Menyambut HUT RI Ke-71 Synthesis Development Menggelar Ajang Indonesia is Me

Bulan Agustus telah tiba, bulan spesial bagi bangsa ini. Bulan yang identik dengan  kemerdekaan. Tepat pada tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya. Tahun ini Indonesia akan merayakan kemerdekaan yang ke – 71. Pasti akan ada perayaan, entah itu lomba, sarasehan dan masih banyak lagi. Rakyat, instansi pemerintah maupun swasta menggelar acara dengan meriah, tanpa kecuali Synthesis Development.

Sebagai perusahaan pengembang yang dikenal dengan karya ke Indonesiaannya, tentu saja Synthesis Development tidak mau ketinggalan. Melalui serangkaian acara yang digelar selama tiga minggu berturut-turut, Synthesis Development berupaya menggali budaya nusantara.  Terus terang, saya sangat terkesan dengan idenya. Sebuah perusahaan properti terbesar masih peduli dengan budaya negrinya. Bahkan bukan cuma gelaran acaranya saja. Synthesis Development juga sedang membangun apartemen dengan menggali budaya Jawa.

syn9

Rangkaian acara diawali dari lokasi Synthesis Residence Kemang. Proyek yang digadang-gadang akan menjadi premium apartemen ini memang sedang menunjukkan geliat pembangunannya. Panas yang cukup menyengat, tidak melunturkan semangat peserta lomba dan undangan. Begitupula dengan saya, setibanya di sana kursi berselimut cover putih sudah penuh terisi. Setelah melakukan registrasi, saya langsung mencari kursi kosong untuk segera mengikuti rangkaian acara.

Panggung sederhana dengan background bertuliskan Indonesia is Me, menjadi sentral para undangan. Dengan mengusung tema “Traditional Culinary” Synthesis Development benar-benar akan membuktikan kecintaannya pada negri.

syn1
Panggung Utama ( dok. Blogger Perempuan )

Lalu, sayup-sayup saya mendengar MC menginstruksikan untuk naik ke lantai dua yang berada di Marketing Office Synthesis Developmnent. Lomba menghias kue bagi peserta anak-anak akan segera dimulai. Keceriaan mewarnai peserta yang didominasi oleh anak perempuan. Suasana lomba cukup meriah, maklum namanya juga anak cewek. Selesai lomba menghias kue, kami diminta untuk kembali ke panggung utama.

syn13
Kreasi dari lomba menghias kue ( dok. Martha Aja )

Bukan hanya lomba untuk anak-anak saja, para ibu juga ditantang kepiawaiannya dalam lomba memasak nasi goreng. Waaah…kalau yang ini sih pasti ibu-ibu sudah pada jago semua ya. Tapi namanya juga lomba, jadi harus ada yang menang dan kalah. Sambil menunggu ibu-ibu memasak, saya yang datang mewakili blogger dari komunitas Blogger Perempuan mengikuti launching Synthesis Residence Kemang. Nah, ini dia nih acara yang paling saya tunggu-tunggu, eksplor apartemen Synthesis Residence Kemang.

syn12
Ibu-ibu semangat lomba memasak nasi goreng ( dok. Martha Aja )

“Tema apartemen Synthesis Residence Kemang ini etnik modern dengan mengusung budaya Jawa. Apartemen ini akan dibangun tiga tower dengan menggunakan nama tokoh pewayangan yaitu Arjuna, Nakula dan Sadewa. Sedangkan untuk lobi utama, akan dibangun Rumah Joglo. Rumah Joglo diapit oleh dua tower kembar Nakula dan Sadewa,”tutur Imron Rosyadi, selaku GM Sales and Marketing Synthesis Residence Kemang saat eksplor apartemen.

syn24
Pak Imron Rosyadi—

Dengan begitu, para penghuni akan merasakan sensasi tinggal di sebuah Istana Keningratan Jawa dan merasakan sebagai bangsawan Jawa. Ditambah lagi dibangunnya Patung Bancak Doyok, persis di depan Rumah Joglo.

syn7

Di dalam apartemen  terdapat taman Tirta Astana. Dan di dalam taman Tirta Astana sendiri hadir Amerta – Swimming Pool, Prasanti – Yoga Pavilion, Astaka – Main Gazebo, Ananta – Reflecting Pool, Pranala – Children Swimming Pool, Dewari – Children Playground, Nismara – Barbeque Area, Samboga – Dinning Pavilon dan Aksara – Reading Pavillion. Adapun semua fasilitas tersebut dapat digunakan oleh penghuni sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Hmmm…belum tinggal aja saya sudah merasakan jadi putri ningrat dari seorang raja..

