  • To Share –memberi, hak ini menumbuhkan kepercayaan dan etika yang kuat, kemauan untuk bekerja sama. Memberikan hasil yang telah dicapai tidak pelit atas pekerjaan dan ilmu.
  • To Care –peduli, tanggung jawab  dan proaktif terhadap lingkungan manusia dan alam.
  • To Play –bermain, buat anak-anak bermain adalah kehidupannya. Dengan bermain anak akan benar-benar merasakan hidup yang menyenangkan. Anak juga merasa lengkap hidupnya dengan bermain.

Dari konsep besar inilah, Kidzania mengajak anak agar dapat mandiri dan menjadi diri sendiri atas pilihannya. Adapun sebagai orang tua hanya bersifat pendorong dan pendamping saja, seperti saat anak-anak bermain di Kidzania. Jadi Kidzania bisa dianggap sebagai gambaran masa depan si anak tentu saja dengan orang tuanya.

Setelah selesai berkeliling dan melihat apa saja yang ada di Kidzania, saya dan undangan lain menuju tempat acara.  Tepat pukul 10.00 acarapun dimulai di dalam sebuah Gedung Theather.  Acara diawali dengan pertunjukkan dongeng tentang dua orang petualang. Pertunjukkan ini bukan hanya seru tapi ada pesan moralnya juga. Akhir cerita para petualang dan bajak laut menjadi sahabat, mereka kompak bernyanyi dan menari bersama. Sangat selaras dengan dunia anak-anak, di mana tidak pernah ada dendam dan kebencian. Sebuah hiburan yang sangat berkesan dan bisa menjadi pelajaran berharga bagi anak-anak.

kid1
Pementasan dongen KINO

“Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak Kidzania Jakarta ini sebenarnya telah diresmikan pada bulan Juni tahun lalu. Kami hadir kembali sehubungan dengan pergantian kemasan baru Cap Kaki Tiga Anak yang lebih menarik. Selain itu kami juga menyelenggarakan lomba mewarnai kaleng. Kami berharap kegiatan ini akan menjadi pengalaman berkesan dan tak terlupakan bagi anak-anak,”jelas Ibu Merliana selaku General Manager Marketing PT. Kino Indonesia, Tbk.

kid7

Selanjutnya Ibu Merliana juga menjelaskan tentang filosofi dari Cap Kaki Tiga. Beliau mengatakan bahwa kaki yang mengarah ke atas melambangkan kehidupan yang harus selalu mengarah pada ajaran kebenaran. Kebenaran itu sendiri bersumber pada Sang Maha Kuasa. Dalam pada ini, manusia khususnya anak-anak, sedari kecil harus sudah diajarkan tentang kebenaran dari Sang Maha Khalik. Di Indonesia sendiri kita mengenal dengan adanya agama, karena hanya ajaran agamalah sumber kebenaran hakiki.

Sedangkan kaki yang mengarah ke bawah, atau berpijak pada bumi menjadi simbol kerja keras. Setiap manusia di manapun berada pasti setuju bahwa hidup ini harus diperjuangkan. Hanya perjuanganlah yang bisa mengantarkan manusia menuju kesuksesan. Kaki yang ketiga adalah kaki mengarah ke depan dengan posisi bersimpuh, menjadi simbol sebuah kerendahan hati. Apabila tiap manusia memiliki sifat rendah hati, maka bisa dipastikan hidupnya akan penuh kemuliaan.

kid12

Jujur saja, saya baru tahu secara gamblang bahwa ternyata logo Cap Kaki Tiga itu penuh dengan filosofi hidup. Tadinya saya kira, logo tersebut hanya rekaan atau gambar biasa saja.  Hihihihi…*maaf yaaaa. Setelah saya tahu bahwa logo Cap Kaki Tiga memiliki makna hidup yang dalam, saya yakin bahwa brandnya pun tidak sembarangan. Tentunya semua produk-produk yang dihasilkan merupakan kerja keras dengan landasan kejujuran. Semua itu demi pencapaian sebuah kata bernama “sehat”, larutan Cap Kaki Tiga Anak berusaha untuk selalu  ingin menyehatkan.

