Artikel Umum

Perempuan Dan Budaya Dalam Satu Balutan Perhiasan The Palace National Jeweler

Apa sih yang tidak saya cintai dari negri ini. Dalam kondisi semrawut aja saya masih begitu mencintai. Semua itu karena saya tidak menemui negri yang penuh keragaman seperti negri ini. Dalam hal budaya misalnya, banyak sekali aneka ragamnya bahkan bisa dipadupadankan. Dari hari ke hari keragaman itu bukan berkurang tapi sebaliknya semakin bertambah. Seperti pada postingan saya yang pertama, bisa baca di sini. Sebuah brand perhiasan terkemuka telah sempurna melahirkan Maha Karya.

The Palace Jeweler berkolaborasi dengan Samuel Wattimena, berhasil menuangkan kreasi seni menjadi perhiasan. Kita semua pasti setuju, perhiasan itu tidak diolah saja sudah indah. Apalagi jika diolah dan diukir sedemikian rupa, pasti akan lebih indah. Makanya tidak heran jika #ThePalaceJeweler, berhasil menciptakan produk baru dalam dunia perhiasan. Saya juga pernah sepakat bahwa Perempuan dan Perhiasan tidak bisa dipisahkan. Begitupula dengan Perempuan dan Budaya, tidak terpisahkan.  Dua keindahan bersatu padu maka jadilah keindahan murni dan sejati.

Dok. Nowjakarta.co.id

Dari dua keindahan itu lahirlah apa yang dinamakan #NationalJeweler, perhiasan dengan seri NUSANTARA. Apalah artinya budaya tanpa cerita, seperti halnya seri Nusantara ini. Masing-masing seri memiliki cerita, sehingga terbitlah sebutan #ThePalaceStories.  National Jeweler yang mengangkat issue ‘Perempuan Dan Kebebasan Jiwa’  memiliki arti sangat dalam. Jadi tidak salah jika koleksi The Palace Jeweler ini nampak anggun dan elegan. Ukiran dan tiap lekuk pada emas, menonjolkan corak budaya Nusantara seutuhnya. Bahkan, ketika saya memperhatikan satu persatu dari koleksi The Palace  Jeweler ini bener-bener Indonesia Banget. 

Perhiasan seri NUSANTARA terbagi menjagi tiga, yaitu NUSA, ANTA dan TARA. Salah satu serinya adalah seri Nusa, berupa ‘Pending’. Pending itu sendiri semacam aksesories yang biasa digunakan pada acara adat pernikahan atau perayaan adat lainnya. Biasanya digunakan di bagian kepala seperti jidat atau bisa juga pada sabuk ( ikat pinggang ). Aksesories tradisional ini bisa kita lihat pada suku di wilayah Sumatera, seperti Sumatra Barat, Sumatera Selatan dan beberapa daerah lagi. Dari sinilah lahir sebuah inspirasi untuk membuat koleksi perhiasan sesungguhnya.

 

Pending berbentuk elips dengan kedua ujung lancip juga diadaptasi seluruhnya. Dari bentuk inilah lahir sebuah cerita, di mana bagi pemakainya akan dikelilingi aura  kemakmuran, kesehatan, harmoni dan kebebasan. Kemudian di tangan Samuel Wattimena pending diadaptasi menjadi perhiasan modern. Agar pending terlihat lebih indah, maka dimasukkan pula unsur bunga. Bukankah bunga itu sebagai lambang keindahan? Menurut Samuel Wattimena, pending itu sendiri mencerminkan nilai anggun dan mempunyai nilai artistik yang tinggi.

Pending dalam balutan kebaya ( doc. nowjakarta.co.id )

Motif pending tidak hanya dibuat dalam bentuk kalung saja, tapi juga gelang, cincin, bros dan pendant. Sehingga bisa dipakai oleh perempuan dalam suasana apapun, karena sudah dimodifikasi juga dengan busana lainnya. Pending yang dulu hanya dipakai pada saat upacara tradisional saja kini bisa dipakai kapanpun. Pending buah karya modern ini pantas dipakai dalam gaya busana apapun. Meskipun kebutuhan perhiasan termasuk kebutuhan sekunder, tapi tetap saja perempuan mencari dan membelinya. Bahkan bukan tidak mungkin sampai ada yang mengoleksinya.

Seperti saya misalnya, sudah sejak lama gemar mengoleksi aksesories dari berbagai material dan bentuk. Aksesories itu juga saya  pakai ketika hadir dalam sebuah acara. Rasanya seperti ada yang kurang kalau belum pake perhiasan atau aksesories.  Saya yakin, kebanyakan perempuan pasti merasakan hal yang sama. Apalagi kalau mau pergi kondangan, mulai dari sepatu sampe ke jilbabpun mesti sempurna. Karena kesempurnaan berbusana itu memang milik kaum perempuan.

Saya dan aksesories kalung

Saya sempet mikir koleksi ini bukan sekedar perhiasan semata tapi bisa menjadi identitas Bangsa. Maksudnya adalah setiap perempuan yang memakai koleksi The Palace Jeweler sudah pasti perempuan Indonesia. Perempuan Indonesia yang anggun dan bermartabat. Kamu penasaran? Saya akan perlihatkan lekuk-lekuk itu, atau kalau mau puas silakan kunjungi web nya. Awas! Ketagihan lihatnya, saya aja nggak bosen-bosen melihat dari satu koleksi ke koleksi lainnya. Bahkan dilihat bolak balik juga nggak bosenin, ketauan banget yak matrenya. Hahahahaha… Yaaah…begitulah perempuan. 

Sekilas Tentang The Palace Jeweler

The Palace Jeweler merupakan sebuah perusahaan retail dengan produk perhiasan. Sebagai perusahaan perhiasan, The Palace Jeweler memiliki ciri khas tradisional. Akan tetapi produk yang menjadi koleksinya sudah menjadi seni modern bernilai tinggi. Tidak mudah memang, menghadirkan perhiasan tradisional – modern apalagi perhiasan luar sudah banyak di sini. Oleh karena itu, dipilihlah desainer yang juga mencintai seni tradisional. Seperti beberapa waktu lalu, The Palace Jeweler menggandeng Anne Avantie untuk berkreasi. Dan, sekarang Samuel Wattimena didapuk pula untuk melahirkan karya perhiasan tradisional modern.

The Palace Jeweler memiliki 11 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain mempunyai outlet sendiri, The Palace Jeweler juga melakukan join  dengan reseler perhiasan kelas dunia, sebut saja Co and Frank. Adapun outlet-outletnya ada di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Balikpapan, Bali, Bogor, Depok, Bekasi, Riau dan Tangerang.

Selain emas, The Palace Jeweler juga memiliki koleksi Diamond atau Berlian. Koleksi yang dihadirkan banyak macamnya seperti : 

  • All About Love

  • Forevermark

  • Gift Ideas

  • Kekaseh

  • Nusantara

  • Precious Stone

  • Men’s Jewelery

  • Earring ( Diamond )

  • Ladies Ring ( Diamond )

  • Wedding Ring

Baru-baru ini, The Palace Jeweler telah menobatkan Bunga Citra Lestari #ThePalaceBCL sebagai Brand Ambassador. Buat perempuan yang ingin menambah koleksi perhiasan atau sedang mencari perhiasan silakan kunjungi outlet terdekat. Kalau saya bilang sih, koleksi dari The Palace Jeweler ini benar-benar maha karya tingkat tinggi. Berikut saya tampilkan sebagian dari koleksinya itu, selengkapnya bisa kunjungi website atau datang langsung ke outletnya.

Selamat mengoleksi !

Simple dan konsisten

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of