Hotel

Menu Signature Dapur Pelangi Ambhara Hotel Buat Buka Puasa

MARHABAN YA RAMADHAN. Bulan mulia yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim seluruh dunia sudah datang. Bulan berlimpah berkah dan ampunan ini disambut dengan suka cita. Salah satu ibadah yang bikin suka cita di bulan puasa adalah buka puasa bersama alias bukber. Sebenarnya bukan tanpa alasan jika buka puasa bareng menjadi ritual paling ngehitz. Pasalnya banyak banget keutamaan buka puasa bareng, misalnya bisa menjadi ajang silaturahmi.  Makanya setiap datang bulan puasa, banyak sekali yang memanfaatkan moment bukber ini. Maka tak heran pula mendekati bulan puasa usaha kuliner bak cendawan di musim hujan. Masing-masing berlomba menawarkan menu khas atau spesial untuk buka bersama.

Salah satu resto yang menawarkan menu berbuka adalah Dapur Pelangi. Resto yang bernaung satu atap dengan Hotel Ambhara Jakarta ini menawarkan tiga menu spesialnya. Dengan mengusung tagline “Menu Signature” Dapur Pelangi memberikan pelayanan resto berkonsep all you can eat atau ala buffee. Dua hari menjelang bulan puasa, saya berkesempatan untuk icip-icip menu signature tersebut. Ada tiga menu andalan dari resto Dapur Pelangi yaitu, Rawon, Gulai Pakis dan Rendang. Ketiga menu tersebut menjadi signature di Dapur Pelangi karena sang pemilik hotel ingin mempertahankan menu tradisional. 

Rawonnya endeeesss

Sebenarnya menu signature tersebut tidak hanya ada pada saat puasa saja. Akan tetapi menu itu setiap hari tersedia di resto karena juga merupakan menu favorit tamu-tamu yang nginep di Hotel Ambhara.

Gulai pakis

Nah, sekarang saatnya saya menceritakan semua menu yang akan disajikan secara bergilir tiap harinya. Jadi ada sekitar 50 macam menu siap  disajikan untuk buka puasa. Hidangan pembuka ditambah menu ta’jil seperti kolak pisang, bajigur, es campur, es timun suri, es krim, es merah delima dan ada beberapa lagi. Adapun  tak ketinggalan yaitu aneka gorengan, rebus-rebusan dan kurma.

Es campur favorit kuu

Untuk main course nya sendiri ada dua macam nasi, yaitu nasi putih dan nasi goreng. Waktu itu saya cobain nasi goreng singapur dengan lamb stamb nya. Gurih dan cocok banget di lidah.

Untuk lauk pauknya terdiri dari cumi cabe hijau, cumi campur sayur, lamb stamb, beef yakiniku dan lainnya. Untuk menu signature ketupat sayur padang menjadi icon menu di Dapur Pelangi.  Nyaris hampir semua menu saya cobain, kalau dikasih nilai saya kasih 8.8 dari 10. Bukannya saya datang karena diundang loh tapi emang udah lebih dari 20 tahun rasa makanan di Hotel Ambhara ini sangat terkenal. Beberapa tamu yang menginap di sini selalu punya makanan favorit juga. 

Slice cake

Oh ya beberapa teman banyak yang nanya soal harga kalau buka puasa di hotel, khususnya di Hotel Ambhara. Buat saya sih worth it banget lah. Dengan harga 250 K net kita dah bisa makan sepuasnya, mulai dari menu pembuka, menu utama, cemilan sampai hidangan penutup. Saya ceritain dikit ya kenapa saya bilang worth it, jadi sejak dua tahun lalu saya memutuskan untuk beralih buka bersama di hotel. Keputusan saya ini juga bukan tanpa alasan lho. Saya pernah punya pengalaman buruk ketika mau sholat Maghrib. Nyaris saya nggak kebagian tempat dan desek-desekan pula. Padahal waktu sholat maghrib itu kan pendek banget.

Suasana resto yang bersih dan nyaman

Mulai saat itu saya nggak mau lagi buka bersama di restoran yang ada di mall. Itu sih keputusan pribadi saya ya. Bukan berarti yang buka di mall itu lebih baik atau apalah. Setelah hampir berjalan tiga tahun, saya merasakan perbedaannya. Nyata banget kalau buka bersama di hotel jauh lebih nyaman ketimbang di mall.

Dan yang nggak kalah penting yaitu pelayanan dan kebersihan tempat. Pelayanan di hotel Ambhara terbilang yahud, buktinya kemaren waktu saya mau ambil lamb stamb potongan dagingnya masih gede-gede. Lagi bingung antara mau ambil atau enggak, dateng deh staff F & B nanyain kenapa saya keliatan bingung. terus saya bilang aja kalau daging kambingnya kegedean. Lalu, dengan sigap Mba Ida—-saya langsung tanya namanya membantu saya memotong daging jadi lebih kecil-kecil.

Mba Ida membantu saya memotong daging

Selain dari sajian menu yang beragam, pihak hotel Ambhara juga punya kejutan buat tamu.  Seperti yang dikatakan oleh pihak Markom, Mba Dhini Harsono mereka akan memberikan gift berupa syal pada tamu. Kemudian mereka juga menyediakan booth bernuansa Maroko untuk berfoto. Pokoknya segala sesuatu yang berbau Ramadhan telah disiapkan oleh manajemen hotel.

Photo booth

Oh ya saya hampir lupa, padahal ini yang paling penting, mesjid terletak di lantai bawah. Meskipun letaknya di bawah mesjid ini sangat bagus dan beneran sebuah mesjid bukan asal mesjid loh ya. Jadi tunggu apa lagi? Buruan deh reservasi buat buka bersama dengan keluarga, klien, teman atau kolega. Tulisan di atas saya kan udah kasih tau soal ratenya, tapi bisa dapet rate 175 K net kalau  reservasinya menyebut nama saya.

Eh, ini beneran lhoo….jadi gini kalau  mau reservasi akan ditanya tau dari mana info soal iftar ini.  Terus  bilang aja habis baca dari blognya Ety Budiharjo. Emang ada hubungan apa saya dan hotel Ambhara? Nggak ada hubungan apa-apa sih, cuma hubungan baik aja. Inilah rezeki berteman dengan orang baik. Tsaaahhh…

Akhiru kalam selamat  menjalankan ibadah puasa. Semoga Allah mengganjar ibadah kita selama di bulan puasa ini. Aamiin.

Untuk reservasi bisa menghubungi :

Ida Farida

Telepon : +62 (021) 2700 800

 

Simple dan konsisten

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
etybudiharjoFauziah azzahra Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fauziah azzahra
Guest

Bikin ngiler ih makanannya, untung bacanya pas saur. Hehehe recommended banget ya mba, bisa dicoba nih. Sebut nama mba 🤭