Selanjutnya, dan ini yang menjadi inti acara yaitu penjelasan dari Ibu Merliana bahwa Cap Kaki Tiga Anak meluncurkan logo baru. Dalam kemasan lama tulisan “Cap Kaki Tiga” berwarna merah diganti menjadi warna hitam. Sedangkan tulisan “Anak” dipindahkan ke bawah, sejajar dengan tulisan lainnya. Memang sih perubahannya tidak terlalu signifikan tapi keliatan lebih catchy aja. Sedangkan untuk karakter Disneynya tetap dipertahankan, karena itu menjadi simbol Cap Kaki Tiga Anak.

kid13

Acara belum usai, setelah penandatanganan selesai kami bergegas menuju Establishment Police Station. Kali ini akan dilakukan re-launching secara simbolis oleh Bapak Kerry Riza dan Ibu Merliana dengan melakukan handscan sebagai tanda peluncuran kembali.   Bukan hanya itu saja,  acara ini dihadiri juga oleh seorang psikolog anak Ibu Efnie. Dalam kesempatan itu pula Ibu Efnie menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak-anak.

kid4
Kiri : Ibu Merliana dan Bapak Kerry Riza

Ibu Efnie mengatakan, bahwa emotional attachment menjadi dasar ikatan kasih sayang antara anak dan orang tua. Oleh karenanya kasih sayang harus dibentuk sejak mereka kecil. Kita semua tahu bahwa #masakecilhanyasekali seumur hidup. Jangan sampai masa kecil tersebut berlalu begitu saja apalagi sampai terbuang percuma. Orang tua memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak, termasuk melatih anak untuk berfikir  dan melakukan hal-hal kreatif.

“Cara seperti ini akan mendorong anak terbiasa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda saat dewasa kelak,”lanjut Ibu Efnie. Akhirnya semua kembali pada sosok Ibu yang berperan sangat penting dalam menciptakan pengalaman baru bagi anak-anaknya. Bukan hanya menciptakan, tapi Ibu juga harus  bisa mendampingi anak-anak saat berkegiatan kreatif. Karena anak akan merasa lebih memiliki percaya diri bila didampingi oleh Ibunya. Kegiatan kreativitas ini juga dapat mengoptimalkan kecerdasan serta menambah kebahagiaan anak,”papar Ibu Efnie menutup pembicaraan.

kid16
Kiri : Ibu Efnie ( foto dok. twitter Kidzania )

Keseruan acara  belum usai, setelah selesai dengan acara seremonial masih ada lagi, yaitu lomba mewarnai kaleng. Lomba yang dikhususkan buat anak-anak ini, diikuti oleh sebagian besar anak perempuan. Lomba mewarnai ini sangat unik, karena media yang digunakan berbeda dari kebanyakan. Biasanya media yang diwarnai itu di atas kertas tapi kali ini kaleng. Saya melihat para peserta sangat antusias mengikuti lomba, mungkin karena medianya berbeda dari biasanya. Sayangnya setelah saat pengumuman pemenang, saya sudah mengantri untuk makan siang. Jadi saya tidak tahu siapa pemenangnya dan tidak mengabadikannya. Meskipun begitu selamat buat pemenang, semoga kemenangan ini membuat kalian tambah semangat !

kid15
Anak-anak sedang lomba mewarnai ( foto dok. twitter Kidzania )

Establisment Police Station Dan Cara Bermain

Yup… Establishment Police Station merupakan salah satu wahana bermain anak yang ada di Kidzania Jakarta. Di wahana ini anak bukan saja bermain tapi diberikan edukasi tentang bagaimana berperan menjadi polisi. Mereka diedukasi menjadi polisi yang baik, berani dan beraksi menangkap penjahat yang mencuri formula rahasia Larutan Cap Kaki Tiga Anak. Dan yang paling penting permainan peran menjadi polisi ini juga mengajarkan anak mandiri. Setelah selesai bermain atau katakanlah bekerja,  setiap anak yang bermain akan digaji sebesar 5 KidZos–mata uang di Kidzania.

