Menjalin Networking Modal Sukses Berbisnis

Perayaan lebaran sudah lewat, namun aura kebersamaan dan kumpul-kumpul masih terasa. Bahkan para pegawai, karyawan atau anak sekolah mereka memiliki sindrom yang sama yaitu malas masuk. Mereka maunya libur terus dan lebaran terus. Lebaran memang benar-benar penuh suka cita dan kegembiraan. Apalagi dengan terjalinnya tali silaturahim lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Silaturahim memang banyak membawa kebaikan, di antaranya mendatangkan rejeki. Karena itulah banyak orang berlomba-lomba melakukan silaturahim, bahkan tidak sedikit pula yang memperbaikinya bila terputus.

Saya sendiri sangat meyakini akan hal itu, karena semuanya terdapat dalam ajaran agama saya. Menjalin silaturahim sangat ampuh mendatangkan rejeki. Bahkan tanpa kita sadari, keberadaan alat komunikasi seperti gadget itu dibuat karena sejatinya orang membutuhkan sebuah jalinan atau hubungan. Entah itu hubungan kekeluargaan, pertemanan, persahabatan atau bisnis.

Networking-470x386
Sumber Gambar

Nah dalam hal bisnis, menjalin hubungan dengan relasi atau pelanggan harus dilakukan, bahkan mendapat perhatian khusus. Dalam dunia internet saat ini menjalin hubungan tersebut biasa disebut Networking. Hubungan Networking yang baik terhadap pelanggan atau klien mampu membawa kesuksesan dalam berbisnis. Banyak para pebisnis sukses berawal dari jalinan Networking yang baik.

Salah satu pebisnis yang sukses berkat jalinan Networking adalah Veronica Ratnaningrum. Sebagai “Woman Marketer” Veronica Ratnaningrum sangat menjaga hubungan dengan klien atau pelanggan. Menurutnya klien itu bukan sekedar pembeli atau raja tapi lebih dari itu. Klien juga manusia yang memiliki keinginan untuk tetap dihargai dalam menggunakan jasa kita.

Mendengarkan dengan baik dan seksama tentang apa yang dibutuhkan oleh klien atau pelanggan adalah cara jitu untuk mendapatkan rejeki. Jangan sampai kita salah-salah menangkap keinginannya, karena bisa dipastikan jika hal itu terjadi maka hilanglah kesempatan.

Menjaga hubungan dengan klien merupakan salah satu usaha dari sekian banyak usaha dalam menggapai sukses. Mungkin ini juga yang dimaksud dengan silaturahim seperti uraian saya di atas. Sungguh, saya nggak sangka jika jalinan silturahim bisa menjadi tonggak sukses dalam berbisnis. Saya kira bisnis itu bisa sukses karena modal materi yang banyak, ternyata silaturahim atau bahasa kekiniannya Networking bisa melejitkan bisnis. Hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh Veronica Ratnaningrum owner dari PT. Masterindo Multiguna dalam menjalankan bisnisnya.

Veronica Ratnaningrum menjadikan Networking sebagai modal utamanya dalam berbisnis. Setelah itu dia juga menjaganya terus menerus agar berkesinambungan. Seperti pepatah mengatakan bahwa “Menjaga itu lebih sulit daripada mencarinya dari awal”. Dari situlah Veronica Ratnaningrum tidak mau klien bisnisnya putus begitu saja. Kekuatan inilah yang akhirnya mengantarkannya meraih sukses.

Save

Leave a Reply

4 Comments on "Menjalin Networking Modal Sukses Berbisnis"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Fenny | ngeBLOG dapet DUIT, mau?
Guest

Fenny juga merasakan berkah menjalin silaturahmi dan membangun networking

wpDiscuz