syn5

Bukan tanpa sebab, Synthesis Residence Kemang dibangun dengan sentuhan budaya Jawa. Awalnya memang karena pilihan lokasi di Kemang, yang nota bene terkenal dengan budaya. Alasan lain yaitu kebanyakan orang sudah lama memendam rindu dengan sentuhan tradisional. Tradisional sendiri selalu menghadirkan hal-hal yang berbau etnik dan heritage. Bukankah etnik dan heritage sangat digemari oleh orang-orang asing ?

syn3

Sentuhan lain juga akan dirasakan oleh penghuni lewat desain interior dan eksterior. Di mana pada bagian ini, akan terlihat sebuah desain Batik Kawung. Jika selama ini kita mengenal batik lewat busana dan kain, maka tidak begitu dengan Synthesis Residence Kemang.

syn6
Sentuhan Batik Kawung — interior kitchen

Dibangun di atas lahan seluas 2 hektar, berlokasi di kawasan elite Selatan Jakarta sangat mungkin apartemen ini akan menjadi best seller. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan tingkat penjualan  mencapai 75 %.

Hari semakin beranjak siang, selesai eksplor dan jeprat jepret, tiba waktu makan. Makanan yang disajikan juga benar – benar tradisional Jawa. Gudeg Yu Djum menambah kental jamuan makan siang serasa di Keraton Jawa.

syn2

Setelah makan siang, saya bersama teman-teman kembali ke panggung utama. Saat itu di panggung sedang ada performance ballet oleh gadis-gadis cilik nan cantik.

syn11
Gadis-gadis cilik penari ballet ( dok. Martha Aja )

Rangkaian acara selanjutnya digelar pada pekan kedua bulan Agustus. Kali ini acara berlangsung  di Synthesis Square, berlokasi di Jl. Gatot Subroto. Synthesis Square merupakan salah satu proyek yang menggabungkan apartemen dan perkantoran. Tema yang diangkat pada gelaran ini “The Art of Living”. Pada kesempatan ini Synthesis Development memperkenalkan apartemen yang berada di tengah kota. Samara Suites, merupakan apartemen yang bisa disewakan oleh masyarakat urban agar lebih dekat ke kantor. Sayangnya saya tidak bisa hadir diacara ini. Karena seminggu lebih saya diserang  batuk dan flu.

syn17
Salah satu sudut di apartemen Samara Suites

Akan tetapi kemajuan internet membuat saya tidak ketinggalan info untuk mengikuti acara demi acara. Dari media sosial teman-teman dan komunitas Blogger Perempuan, saya jadi tahu acara yang sedang berlangsung. Ada talkshow tentang art, beauty dan health, pameran kriya sulam berlanjut dengan demo menyulam. Bukan itu saja, ada juga demo cara membuat kipas, pokoknya semua yang berbau art of living diperagakan di Samara Suites.

Setelah selesai  acara di Samara Suites,  berlanjut ke Bassura City. Ternyata oh ternyata, acara yang akan digelar di Bassura City kereeen bingits ! Terus terang saya aja baru kali itu mendengarnya dan menurut saya sangat kreatif. Mau tahu nama acaranya ? Traditional Dance Flash Mob, apaan sih tuh. Itu loh, beberapa penari menarikan tari traditional secara bersamaan alias serempak. Mereka nggak cuma berada di satu tempat aja tapi tersebar di beberapa lantai mall @bassuracity. Acaranya  menarik,  bahkan ada loh beberapa pengunjung mall yang ikut menari. Pokoknya keren abis deh !

syn14
Traditional Dance Flash Mob ( dok. Blogger Perempuan )

Pekan ke tiga, tepatnya tanggal 20 Agustus Indonesia is Me  berlanjut kembali ke mall @bassuracity. Karena kondisi kesehatan saya sudah membaik, saya bisa hadir ke acara tersebut. Saya baru pertama kali ini ke mall @bassuracity. Pas sampe di sana kaget juga, nggak percaya  ada mall keren bersisian dengan Pasar Gembrong.  Setahu saya Pasar Gembrong terkenal dengan sebutan pasar amburadul. Saya  kagum dan salut pada Synthesis Development yang bisa mengangkat daerah itu jadi elite. Menurut saya ini sebuah terobosan bisnis yang sangat berani. Dan nyatanya Bassura City sukses dengan superblocknya bahkan laris manis.

syn21

Acara kali ini menyaksikan film yang dibuat secara khusus untuk Synthesis Development. Bukan cuma nonton aja, tapi ada juga creative talk with Alexander Tian akun twitter @aMarazing. Oh ya sekilas tentang filmnya berkisah tentang 8 pusaka Indraloka pada jaman Kerajaan Prajawangsa. Filosofi inilah yang akan diangkat oleh Synthesis Development untuk proyek superblock berikutnya. Dan pilihan lokasinya jatuh di wilayah bekas Kerajaan Prajawangsa, sekarang dikenal dengan nama Cijantung – Jakarta Timur.