kid2
Establishment Police Station

“Permainan establishment Police Station seru dan penuh tantangan sehingga menjadi favorite anak-anak yang datang ke Kidzania. Permainan ini juga melatih fisik dan mengembangkan logika berpikir pada anak-anak. Selain itu, peran polisi yang dimainkan oleh anak akan membentuk jiwa penolong dan peduli terhadap sekitarnya,”ungkap Bapak Kerry Riza, selaku City Mayor Kidzania Jakarta.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, anak-anak yang hadir di Kidzania langsung menyerbu Police Station. Tentu saja mereka ingin segera bermain menjadi polisi cilik. Mereka saling berebutan agar segera bisa menjadi polisi yang bertugas menangkap pencuri. Penjahat ini telah mencuri formula rahasia larutan Cap Kaki Tiga Anak. Sebelum polisi cilik menangkap penjahat, mereka lebih dulu diberitahu cara bermainnya oleh Kakak Petugas. Setelah itu mereka dibawa ke ruang CCTV untuk melacak di mana pencuri bersembunyi. Kemudian mereka menangkap pencuri dan membawanya ke kantor polisi. Para polisi cilik juga diberi aturan agar tidak melakukan tindakan kekerasa terhadap pencuri.

Para pemain yang terdiri dari 5 – 7 anak ini penuh edukasi, mereka diajarkan bekerja dalam team jadi harus menjaga kekompakan. Begitu pula saat menggiring pencuri ke kantor polisi, pencuri berusaha membujuk polisi cilik untuk melepasnya. Di sini anak-anak diajarkan untuk membuat keputusan yang tepat. Jangan mau dibujuk rayu terhadap hal-hal yang buruk. Setibanya di kantor polisi, pencuri dimasukkan ke dalam penjara atau sel tahanan. Tapi sebelumnya, pencuri tersebut diperiksa sidik jarinya untuk memastikan bahwa benar dialah pencurinya. Permainan yang memakan waktu kurang lebih sekitar 20 menit ini menjadi permainan favorit anak-anak. Begitupula dengan pengunjung lainnya, mereka sangat antusias menyaksikan permainan polisi cilik ini.

Permainan  Police Station ini sangat menguras tenaga anak, saya melihat sendiri ketika beberapa anak ikut bermain. Namun begitu ada dua hal yang dapat saya petik dari permainan peran polisi ini. Pertama, anak diajak untuk melakukan aktivitas yang sesuai dengan kemampuannya. Bukankah aktivitas sangat baik bagi anak ? Kedua, menanamkan rasa simpati dan empati pada anak. Di sisi lain,  tingkat aktivitas yang tinggi akan membuat anak cepat lelah dan kekurangan cairan. Kurangnya cairan dalam tubuh anak bisa mengakibatkan panas dalam.

Jangan panik, panas dalam bukan penyakit berat tapi jangan dianggap remeh juga.  Segera obati atau sebaiknya cegah dengan larutan pereda Cap Kaki Tiga Anak. Oleh karena itu sebagai orang tua kita wajib tahu soal penyakit panas dalam ini. Nah, saya akan memberikan sedikit ulasan tentang penyakit panas dalam.

Cari Tahu Tentang Panas Dalam

Dari berbagai sumber

Sebenarnya dalam dunia medis atau kedokteran tidak dikenal istilah “Panas Dalam” . Karena sebutan ini sudah melekat di masyarakat luas maka istilah panas dalam terlanjur digunakan. Toh nyatanya, setelah suhu tubuh penderita diukur, suhunya normal-normal saja. Hal itu membuktikan bahwa penderita tidak sedang panas atau demam.  Pada orang penderita panas dalam, kebanyakan yang diserang adalah sistem pencernaannya. Sebagaimana diketahui, sistem pencernaan merupakan tempat untuk mencerna asupan makanan. Dengan begitu, salah satu penyebab panas dalam berasal dari makanan yang tidak seimbang antara panas dan dingin.

Mayoritas penderita panas dalam ini orang dewasa, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak-anak. Selain penyebab di atas, ada beberapa penyebab lainnya seperti :

  • Kekurangan vitamin C
  • Kurang asupan serat
  • Daya tahan tubuh lemah
  • Kondisi cuaca yang berubah-ubah dan tidak bisa diterima oleh tubuh
  • Kekurangan cairan ( Dehidrasi )
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan panas dan pedas
  • Kelelahan karena melakukan aktivitas sehingga suhu tubuh meningkat
  • Faktor emosional yang berakibat pada stress

Beberapa penyebab di atas bisa saja terjadi pada anak-anak bahkan faktor emosional sekalipun. Hanya saja tingkat stress pada anak berbeda, sesuai dengan masalah yang terjadi.

