Mudahnya Menabung Ala Baby Adreena

Namanya Adreena, umurnya baru 15 bulan dengan usia segitu Adreena termasuk kategori bayi. Kecerdasan dan motorik Adreena sangat bagus. Cepet banget nangkep apa yang diomongin sama orang dewasa, dan peniru ulung. Makanya semua orang dewasa di rumah, termasuk tiga kakaknya saya wanti-wanti untuk selalu berlaku baik. Karena jika saja Adreena melihat perilaku tersebut, maka otomatis dia akan meniru. Semisal kakaknya menulis, ia juga mau ikut menulis, lalu yang lain main bola ia juga mau main bola dan seterusnya. Apalagi jika nanti ia sudah berbicara, pasti akan lebih hati-hati lagi. Bukankah usia 1- 5 tahun merupakan Golden Age bagi setiap anak, maka dari itu saya ingin memanfaatkan masa-masa emasnya untuk hal-hal yang baik.

SM1

Saya sadar hidup di era teknologi digital seperti saat ini, mendidik anak tidak cukup hanya pada perilaku saja. Dalam kehidupan modern, anak juga harus diperkenalkan dengan dunia yang akan mengiringi kehidupannya kelak. Butuh perencanaan yang matang dan terlindungi, bahkan sejak masih bayi sekalipun.

Salah satu perencanaan yang saya ajarkan yaitu menabung meskipun dengan hal sederhana. Sebenarnya bukan hanya pada Adreena saja, ke tiga kakaknya sudah lebih dulu diajarkan untuk menabung. Karena keseringan melihat kakak-kakaknya menabung Adreena jadi ikut-ikutan juga. Alhasil kami membelikan celengan berbentuk singa untuk menabung. Sebenarnya sih namanya bukan menabung, hanya mengajarkan saja. Karena yang dimasukkan oleh Adreena bukan hanya koin tapi semua yang bentuknya tipis akan dimasukkan di situ. Seperti yang pernah saya lihat, ada mainan kartu-kartuan  dimasukkannya juga disitu.

SM3

Saya tidak membayangkan sebelumnya, kalau Adreena antusias sekali menerima celengan singanya. Sekarang hampir setiap saat ia minta koin dan langsung memasukkannya, kamipun memberi koin seadanya. Ada koin 100, 200, 500 rupiah yang penting koin dan ia dengan suka cita memasukkannya. Sungguh mudah ternyata mengajarkan menabung pada baby Adreena, kapanpun bisa menabung tanpa jumlah uang yang banyak pula. Ah, seandainya menabung bisa semudah itu mungkin saya akan langsung membuka rekening.

SM4

Pucuk dicinta ulam tiba, tanggal 21 Mei kemarin  saya menghadiri acara #RoadblogJakarta, di acara itu saya melihat ada booth Sinarmas. Acara yang digelar oleh Excite ini memang sarat dengan ilmu dan informasi. Excite sudah mengadakan acara serupa di 10 kota, dan Jakarta menjadi kota terakhir dalam perhelatannya.

unnamed

Tanpa mau membuang kesempatan, saya menghampiri booth Sinarmas lalu bertanya-tanya tentang produk teranyarnya. Benar saja, mbak dari Sinarmas langsung menyodorkan produk terbarunya yaitu Tabungan Online. Sayangnya pada saat itu saya tidak membawa kartu tanda pengenal, jadi saya tidak bisa langsung membuka Tabungan Online tersebut. Saya hanya diberikan formulir rekening pembukaan saja. Waktu saya diberikan formulir rekening pembukaan saya sempet bertanya,”Loh…mbak ko masih harus mengisi formulir sih, katanya bisa buka secara online,”tanyaku heran. Tapi setelah dijelaskan oleh si mbak, saya langsung ngeh betapa mudahnya buka Tabungan Online atau Rekening Online. Lalu, saya dipandu untuk membuka rekening online langsung dari smartphone saya. Begini nih caranya :

    1. Buka link berikut : https://www.banksinarmas.com/tabunganonline/eform

    2. Isi semua data yang diminta

    3. Lalu klik Apply, di mana sebelumnya kita disuruh memasukkan kode keamanan dulu

SM6
Formulir Pengisian

SM7

Setelah itu, saya diminta untuk membuka email yang isinya pemberitahuan dari pihak Bank Sinarmas kalau pembukaan rekening online saya disetujui. Bukti dari persetujuan itu saya diberikan nomor Virtual Account ( VA ) dan syarat lainnya yaitu menyetorkan saldo awal sebesar IDR 50 K.

