Menu Soto Betawi di Buka Puasa Pertama

Assalamualaikum…

Waaahh…nggak terasa ya puasa sudah hampir seminggu. Terus kayak nggak berasa puasa, soalnya cuacanya adem beda banget sama waktu mau menjelang puasa. Bahkan prediksinya puasa tahun ini cuaca bakalan panas pooolll. Eh…taunya enggak. Alhamdulillaah…

Buat saya puasa tahun ini sangat berat, bukan karena cuaca tapi lebih pada perasaan dan situasi. Yah, ini adalah pertama kalinya saya harus menjalani puasa tanpa Papieh, Bapak dan Adik. Semua sudah kembali pada Sang Pencipta. Bayangan, untuk makan bersama ketika berbuka atau makan sahur pupus sudah. Namun begitu, saya akan menjadikan situasi ini sebagai titik balik buat diri saya selanjutnya. Bahwa saya akan menjalani takdir dengan ikhlas.

Ah, maaf ya teman-teman saya ko jadi ngelantur kemana-mana. Padahal saya menulis ini mau cerita soal menu buka puasa hari pertama lho.

Sebenarnya saya sih nggak bingung-bingung amat mau masak apa buat buka puasa pertama. Waktu buka freezer saya liat masih ada daging. Terus di tempat bumbu-bumbu ada kentang. Jadi saya langsung kepikiran mau bikin soto betawi aja. Tinggal beli tomat, daun bawang dan santan kelapa. Saya cek bumbu dapur juga lengkap ko. Soal resep soto betawi, gampang banget tinggal browsing aja di google. Enaknya zaman sekarang yah begitu, semua tinggal googling.

Oh ya, terus terang aja yah saya kalau masak buat keluarga jarang banget ditakar atau ditimbang. Pokoknya seadanya bahan-bahan aja, begitu juga soal bumbu.  Takaran saya memasak tuh jumlah yang mau makan aja. Misalnya nih, buat makan siang ada saya, anak dan empat cucu kan cuma berenam tuh jadi masaknya supaya cukup buat berenam. Begitu deh kira-kira. Dan cuma buat sekali makan doang ko, ntr malem menunya ganti lagi atau beli pake online.

Makanya masakan saya lebih pada insting atau nurani ajah. Okee…kalau gitu saya mulai aja yah dari bahan-bahannya dulu.

Bahan-bahan :

 – Daging sapi 300 gram ( biasanya soto betawi itu ada jeroannya juga seperti iso, babat, paru tapi saya nggak  pake karena anak-anak juga ikut makan ).

 – Kentang 2 buah, cuci bersih, kukus, kupas kulitnya lalu digoreng sampe berkulit.

 – Santan kental 100 ml

 – Susu cair putih 100 ml

Bumbu dihaluskan :

 – Bawang merah 5 siung

 – Bawang putih 3 siung

 – Kemiri 3 butir

 – Ketumbar 1 sdt

 – Lada 1 sdt

 – Kapulaga

 – Jinten

 – Kayu manis

 – Salam, sereh, daun jeruk

Bahan pelengkap :

 – Tomat

 – Emping

 – Daun bawang,

Cara membuat :

 – Rebus daging sapi dengan 200 ml air, biar cepet empuk saya rebunya pake presto atau panci tekan. Tiriskan   lalu potong-potong dadu.

 – Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan sereh, daun salam dan daun jeruk

 – Tambahkan santan dan susu cair, aduk perlahan supaya jangan pecah

 – Masukkan daging berikut kaldunya

 – Masak hingga mendidih dan bumbu meresap

Penyajian :

Siapkan mangkuk, ambil kentang yang sudah dipotong-potong, tambahkan soto betawi. Beri tomat, bawang goreng, emping dan taburi dengan daun bawang. Soto betawi nan gurih siap disantap dengan nasi hangat. Oh ya supaya lebih sedap, bagi penyuka pedas jangan lupa bikin sambal dan perasan jeruk limau.

Keluarga saya sangat suka dengan soto betawi, dan saya juga senang memasaknya. Kuahnya yang tidak terlalu pedas membuat anak-anak pun suka. Kalau saya sih harus pake sambel dan perasan jeruk limau. Soto betawi ini nikmat disantap selagi panas, dengan nasi yang nggak pulen juga enak ko. Rasanya ko belum mantap makan kalau belom pake sambel. Karena sudah menjadi komitmen saya, untuk buka puasa pertama di rumah jadi saya memasak masakan yang disukai oleh seluruh anggota keluarga. Oke…teman-teman bersama postingan ini saya dan keluarga mengucapkan “Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1439 H. Semoga Allah Ta’ala menjadikan kita manusia bertaqwa. Amiin…”

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of