Schneider Mengajak Para Emak Blogger Paham Listrik

 

Pet…! Tiba-tiba listrik mati. “Pieeeh…listriknya mati,”panggilku ke suami. Gimana nih, tulisannya belom kelar,”seruku lagi. “Coba liat sekringnya,”kata suami. Saya keluar menuju tempat sekring tergantung. Benar saja, dari empat sekring yang ada satu sekring turun ke bawah. Saya langsung menaikkan sekring ke posisi semula.  “Sekringnya turun satu,”laporku pada suami. “Berarti ada yang korslet,”jelas suami. 

Tanpa komentar apa-apa lagi, saya kembali melanjutkan tulisan yang sempet tertunda gara-gara listrik mati. Kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi di rumah, mungkin sudah beberapa kali. Kata suami itu hal biasa, sebabnya pasti ada salah satu peralatan listrik yang korslet. Yaaahh…begitulah suami, masalah listrik dianggap biasa padahal buat saya takutnya minta ampun. Makanya pada waktu Komunitas Emak Blogger mengundang acara bertagline “Cara Jitu Lindungi Rumah Dari Bahaya Listrik” saya langsung terpikat. Pikir saya, ah kapan lagi ada talkshow bertagline kelistrikan.

Dari Café ke Listrik

“Stop pak…,”kataku pada driver ojek online. “Ini tempatnya Bu…?”tanya driver ojek. “Iya, ini tempatnya, kenapa pak. Ada yang salah gitu ? “Loh…tadi Ibu bilang mau ke acara listrik ko tempatnya di café,”katanya bingung. “Ini pak ongkosnya,”kataku sambil menyodorkan uang. Sayapun berlalu meninggalkan driver ojek online yang masih terbengong-bengong.

keb2

Sejak memastikan diri menjadi seorang blogger, saya sudah terbiasa menghadiri acara dari satu café ke café atau resto ke resto. Sekarang ini, semua sudah naik daun, jangankan bicara soal listrik, soal jualan sarung saja lauchingnya di  hotel bintang lima. Setelah sampai di dalam café, saya disambut oleh salah seorang staff. Lalu, saya diarahkan untuk naik ke lantai dua tempat acara berlangsung. Sesampainya di atas, banyak rekan blogger yang sudah datang lebih dulu.

keb1
Salah satu sudut Hongkong Cafe

Acara dimulai dengan jamuan makan siang dan sholat Dzuhur. Setelah semua selesai tepat pukul satu acara dimulai dan dibuka oleh Mak Sumarti Saelan—kami biasa panggil Mak Icoel. Sebelum acara diserahkan ke moderator, kami disegarkan dengan game yang dipandu oleh Mak Tanti Amelia atau biasa dipanggil Mak Neng.

keb3
Mak Icoel membuka acara

Akhirnya sampai juga ke acara inti, yaitu pemaparan soal listrik dari A – Z oleh perwakilan dari Schneider. Mak Mira Sahid, yang pada saat itu didapuk menjadi moderator mengenalkan Pak Frankco Nasarino—biasa disapa Rino dengan gaya segar. Beruntung Pak Rino orangnya nggak ge eran, jadi dengan sigap bisa mengimbangi gaya Mak Mira. Sampai akhirnya kami pun mendengarkan penjelasan Pak Rino dengan seksama, sambil jari nggak berhenti mengetik. Apalagi coba kalau bukan menginformasikan tentang talkshow ini ke media sosial milik kami masing-masing.

keb4
Mak Mira sebagai moderator acara

 “Ibu-ibu ada yang tau MCB…,”tanya Pak Rino memulai pemaparannya. Sontak aja para emak blogger menjawab…nggaaaakkk. “Kalau sekring, tau nggak…?”ulang Pak Rino lagi. Dengan semangat para emak menjawab…tauuuuu. “Nah, sekring itu sama dengan MCB atau Miniatur Circuit Breaker. MCB ini merupakana produk yang digunakan dalam instalasi listrik dalam rumah tangga. Fungsinya untuk melindungi instalasi listrik bila terjadi pemakaian daya yang berlebihan dan hubungan singkat arus listrik atau short circuit atau korsleting,”jelas Pak Rino panjang lebar.

“Hmmm…ternyata yang sering turun di rumah pada box itu namanya MCB,”gumamku dalam hati.