SM8
Email pemberitahuan Virtual Account

Hohoho…dalam sekejap mata saya sudah memiliki tabungan Sinarmas. Semua seperti mimpi, masak sih buka tabungan kayak  maen sulap aja. Saya jadi yakin seyakin-yakinnya, kalau buka tabungan di Sinarmas itu bisa dilakukan kapan aja, di mana aja dan lagi ngapain aja. Buktinya saya yang lagi ikutan acara #RoadblogJakarta bisa langsung buka tabungan. Ssssssttt…syarat utama cuma satu punya kuota internet, jadi kalau temen-temen lagi nyelem jangan harap bisa buka tabungan Sinarmas deh. Bukan cuma nggak bisa doang, entar ikan lumba-lumba, paus, cucut dan kawan-kawannya antri mau buka tabungan juga. Hehehehe…

Keuntungan lainnya juga banyak loh, kita bisa terbebas macet, ngantri, aman, nyaman dan paling penting lebih efisien. Selain itu, kalau biasanya membuka tabungan konvensional kita yang mendatangi banknya maka tabungan online ini, kita yang didatangi. Hasek nggak tuuuhhh…

Pelayanan Prima Bank Sinarmas

Keesokan harinya saya ke ATM untuk melakukan penyetoran awal, karena ini rekening online maka pemberitahuannya juga melalui email. Dalam perjalanan pulang dari ATM saya membuka email dan pihak Bank Sinarmas  memberitahukan bahwa setoran awal saya sudah mendarat di rekening online dengan cantik. Lalu langkah selanjutnya apa ? Seperti yang diberitahukan lewat email bahwa nanti saya akan dihubungi oleh pihak Bank Sinarmas untuk penyerahan ATM.Benar saja, tujuh hari setelah penyetoran awal saya ditelepon pihak Bank Sinarmas, namanya Pak Darto dari kantor cabang Roxy, Jakarta Pusat. Beliau menanyakan apakah ATM tabungan Sinarmas mau diambil ke kantor cabang terdekat atau diantar. Waktu ditanya begitu, saya kaget juga masak sih ada layanan untuk mengantar ATM. Wah…ini namanya baru pelayanan prima, kataku dalam hati. Mendapat tawaran begitu saya langsung menjawab minta dianter saja ke rumah.

SM13
Mbak-mbak cantik dari Bank Sinarmas saat datang ke rumah

Dan keesokan harinya saya ditelepon oleh Mbak Enjang dari kantor cabang Bank Sinarmas Bintaro. Mbak Enjang ingin membuat janji kapan saya ada di rumah guna keperluan mengantar ATM. Saya akhirnya meminta untuk datang esok hari saja, karena menjelang penerimaan rapor saya cukup sibuk juga. Esok harinya datang dua orang wanita cantik dari Bank Sinarmas ke rumah saya, salah satunya bernama Mbak Santi.Tak berapa lama proses penyerahan ATM pun selesai, saya sudah menerima ATM. Sebenarnya selain ATM nasabah juga mendapat buku tabungan seperti kebanyakan bank-bank lain, tapi saya memang tidak ingin memiliki buku. Justru yang saya perlukan adalah ATM dan internet banking. Kalau soal buku, Mbak Santi menjelaskan bisa dilihat di websitenya Sinarmas. Lepas dari masalah ATM dan buku tabungan, saya lalu dipandu cara membuat internet banking nya. Dan…selesai sudah urusan tabung menabung, hasilnya taraaaa…

SM14
Kartu ATM saya

Saking mudahnya dalam hal pelayanan membuat saya jadi ketagihan untuk mencicipi produk lain dari Bank Sinarmas. Produk lain yang ingin saya cicipi yaitu dengan membuka kartu kredit bernama Secure Credit Card. Saat itu juga Mbak Santi sudah membawa formulir untuk mengisi data guna membuat kartu kredit. Sampai tulisan ini dibuat, kartu kredit yang saya inginkan masih dalam tahap proses administrasi. Jadi mohon maaf ya belum bisa saya ajak narsis.

Bukan cuma itu, Bank Sinarmas juga memiliki produk lainnya seperti asuransi pendidikan dan asuransi kesehatan bernama Smile Medical. Jika calon nasabah ingin memiliki produk dari Sinarmas,  nggak usah bingung mbak-mbak cantik siap mengunjungi rumah Anda. Maka otomatis Anda akan terhindar dari kemacetan apalagi di saat mau lebaran. Atau kalau mau tanya-tanya juga boleh bisa menghubungi di Sinarmas CARE ( 021 ) 1500 153 atau 501 88888.

Ah, bener-bener deh ini mah kemudahan yang tiada tara semua dikerjakan dalam waktu sangat singkat dan bebas dari stress. Buka tabungan cuma pake jari plus dianterin pula ATM dan buku tabungannya. Nah, percaya kan sekarang kalau buka tabungan di Bank Sinarmas bener-bener mudah, cepat dan terpercaya. Hari gini buka tabungan masih ngantri, nggak jaman deh !   Hah…?  Gampang banget…!  Akhirnya saya punya tabungan semudah menabung di celengan singa, kayak Baby Adreena.

SM9

Seperti biasa, kalau saya habis pulang menghadiri acara saya selalu cerita ke Papieh—panggilan saya ke suami. Semua yang saya lihat, dengar dan apa aja deh saya ceritakan. Nah, kemaren waktu dari acara #RoadblogJakarta saya juga ceritain semuanya termasuk membuka tabungan online di Sinarmas. Mulanya Papieh agak ragu mendengarnya, maklum Papieh gaptek sama dunia internet atau online…*Papieh mah gitu orangnya. Tapi pas saya tunjukkin semua berkas-berkasnya berupa email dan lain-lainnya baru deh percaya. Komennya,”Lama-lama uang nggak pernah sampe di tangan. Bayar aja sekarang udah pake internet, apa-apa internet. Internet jadi sakti ya,”selorohnya sambil terus ngunyah singkong goreng kesukaannya. Yah, namanya juga Papieh tiada hari tanpa komen gitu loh !

Mendengar selorohan Papieh tidak membuat hati saya ciut tapi malah sebaliknya, saya langsung membuka websitenya Sinarmas. Penasaran pengen tau ada produk apa aja yang semudah dan seefisien seperti membuka rekening online. Dan ternyata selain rekening online, Bank Sinarmas juga mempunyai produk online lainnya. Bener-bener dah, Bank Sinarmas mau menunjukkan semua kemudahan dalam dunia banking dengan Digital Bankingnya. Bank Sinarmas nggak mau ketinggalan dalam hal berinternet, bahkan akan menjadi yang terdepan. Jadi selain rekening online, Bank Sinarmas juga menggulirkan Deposito Online. Sama seperti rekening online, membuka deposito online juga sangat mudah. Uniknya lagi, bilyet yang menjadi bukti bagi nasabah akan dikirim lewat email dalam bentuk file PDF.

SM10

Wah…wah… ini sih Digital Banking beneran, semua dibikin lebih mudah dan cepat. Pada dasarnya kita memang tidak bisa membendung arus teknologi digital saat ini. Mau nggak mau kita harus siap menghadapinya, tentu saja menyikapinya dengan bijak.  Salah satu contohnya yaitu dengan kepemilikan kartu kredit. Jauh sebelum serbuan era digital datang saya sangat anti pati sama yang namanya kartu kredit. Menurut saya, memiliki kartu kredit sama saja menumpuk hutang. Makanya saya enggan memiliki kartu kredit bahkan phobia dengan sales-sales yang bertebaran di mal-mal. Setiap kali melihat ada sales kartu kredit saya langsung menghindar, supaya mereka tidak menghampiri saya. Sampe segitunya yak !

SM11

Jaman sudah berubah, sebenarnya sebelum kita memutuskan untuk memiliki kartu kredit ada baiknya kita perdalam dulu ilmunya. Ilmunya kembali pada soal bijak menyikapinya agar kita tidak terjebak pada urusan hutang. Misalnya saja kita harus mempunyai sumber dana untuk membayar tagihan dan mengatur penggunaannya. Karena ini sudah jaman internet, banyak ko cara-cara aman dan bijak tentang penggunaan kartu kredit. Jadi kita bisa mempelajari ilmunya terlebih dahulu sebelum punya kartu kredit.

Nah, hal-hal yang membelit seperti itu ternyata mendapat perhatian khusus dari Bank Sinarmas. Komitmen Bank Sinarmas untuk menjadi Digital Banking terdepan tidak dilakukan dengan semena-mena. Begitupula saat meluncurkan Secure Credit Card, kartu kredit yang diberikan kepada calon pemegang kartu tanpa pesyaratan berbelit, seperti analisa dan verifikasi. Kemudahan yang diberikan kepada calon pemegang kartu kredit ini juga dibarengi dengan persyaratan ketat. Dengan kata lain meskipun mudah mendapatkannya namun diimbangi keamanan juga. Semua ini dimaksudkan agar pemegang kartu kredit tidak terjebak pada tagihan-tagihan yang kerap menggunung.

SM12

Secure Credit Card merupakan inovasi dari Bank Sinarmas yang benar-benar menghargai calon pemiliknya. Satu hal yang membedakan Secure Credit Card dengan kartu kredit biasa adalah pemilik Secure Credit Card diharuskan untuk menimbun dana pada rekening tabungan terlebih dahulu. Dari dana yang ditimbun, 80% nya akan dilock alias dikunci untuk penggunaan kartu kredit. Istilahnya dana yang dilock akan menjadi jaminan bagi pemegang Secure Credit Card. Menurut saya apa yang dilakukan oleh Bank Sinarmas merupakan langkah cerdas dan keren. Langkah tersebut sekaligus memberikan pembelajaran pada calon pemegang kartu kredit khususunya saya, bahwa kartu kredit itu bukan kartu hutang.

Lebih jauh lagi bahwa kartu kredit bukan alat pembayaran, sejatinya kartu kredit itu adalah alat penunda pembayaran. Sekarang saya cukup mengerti bahwa tak perlu takut lagi untuk memiliki kartu kredit. Rasanya Secure Credit Card bisa menjadi kartu kredit andalan bagi mereka yang suka menunda pembayaran. Bukankah pembayaran dengan menggunakan kartu kredit juga banyak keuntungannya ? Untuk kesekian kalinya saya hanya bisa mengatakan, kembali ke internet untuk mengetahui semuanya. Cmiwww…

Leave a Reply

26 Comments on "Mudahnya Menabung Ala Baby Adreena"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Ida Tahmidah
Guest

Iya sekarang serba online… sampai nabung pun bisa online ya… 🙂

Nurul Fitri Fatkhani
Guest

Wah hebat, dede Adreena udah gemar menabung sejak kecil. Kebiasaan yang bagus. Apalagi sekarang udah dibuatin rekening oleh bunda…tambah rajin ya de… 🙂

Rach Alida Bahaweres
Guest

Mba Ety, senang ya jika anak telah belajar menabung sejak dini. Moga-moga pas udah gede smakin rajin menabung ya, mba 🙂

andyhardiyanti
Guest

Duh semangat bener si adek nabungnya, hebat euy 🙂
Saya juga sudah lama lihat info tabungan online itu mak..nanti cobain juga deh~

April Hamsa
Guest

Anakku sukanya nabung di celengan tapi abis itu nyuruh dikeluarin lagi koin2nya. Sukanya nyemplung2in ajah. Mungkin krn blm tau konsep uang :))

yervi hesna
Guest

Wah baru tahu saya ada bank online dan bisa buka rekening secara online. nice info mb

avizena zen
Guest

celengannya imut..suka deh
kalau di malang ada bank sinarmas gak ya? setoran pertama terjangkau sekali

Pakde Cholik
Guest

Apapun caranya menabung memang penting agar mempunyai uang cadangan.
Terima kasih tipnya
Salam hangat dari Jombang

Nurhayati
Guest

Wah hebat dede Adreena, makasih ya mbak infonya, bisa dicoba nih

DoNurdians
Guest

bisa jadi contoh untuk anak seusianya…

makasih sharenya mbak

Kang Alee
Guest

Bener banget, mudah dan cepat ya Bu

Liswanti
Guest

Perlu banget saya coba ini mah neh mba Ety

evrinasp
Guest

sekarang belum punya celengan lagi nih mbak, kalau ada rezeki langsung ditabung saja di rekening, Baby Andreena keren sudah belajar nabung ya

wpDiscuz