Mengulang kesuksesan superblock Bassura City, maka  Pusakaprajawangsa  akan menjadi superblock berikutnya. Tidak jauh beda dengan Bassura City, superblock Pusakaprajawangsa  juga akan menyulap daerah pinggir Jakarta menjadi lebih elite lagi.

syn19

“Kalau mau investasi jangan lihat sekarang, tapi lihat lima tahun ke depan,”begitu kata Pak Edi selaku GM Sales and Marketing Pusakaprajawangsa. Harga yang ditawarkan sangat kompetitif, dengan segala fasilitas dan kemudahan,”tambahnya lagi.

syn23
Pak Edi—

Sentuhan Indonesia juga dihadirkan, berupa alunan musik tradisional Kalimantan. Saya bener-bener terkesima dengan semua rangkaian acara. Indonesia is me nya kental banget, mulai dari kuliner, alat musik, tarian tradisional, kerajinan tangan semuanya komplit…plit..!

Akhirnya setelah tiga pekan berturut-turut rangkaian acara Indonesia is Me digelar, sampailah di penghujung acara. Synthesis Merdeka Ride ( SMR ) mengakhiri rangkaian Indonesia is Me. Apalagi sih Synthesis Merdeka Ride ? Bahasa gaulnya reli sepeda, reli sepeda ini akan menempuh jarak 71 km dengan mengunjungi semua proyek Synthesis Development. Start dimulai dari Synthesis Square Jl. Gatot Subroto, menuju Bassura City dengan jarak tempuh 10 km. Dari Bassura City dilanjutkan ke Pusakaprajawangsa, Cijantung sudah menempuh jarak 22,7 km. Lalu lanjut ke Synthesis Residence Kemang dan finnish di Synthesis Square.

syn16

Synthesis Merdeka Ride bukanlah ajang balap sepeda biasa, tapi lebih dari itu. Donasi yang terkumpul dari keikutsertaan akan disumbangkan untuk operasi bibir sumbing pada anak-anak di Indonesia Timur. Dengan begitu kayuh para peserta memiliki manfaat ganda, sehat dan berbagi.

syn22

Ada yang unik dari acara Merdeka Ride ini, yaitu di setiap water station para peserta akan disambut oleh tarian tradisional. Semua ini dimaksudkan untuk menambah semangat peserta dan pengalaman berbeda tentunya. Kapan dan di mana lagi ada acara Fun Ride dengan iringan tari tradisional. Itulah mengapa sejak awal saya sangat tertarik dengan acara yang digelar oleh Synthesis Development. Bukan saja harus dicontoh dan ditiru tapi juga digalakkan terus ke Indonesiaanya.

Menjiwai bukan hanya melulu dengan pesta pora, tapi bisa dengan bentuk lain yaitu mencintai budaya Tanah Air. Saya sih berharap semoga tahun depan Synthesis Development terus menggelar acara serupa, bahkan lebih banyak lagi yang ditampilkan. Bukankah Indonesia itu penuh dengan keragaman ?

DIRGAHAYU INDONESIA KE – 71   JAYALAH BANGSAKU  JAYALAH NEGRIKU…

Sampai jumpa di tahun depan !

syn15

 

Leave a Reply

18 Comments on "Menyambut HUT RI Ke-71 Synthesis Development Menggelar Ajang Indonesia is Me"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Martha
Guest

Saya Cinta Indonesia ^_^

Eni martini
Guest

Lengkaaaap, mb Ety bagussss
Aku cuma datang yg di Kemang

echaimutenan
Guest

Rangkaiannya banyak ya mbak acara synthesis ini..aku cuma ikutan 1 aja

Turis cantik
Guest

Keren acaranya seru nyesel ngak ikut uhuhuhu

Liswanti
Guest

Dirgahayu Indonesiaku

Mba acaranya keren neh. Apalagi ada lomba masaknya ya

Kang Nurul iman
Guest

Wah lengkap dan seru sekali bu acaranya kalau ditempat saya mah cuman perlombaan biasa biasa saja mbak, mungkin kalau tahun depan dipercaya jadi panitia akan diajukan deh ada tambahan acara biar rame.

evrinasp
Guest

lengkap pake bangetttt, ku doakan mbak moga menang ya, aamiin. aku ketinggalan seluruh rangkaiannya, apa daya badan tak sanggup mengejar

Alaika
Guest

Congrats ya, Mba Ety. Keren ih, tulisannya jadi juara. 🙂

Liza
Guest

selamat mba ety, alhamdulillah dapat laptop baru nih

wpDiscuz