Lalu, Pak Rino memperlihatkan bentuk MCB sambil terus menjelaskan. Berdasarkan penangkapan saya, Pak Rino juga menjelaskan berbagai produk yang dikeluarkan oleh Schneider. Sebut saja ada MCB, ELCB, Surge Arrester dan RCBO Slim. Pada dasarnya produk-produk tersebut mempunya fungsi yang sama, yaitu untuk melindungi jaringan listrik di rumah. Hanya saja, ada yang lebih spesifik lagi misalnya Surge Arrester melindungi peralatan elektronik seperti tv, computer, telepon/PABX terhadap sambaran petir tidak langsung yang dapat diproteksi oleh lighting rod/penangkal petir. Sedangkan RCBO Slim merupakan produk yang memiliki dua komponen yaitu MCB dan ELCB juga memiliki fungsi yang sama.

keb6

Oh ya, MCB ini juga bisa mengalami kegagalan loh, seperti munculnya percikan api karena hubungan singkat yang bisa berakibat fatal yaitu kebakaran. Saya jadi ingat pernah sekali waktu, ketika saya sedang menyetrika kabelnya keluar percikan api. Mirip seperti kembang api gitu. Sontak saya jadi kaget dan teriak, karena saya juga merasakan seperti kesetrum. Pas diliat oleh si Papieh ternyata ada kulit kabel yang mengelupas. Papieh, menyuruh saya untuk mematikan MCB dan segera mungkin memperbaiki kabel yang mengelupas tadi. Dengan menggunakan isolasi khusus pembungkus listrik, kabel dibungkus sedemikian rupa. “Ah…Alhamdulillah untung nggak apa-apa,”kataku lega.

“Pada instalasi listrik rumah, MCB terpasang di kWH meter listrik PLN dan juga di Box MCB. Biasanya MCB adalah produk yang dicari untuk menyalakan kembali listrik PLN, jika terjadi “anjlok” atau “jatuh” atau “trip”,”tambah Pak Rino lagi.

keb10
Pak Rino in action

Sebenarnya selain mencegah kebakaran, ada satu hal yang tak kalah penting. Mengingat dalam kehidupan kita tidak bisa lepas dari listrik, maka perlu pencegahan sedini mungkin. Apalagi jika hal itu menyangkut pada anggota tubuh kita seperti kesetrum dan lain sebagainya. Jadi selain MCB masih ada lagi produk yang berfungsi sebagai pengaman arus berlebih. Schneider telah mengeluarkan produk bernama ELCB yang dapat melindungi anggota keluarga dan rumah dari sengatan listrik.

Tahukah kamu bahaya yang mengintai pada manusia saat ada arus yang bocor ? Berikut tingkatan beserta akibatnya :

  • 1A< bisa mengakibatkan jantung berhenti
  • 80 mA bisa mengakibatkan denyut jantung terganggu
  • 30 mA – 50 mA bisa mengakibatkan kontraksi pada jantung
  • 10 mA mengakibatkan gangguan pada system pernapasan
  • 0,5 mA getaran kejut seperti kesemutan

Waduh, saya jadi takut nih…hiiiiiyyy ternyata serem juga ya bahaya dari sengatan listrik. Tuh kan, untung aja saya datang ke acara ini jadi tau deh bahaya listrik di sekitar rumah. Tapi nggak usah khawatir, Pak Rino juga langsung memberikan solusinya ko. Pak Rino mengingatkan agar berhati-hati dalam menggunakan peralatan elektronik. Pada dasarnya listrik sangat berguna bagi kehidupan manusia, tapi akan berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu Schneider mengeluarkan produk bernama ELCB ( Earth Leakage Circuit Breaker ) atau dikenal juga dengan istilah RCCB ( Residual Current Circuit Breaker ). Alat inilah yang akan melindungi anggota keluarga dan rumah kita dari hal yang tidak diinginkan berkenaan dengan listrik.

Setelah Pak Rino selesai menjelaskan tentang kelistrikan, acara dilanjutkan dengan permainan. Kali ini emak-emak blogger ditantang untuk merakit pemasangan MCB, ELCB dan RCBO. Wah…bakalan seru nih, maklum aja selama ini kan emak-emak cuma tau bumbu dapur dan cucian doang. Permainan ini berkelompok, setiap kelompok harus bisa memasang komponen listrik dengan cepat dan benar. Sayang kelompok saya nggak menang, meski begitu kami tetap semangat dan ceria.

keb7
Game merakit MCB ( dok. Grace Melia )

Kopi break menandai acara segera berakhir, di sela-sela kopi break masih ada lagi game dari Mak Neng. Untuk kali ini saya sudah nggak fokus karena langsung ngopi dan cemal cemil. Ah…namanya juga emak-emak nggak boleh liat kopi dan cemilan. Pokoknya ngga rugi deh datang ke acara kemarin. Selain nambah teman blogger kita juga jadi nambah ilmu soal kelistrikan terutama cara mencegah kebakaran di rumah. Sebelum acara benar-benar berakhir pihak KEB memberikan cindera mata kepada Schneider yang diterimakan oleh Pak Rino.

keb9
Penyerahan cindera mata ( dok. Sally )

Akhirnya saya melambaikan tangan pada semua emak yang hadir…daaahhh sampai jumpa di acara berikutnya. Terimakasih KEB beserta para adminnya, terimakasih juga Schneider traktirannya. Jangan kapok ya undang emak-emak blogger lagi…hehehehe…!

keb5

Untuk lebih lengkapnya lagi atau kalau ingin tanya-tanya, tanya soal Pak Rino juga boleh #eh, bisa menghubungi alamat di bawah ini :

Pusat Layanan Pelanggan ( Jakarta )

HOTLINE   1500055

Fax. (62) 750-4415/16

Email : customercare.id@schneider-electric.com

Leave a Reply

35 Comments on "Schneider Mengajak Para Emak Blogger Paham Listrik"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Kurnia amelia
Guest

Sekarang emak-emak ga hanya paham masak memasak aja yoo tapi kudu paham tentang listrik,MCB hehe.

Ria
Guest

Seru game nya sayang nya belum beruntung, tapi yang penting dapat ilmu kelistrikan

Anindita
Guest

keren nih emak jaman sekarang kudu handal bantu suami juga dalam memahami perangkat listrik yaa

Arni
Guest

Emak2 klo udah ngumpul emang seru ya
Sambil belajar, makan2 dan narsis gak ketinggalan

Noe
Guest

Aduuh, jgn sampe deh ya listrik di rumah kita bpcor. Bahaya bgt, 1A amphere aja bisa bikin jantung berenti. Huhuu

ina inong
Guest

Ah Mbak Ety mah emang enakeun nih kalau jelasin sesuatu… saya jadi tambah pinter :))

Afifah Mazaya
Guest

Main ke cafe nggak selamanya cuma boros, ya. Bisa nambah ilmu juga. 🙂

Sally Fauzi
Guest

Dampaknya nyeremin ya mba…cuma 1A aja bisa bikin jantung berhenti. Alhamdulillah dapat ilmu baru

Nefertite Fatriyanti
Guest

Yups, kita jadi belajar juga soal listrik ya, karena tidak selalu ada yang bisa kita mintai tolong ya mba

Ety Budiharjo
Guest

…iyaaaa betul mak

ayu anggarini
Guest

samaaa aku juga baru tau kalo yg sering ngejepret itu MCB 😀

Risalah Husna
Guest

SO, bukan para bapak aja ya yang harus aware sama urusan listrik. Ibu juga diminta untuk peduli karena bagaimanapun, ibu yang paling banyak waktunya di rumah. Ngga harus bisa betulin listrik juga sih, minimal paham aja.

Grace Melia
Guest

Mak, kelompokku menang krn ada mak Arni deh tu, the woman behind our victory hahahaha

ifa musyrifah
Guest

Mak Etyyy salam kenal:D

pas gathering kemarin nggak sempet ngobrol yah 🙁

semoga event selanjutnya bisa ngobrol banyak yah:D

seneng ikut event ini jadi makin tahu gimana harus menghadapi bahaya listrik 😀

uli
Guest

jadi mudeng kita ya, btw sdh dihubungi schneider belum ?

Windah
Guest

Gara gara acara ini langsung ngecek pemasangan mcb dirumah

Edwina
Guest

Mak Ety, salam kenal ya. Gathering bahas listrik ini beneran membawa manfaat ya. Sampai ketemu lagi!

Ristin
Guest

Nah itu.. Acara listrik kok di cafe?? Ih.. Mas nya gak gaul ya mak.. Hihihi.. Bener aku jg ikutan acara ini jadi melek bedanya mcb, elcb, dan rcbo, selama ini cuek aja hahaha..

Dina Mardiana
Guest

Keren nih Schneider ngadain workshop tentang listrik untuk ibu-ibu, supaya paham juga tentang dunia perlistrikan rumah tangga 🙂

wpDiscuz