Meskipun panas dalam ini bukan tergolong penyakit berat, akan tetapi jangan dianggap remeh. Panas dalam dapat dikenali dengan gejala-gejala yang timbul pada seseorang. Adapun gejala dan tanda seseorang terkena panas dalam adalah sebagai berikut :

  • Terjadinya gangguan pada mulut seperti sariawan, bibir pecah-pecah dan bau mulut
  • Terjadinya gangguan pada sistem pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar dan ambein
  • Terjadinya gangguan pada tenggorokan seperti batuk, nyeri saat menelan dan tenggorokan kering
  • Terjadinya perubahan suhu tubuh seperti meriang dan menggigil

Nah, apabila tubuh sudah memberikan sinyal seperti tersebut di atas atau anak-anak menunjukkan gejala di atas segera obati. Pengobatan panas dalam juga sangat mudah dan murah, bisa secara tradisional ataupun modern. Cara tradisional yang biasa dilakukan pada penderita panas dalam yaitu dengan mengkonsumsi air mineral secukupnya, makan sayur dan buah dan minum suplemen vitamin C.  Sedangkan pengobatan secara modern yaitu dengan mengkonsumsi larutan Cap Kaki Tiga. Jika anak-anak yang terserang  panas dalam maka beri larutan Cap Kaki Tiga Anak, karena beda usia beda ukuran.

Cap Kaki Tiga Anak

Siapa sih yang belum pernah dengar Cap Kaki Tiga ? Rasanya brand yang satu ini tidak asing lagi di telinga kita. Di Indonesia kehadiran Cap Kaki Tiga bisa dibilang cukup lama, yaitu sekitar tahun 1978 jadi sudah 38 tahun. Sejak kehadirannya Cap Kaki Tiga dipercaya masyarakat Indonesia sebagai minuman pereda panas dalam.  Seperti  lainnya, saya juga sudah mempercayakan Cap Kaki Tiga sebagai minuman pereda panas dalam. Ada beberapa alasan mengapa saya mempercayakan Cap Kaki Tiga sebagai minuman pereda panas dalam, antara lain :

  1. Dibuat dari bahan alami dan di bawah pengawasan BPOM
  2. Dibuat dengan standar dan kualitas kontrol yang ketat
  3. Harga terjangkau
  4. Mudah didapat di toko-toko terdekat

Pada awalnya hanya saya saja yang mengkonsumsi minuman ini bila sedang panas dalam. Terus terang awalnya saya memang melarang anak-anak untuk mengkonsumsinya. Meskipun minuman ini terbuat dari bahan alami tapi sebagai orang tua saya tetep merasa khawatir. Baru pada tahun 2013, Cap Kaki Tiga mengeluarkan produk terbarunya khusus buat anak-anak, yaitu Cap Kaki Tiga Anak. Inipun tidak serta merta saya bolehkan anak-anak mengkonsumsinya. Tapi saya juga tidak berdiam diri,  saya mencari tahu tentang Cap Kaki Tiga Anak, apakah boleh dikonsumsi atau tidak. Meskipun di kemasan sudah tertulis untuk anak-anak berikut takarannya. Pikir saya, boleh dong saya cari tahu lebih jauh lagi soal Cap Kaki Tiga Anak ini. Saya kan Ibu yang cerdas, nggak mau asal percaya aja…hehehehe. Oh ya saya juga menggunakan dosis yang disarankan, kalau anak-anak sih maunya minum terus-terusan. Saya bilang ini bukan minuman biasa, jadi harus pake aturan minumnya. Alhamdulillah mereka ngerti ko…

kid19

Setelah saya merasa yakin dengan semua informasi, akhirnya saya membolehkan anak-anak mengkonsumsinya. Alhasil, waktu salah seorang anak saya terserang gejala panas dalam, saya langsung suruh mereka minum Cap Kaki Tiga Anak. Saya memang tidak menyetoknya, karena rumah saya dekat dengan Tokomaret jadi pas kena panas dalam tinggal melangkah untuk beli. Harganyapun cukup terjangkau, hanya 4.900 rupiah saja. Mereka juga senang setelah tahu kemasan Cap Kaki Tiga Anak berubah. Mereka bilang sih lebih lucuk…*ah namanya juga anak-anak.

