Selfie dan Groupie Makin Seru Dengan Oppo F3 Dual Selfie Camera

Selfie by Oppo F3, acara launching asuransi syariah at Kota Kasablanka Lt. 15
Groupie by Oppo F3, workshop Toysphotography at TIM #KelasBlogger

 

Apa sih yang ada dalam benak kamu melihat foto-foto di atas? Cakep? pastinya enggak deh! Gaul? ah enggak juga!

Sejak kedatangan Teknologi Digital banyak perubahan yang terjadi pada saya. Selain soal gaya hidup, perilaku juga mengalami perubahan. Selfie dan groupie misalnya, dulu saya tuh nggak pede banget dipoto tapi setelah jaman henpon kek gini langsung deh pasang badan. Ibarat kata, nggak bisa liat henpon cakep dikit apalagi kalau ada angle atau background bagus. Pokoknya di mana ada henpon di situlah ada wajah saya, wajah nii yee bukan seluruh badan. *eh

Apalagi setelah Instagram masuk dalam jajaran jejaring sosial, urusan selfie dan groupie jadi makin seru. Selama lima tahun lebih Instagram terus berkibar, hal ini dibuktikan dengan lahirnya 500 juta pengguna Instagram aktif tiap bulannya. Dan, kabarnya lagi pengguna Instagram di Indonesia menembus angka 22 juta aktif per bulannya. Nomor urut ke tiga setelah Jepang dan Brazil, bahkan akan terus tumbuh. Mencengangkan bukan?

Informasi lain,  usia pengguna Instagram kebanyakan di atas 18 tahun dan 63 persennya adalah perempuan. Jadi jangan salahkan saya, kalau saya telah menjadi bagian pengguna Instagram aktif. Durasi postingan Instagram saya pribadi dua sampai tiga kali per hari. Bisa dibayangkan setiap menit berapa juta foto terunggah di Instagram. Capek ah, nggak mau ngitungin. Makanya nggak salah kalau pasar henpon sekarang banyak yang membidik pada purna kerja kamera. Setiap hari selalu saja ada henpon yang merilis kecanggihan kamera, tanpa kecuali Oppo. Emang ada apa dengan Oppo? Jangan bikin kepo aaaahhh… Penasaran kaann? Ini cerita saya dengan Oppo F3…

Beberapa waktu lalu, tepatnya 4 Mei 2017 Oppo kembali meluncurkan produk teranyarnya. Sebagai pelopor lahirnya #GroupSelfie Oppo dengan lantang menyatakan bahwa groupie sudah merupakan gaya hidup milenial. Sehingga Oppo selalu berinovasi terus agar berada di garis paling depan dalam hal kamera. Begitu pula Oppo F3 yang diluncurkan kemarin. Kamera yang diyakini lebih unggul dari seri sebelumnya benar-benar bisa bikin pecinta selfie dan groupie klepek-klepek. Pasalnya nggak kira-kira, Oppo F3 ini memasang tiga kamera sekaligus di body henponnya. Yup, dua kamera depan dan satu kamera belakang.

Acara yang digelar dengan konsep party itu tambah semarak dengan hadirnya dua orang brand ambassador Oppo. Siapa lagi kalau bukan penyanyi muda dan cantik Raisa dan Isyana. Kemegahan lainnya ada parade busana tematik, menggambarkan betapa kamera besutan Oppo layak menjadi yang terdepan.

Waktu saya coba  di zona experience yang memang disediakan di sana, saya benar-benar terpukau. Okee.. saya ceritain sedikit yak. Kamera depan Oppo F3 ini ada dua, iya ada dua! Satu kamera dengan resolusi 16 Mp dan satunya lagi 8 Mp. Posisinya berdampingan di pojok kiri atas. Kamera pertama dengan resolusi 16 Mp memiliki wide angle 70º  maksudnya untuk mengambil foto secara normal.

Meskipun normal bukan berarti nggak ada kelebihannya. Posisi normal dalam arti setiap kali selfie dipastikan tidak akan memotong wajah. Begitupula dengan kecepatan fokusnya, dahsyat banget. Kameranya tau  bagian wajah mana yang cakep dan enggak. Sedangkan kemampuan wide anglenya bisa mengambil background lebih lebar. Apalagi dengan layar 5.5 inch nya, bisa dipastikan selfie akan terasa lebih segar dan lebih natural tentunya. 

Gambar yang dihasilkan sangat tajam dan detail, saking detailnya sampe-sampe bekas lubang cacar saya keliatan ( lihat foto saya paling atas dan perhatikan dengan seksama ). Ga apa-apalah yang penting gurat usianya tersamarkan. *eh

Sebenarnya ini bukan masalah berat, kamera Oppo F3 menyediakan fitur Beauty Mode. Kalau dalam dunia kecantikan, fitur ini seperti skincare wajah. Itu loh krim yang bisa membuat wajah jadi lebih mulus. Ya…mirip-mirip lah. Fitur ini bisa digunakan untuk menyamarkan segala jenis bintik di wajah. Misalnya bekas jerawat, luka cacar, komedo atau kutil. Bedanya, kalau skincare digunakan dalam jangka waktu lama baru keliatan hasilnya. Tapi kalau Beauty Mode, hanya dalam sekejap saja! Di sinilah kecanggihan kamera Oppo F3, bisa membuat orang bahagia ketika selfie. Ehem!

Selfie by Oppo

Sekarang giliran kamera ke dua dengan resolusi 8 Mp dan memiliki wide angle 120º. Saya sempet mikir, kenapa sih Oppo F3 mengeluarkan kameraphone dengan Wide Angle segede gini. Ternyata, Oppo menjawab kegundahan hati saya. Ceritanya begini, saya yang nota bene pemilik badan gede sering banget nggak kebagian foto kalau lagi sesi foto bareng. Kalau posisi di belakang cuma keliatan kepalanya doang, kalau di tengah ngalangin teman lain. Akhirnya saya selalu kebagian di pinggir, hasilnya badan saya selalu kepotong. Kepotongnya juga nggak kira-kira bisa setengah badan sendiri. Akhirnya saya jadi males ikut foto bareng. Cuma beda kali yak  kalau henponnya Oppo F3 nggak bakalan nolak deh diajak bolak balik groupie.

Contoh groupie dengan henpon bukan Oppo. Saya nongol kepalanya doang paling kanan

Masih soal wide angle yang gede, ternyata ada fenomena baru lagi dalam dunia foto yaitu groupie. Sering kali saya lihat dalam sebuah acara pasti ada teman-teman yang mengajak foto bareng alias groupie. Biasanya teman saya itu sudah memasang henponnya pada tongsis. Tau dong tongsis? Alat yang digunakan untuk foto bareng, dengan tangkai sekitar satu meter. Maksudnya tentu saja supaya yang ikut foto bisa kebagian semua. Nah, wide angle ini bisa dikatakan menggantikan kedudukan tongsis tadi. Jelas aja bisa nggak pake tongsis, kan Oppo F3 sudah punya double view group selfie camera. Jadi hanya dengan mengulurkan tangan maka semua orang akan masuk dalam frame kamera. Soal ketajaman kamera kedua ini juga jangan diragukan lagi, begitu pula dengan detailnya.

Ini pasti nggak pake Oppo…hihihi ( foto dok. mas Aryo )

Persoalan lain yang dipatahkan oleh kehadiran dual kamera depan Oppo F3 adalah background. Saya tuh sering galau ketika mau selfie atau groupie tapi menghalangi background atau anglenya. Padahal backround tidak bisa diabaikan begitu saja. