Pruprime Healthcare Syariah Untuk Semua dari Prudential Indonesia

Allah Azza wa Jalla berfirman:

ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya [al-Mâidah/5:2]

Berangkat dari kutipan ayat dalam Al-qur’an tersebut di atas, sangat jelas perintah Nya. Allah memerintahkan hambanya untuk saling tolong menolong dalam kebajikan. Tolong menolong juga bisa dalam bentuk apa saja, baik materi maupun non materi. Dilain kisah, bahwa menolong dengan memberikan materi menjadi kelebihan bagi orang kaya. Dan tentu saja ini mempengaruhi dari segi amal jariyah.

Sudah menjadi kewajiban setiap muslim untuk menjadikan Al-qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup. Oleh karena itu, tidak heran jika makin hari umat Islam memperbaiki diri dengan hidup berdasarkan syariah Islam. Mulai dari makanan, pakaian, kesehatan begitu juga dengan perekonomian dalam hal ini perbankan dan asuransi.  Tak dapat dipungkiri bahwa  beberapa tahun belakangan ini, produk yang berbau syariah sangat diminati oleh sebagian besar umat muslim Indonesia.  Hal ini dikarenakan, bahwa produk dengan basis syariah dilansir sudah dipikirkan matang-matang landasan hukumnya.

Salah satu perusahaan asuransi terbesar PT. Prudential Life Assurance ( Prudential Indonesia ) melihat kenyataan ini dengan meluncurkan asuransi syariah.  Adapun produk yang diluncurkan adalah PRUprime Healthcare Syariah, yaitu produk asuransi kesehatan rawat inap komprehensif berbasis syariah. Peluncuran yang menandai 10 tahun Prudential Indonesia, menjadi bukti bahwa Prudential sangat peduli dengan kesehatan umat muslim Indonesia.

“Potensi asuransi syariah masih sangat besar, apalagi mayoritas penduduk Indonesia muslim,”jelas Ibu Nini Sumohandoyo, yang menjabat sebagai Corporate Marketing, Communications and Sharia Director PT. Prudential Assurance. Nini menambahkan, berdasarkan penelitian hanya 7% masyarakat yang punya asuransi syariah.”

Dalam catatan Prudential Indonesia, ada sekitar 510.000 polis syariah yang aktif dengan aset sebesar Rp. 3,4 trilyun. Melihat fenomena ini, Prudential yang senantiasa memahami kebutuhan masyarakat Indonesia mensosialisasikan kembali PRUprime healthcare syariah. Dari data tersebut di atas dapat diketahui bahwa masih sedikit sekali masyarakat muslim Indonesia yang memiliki asuransi syariah. Kemungkinan besar karena sosialisasi asuransi syariah yang  belum meluas keseluruh lapisan masyarakat.

Data lain menyebutkan, potensi pasar dapat dilihat pada perkembangan industri asuransi jiwa syariah yang tumbuh sebesar 18% per tahun ( dari tahun 2011 – 2016 ). Sedangkan total keseluruhan yang berkontribusi hanya mencapai 6% saja. Perkembangan ini dinilai oleh Prudential bahwa masyarakat Indonesia belum mengenal betul apa itu asuransi syariah.

Nah, melihat ketimpangan itu beberapa waktu lalu Prudential Indonesia melakukan sosialisai asuransi kesehatan syariah dengan tagline “PRUsyariah  Untuk Semua“. Sebenarnya pada tahun 2007 Prudential telah mendirikan unit bisnis syariah. Dan produk asuransi syariah yang pertama kali diluncurkan adalah PRUprime healtahcare syariah.  Jadi selama 10 tahun itulah Prudential dipercaya masyarakat Indonesia, khususnya muslim untuk memimpin pasar terbesar asuransi syariah. Jika ditilik dari sisi perjalanan sebuah bisnis berbasis syariah, kiranya pencapaian ini sudah tidak diragukan lagi. Kalau selama ini kita baru tahu tentang asuransi syariah hanya sebatas cerita sedangkan Prudential sudah menjalaninya.

Kini, setelah sepuluh tahun perjalanannya Kamis 27 April 2017 Prudential kembali mengenalkan kepada masyarakat luas tentang  asuransi kesehatan syariah. Untuk mengenal lebih jauh tentang PRUprime healtahcare syariah, berikut ini ulasan saya  :

Mengenal Asuransi Syariah

Sebelum kita mengulas tentang PRUprime healthcare syariah, kita mengenal lebih dulu asuransi syariah. Asuransi syariah adalah sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset atau tabbaru. Pola pengembalian tabbaru ini diberikan kepada peserta setelah melakukan akad secara syariah.

Tabbaru sendiri secara bahasa artinya bersedekah atau berderma, atau dalam arti yang lebih luas, tabbaru adalah melakukan suatu kebaikan tanpa persyaratan. Dana tabbaru digunakan untuk kemaslahatan orang lain dalam kondisi hidup. Tujuannya tentu saja untuk kebaikan dan tolong menolong, bukan semata untuk komersial.

Sampai di sini timbul pertanyaan, apa bedanya dengan asuransi konvensional?

Asuransi konvensional prinsip yang digunakan adalah ——> pemindahan resiko, artinya resiko peserta asuransi menjadi tanggungan perusahaan asuransi. Sedangkan asuransi syariah prinsip yang digunakan adalah ——> saling menanggung resiko, artinya resiko peserta asuransi menjadi tanggungan sesama peserta.

Dalam hal ini perusahaan asuransi memiliki peranan yang sangat terbatas, yaitu hanya sebagai pemegang amanah, pengelola operasional dan menginvestasikan dana. Bukan itu saja, di akhir tahun akan ada   laporan penggunaan dana tabbaru, berapa klaim dan berapa sisanya. Selanjutnya perusahaan juga akan mengelola dana surplus sharing yaitu dana yang akan diberikan kepada peserta asuransi berdasarkan syarat dan ketentuan tertentu. Surplus sharing ini diberikan jika  terdapat kelebihan dana dari rekening tabarru, termasuk juga bila ada pendapatan lain setelah dikurangi klaim dan hutang kepada perusahaan, jika ada.

30% dari surplus sharing akan ditahan dalam rekening tabarru, 56% akan dikembalikan kepada para pemegang polis dalam bentuk unit link dan 14% merupakan hak perusahaan asuransi. Surplus sharing dibayarkan setiap tanggal 30 April setiap tahun kepada pemegang polis dan perusahaan.

Mengenal Lebih Jauh PRUprime healthcare  Syariah

Dalam acara sosialisasi kemarin, PRUprime healthcare syariah dijelaskan langsung oleh Country CEO Prudential Indonesia, Bapak Rinaldi Mudahar. Beliau menjelaskan,”PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan jangkauan global dan manfaat berkembang. Produk ini diluncurkan karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip serta nilai-nilai universal syariah.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh PRUprime healthcare syariah, salah satunya klaim yang dibayarkan kepada nasabah sesuai dengan tagihan rumah sakit. Dengan begitu nasabah dapat fokus terhadap pemulihannya.

Keunggulan lain dari PRUprime healthcare syariah adalah :

  • Menawarkan manfaat berkembang dengan penambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal, dengan syarat tidak ada klaim selama satu tahun polis berjalan.

  • Kelas kamar mewah untuk rawat inap hingga Rp. 8 juta/hari

  • Kunjungan dokter spesialis tanpa batas

  • Usia pertanggungan hingga 85 tahun

  • Perlindungan Internasional sampai ke seluruh dunia ( selain Amerika Serikat )

  • Manfaat pembayaran secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura dan Malaysia.

  • Memberikan manfaat pembayaran maksimal hinggan 35 milyar pertahun, apabila seluruh batas manfaat telah terpakai. Inilah yang menjadi ciri khas PRUprime healthcare syariah dikenal dengan limit booster.

Oh ya, masih ada satu lagi nih keunggulan yang diberikan oleh PRUprime healthcare syariah yaitu diberikannya Dana Marhamah atau santunan kasih sayang diberikan jika nasabah meninggal dunia. Ada sebuah catatan penting sehubungan dengan tagline “PRUsyariah Untuk Semua” bahwasannya Prudential Indonesia percaya  prinsip-prinsip syariah berlaku universal.  Syariah dapat diterapkan oleh siapapun tanpa pandang bulu, lintas agama, suku dan bangsa.

Oleh karena itu, PRUprime healthcare syariah bisa dimiliki oleh semua orang. Sehat bukan hanya milik segelintir orang saja, tapi milik semua orang. Yang penting diingat bahwa sakit bisa datang kapan saja tanpa rencana, sedangkan dana sakit bisa dipersiapkan sebelumnya.

PRUprime healthcare syariah menawarkan solusi untuk meringankan beban dikala seseorang sakit. Bukankah menolong dan membantu sesama menjadi perbuatan mulia dan terasa lebih ringan jika dipikul bersama?

Leave a Reply

2 Comments on "Pruprime Healthcare Syariah Untuk Semua dari Prudential Indonesia"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
mpo ratne
Guest

Syariah blm banyak yg mengenali Tapi akan berkembang Dan Di gemari

wpDiscuz