Hadir dalam tiga varian rasa yang kesemuanya menjadi kesukaan anak-anak. Jeruk kemasan warna kuning, stroberi warna merah dan leci warna biru. Mereka juga suka dengan kemasan kalengnya. Nah, kalau soal kemasan, lagi lagi saya merasa khawatir juga. Ah, dasar emak-emak bawaannya khawatir melulu. Dan saya coba tanyakan pada seorang teman yang paham soal kemasan, apakah kaleng seperti itu aman bagi anak-anak. Jawaban dari teman saya itu cukup memuaskan. Tapi untuk amannya saya sih tetep bilang sama anak-anak minumnya pake sedotan. Kalau pake sedotan kan sudah pasti aman, supaya kemasan kalengnya nggak melukai bibir. Malahan sekarang kemasan kalengnya dikumpulin sama anak-anak, katanya mau dibikin celengan. Waaahhh…senangnya bisa memacu anak untuk kreatif !

kid18

Akhirnya sudah hampir setahun ini, saya sekeluarga mengkonsumsi Larutan Pereda Cap Kaki Tiga. Sedangkan buat anak-anak ya…Cap Kaki Tiga Anak. Hilang panas dalamnya, hilang pula keraguannya. Acara re-launching di Kidzania beberapa waktu lalu juga menambah kepercayaan saya. Cap Kaki Tiga Anak bisa menggandeng sebuah sarana main sekaligus edukasi buat anak-anak bertaraf Internasional. Dengan kata lain, Cap Kaki Tiga Anak benar-benar berkomitmen untuk membuat anak Sehat dan Mandiri !

 

Leave a Reply

68 Comments on "Larutan Cap Kaki Tiga Anak, Mengajak Anak Sehat Dan Mandiri"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
bundashidqi lia
Guest

memang betul, kurang cairan membuat anak jd lesu dan mudah terkena panas dlm. Seru juga ya main di KidZania 🙂

Diah Woro Susanti
Guest

iya bener, Dega juga sampe lupa waktu main di Kidzania sampe tenggorokannya kering. Heeem, daripada kumat lagi radang tenggorokannya, buru-buru pas ketemu aku kasih larutan penyegar cap kaki tiga anak. Tandas.. das.. dasss hahaha…

Eni martini
Guest

Larutan cap kaki tiga anak bisa jd obat tenggorokan dg rasa enak dan segaaaar

Dudi Iskandar
Guest

Asyik tempatnya yah

Agung Han
Guest

Produk legendaris ini sdh lama saya kenal.
Saya baru tahu ada khusus Kids
Sukses selalu utk cap kaki tiga

kurnia amelia
Guest

Kalau anak panas dalam tuh rewel banget duh saya ampe pusing.

Lita chan lai
Guest

Pertunjukkan dongeng tentang 2 orang petualang pasti keren ya ceu….anak2 dapatkan pesan moral yang bagus dari ceritanya. Mantaaap ….

Hermini
Guest

Wihhhh seru, larutan cap kaki tiga emang seger dan aman buat anak-anak.

evrinasp
Guest

Kalo Alfi ikutan kayanya seru, dia juga suka larutan cap kaki tga, meski gak panas dalam kadang suka minta dibeliin

Ignas
Guest

Wah ternyata Larutan Cap Kaki Tiga punya makna filosofis ya, ?
Mbak Etty, keren, penanaman nilai2 dg drama, pesan moralnya sampai dg bahasa sederhana yg mudah dipahami anak ya.
Sehat2 terus ya baby Adreena.

Martha
Guest

Wah, klo sdh urusan kena panas dalam menganggu jg sih alhasil tutup mulut deh gk mau makan apa2. Btw umur 15 bln udh bs d kasih larutan penyegar cap kaki tiga ya bu?

Sitti Rabiah
Guest

Se usia Baby Adrina ini adalah usia yg cenderung meniru, mengulang-ngulang dan melakukan gerakan imitasi. Mba Ety sudh sangat cocok bercerita dgn boneka singa, karena terkadang anak lebih suka dgn gambar binatang atau boneka binatang. Terkadang juga anak yg usianya masih dini seperti Baby Adrina, cukup diberikan gambar dgn sendirinya ia bisa bercerita melalui gambar. Semoga lekas sembuh ya Baby Adrina jgn lupa minum larutan yg cocok dgn usiamu. Salam dari Bunda Sitti Rabiah, pemerhati anak.

Nunu Halimi
Guest

Baby Adreena sakit pun tetap cantik yaa, nanti sudah besar di ajak ke Kidzania

Yulia
Guest

Weeh, cap kaki tiga ini udah kayak minuman wajib lho di rumah, apalagi saya yang suka sembelit, enak dan adem di perut..

Btw goodluck ya mba lomba yang ini, lagi?

Ira Duniabiza
Guest

iya ya mba. sedih banget pasti lihat si kecil sakit… Baby Adreena yang semangat nurut sama Bunda ya…

Awan
Guest

Waah saya baru tahu klo ada Cap Kaki Tiga anak-anak, *kudet 😀

Tapi benar sih, jangankan anak kecil, oranh dewasa juga klo panas dalam bikin ga doyan makan.

lubena ali
Guest

sama mbak.. Anak2ku kalau panas dalam aku juga percaya ama larutan cap kaki tiga anak.

Liswanti
Guest

Anakku jadi pengen main lagi ke Kidzania.

Kang Nurul Iman
Guest

Kalau larutan cap kaki tiga mah sudah dari dulu atuh bu sudah digemari keluarga saya karena memang benar benar minuman yang menyehatkan tubuh dan sekarang makin okeh saja ya larutan cap kaki tiga dan sampai ada kemasan khusus untuk anak.

Echi_desi
Guest

Harus sedia Cap kaki tiga anak d kulkas mak, manfaatnya banyak sekali

Febrianty rachma
Guest

Wah kemasan lama dan kemasan baru sama2 kerennya. Cuma karena anak suka hal2 baru maka dirubahlah kemasanny dengan lebih menonjolkan gambar karakter disney nya xixixixixi. Gemes lihat baby adreena..sehat terus ya sayang dgn minuman pemdamping larutan cap kaki tiga anak

Lily Widjaja
Guest

Sekarang nggak perlu repot lagi ya kalo anak – anak panas dalam, udah ada Cap Kaki Tiga anak khusus anak – anak 🙂

Sebelumnya mak, saya kasih juga cap kaki tiga dewasa buat anak hihihi

Sally Fauzi
Guest

Main di Kidzania gak pengen pulang… seru ya mba.
Di rumah kalau udah panas dalam pasti langsung stok larutan cap kaki tiga anak…

Leyla
Guest

Komplit sekali ulasannya, Mbak Ety ?

Hani S
Guest

Nice sharing mak, thank youuu 🙂

Maya Siswadi
Guest

Kejadian nih anakku sariawan dan bau mulutnya tak sedap, rupanya panas dalam ya. Dikasih cap kaki tiga anak ini enak ya, ada rasa buahnya

April Hamsa
Guest

Kalau anak sakit panas dalam kdng pengen suka kasi larutan cap kaki tiga tapi ragu. Skrng dgn ada produk khusus buat anak jd gak ragu lg ngasi
TFS Mbak 🙂

Hastira
Guest

jadi inget dulu suka didongengin ibuku,kalau aku sukanya baca ceriat dari buku untuk anak2ku

Risalah Husna
Guest

Lengkappp sekali ulasannya mbaaa….. Love it deh. Banyak informasi yang tadinya aku ngga tau, jadi tau pas baca ulasan ini. Benar-benar bermanfaat banget 🙂

mira miut
Guest

Babam klo ke mini market suka langsung ambil cap kaki 3 anak favorit nya

belalang cerewet
Guest

Main polisi-polisian pasti menarik tuh buat anak sulung saya yang pengin jadi polisi. Keren pokoknya. Ternyata logonya ganti ya makin fresh dan memikat anak-anak. Sesekali saya memang beli larutan yang rasa buah buat anak-anak pas panas dalam. Sejauh ini tokcer 🙂 Makasih ya infonya Mbak.

Ristin
Guest

Minuman cap kaki tiga anak nih awalnya aku kira minuman biasa, pas aku coba emang seger bgt yaa… rasanya juga enak, aku beli u anakku dan untuk aku juga xixxi

Wardah Fajri
Guest

wah filosofi cap kaki tiga bagus baru tau sayah. btw aku suka cap kaki tiga tanpa rasa kayak air minum ajah. kalau utk anak apa ada yg gt ya yg tanpa rasa buah dll…#tanya

Mas dede
Guest

Waaaa ini minuman Aku banget Mbak dari dulu…..dan seneng banget sekarang ada variannya….

wpDiscuz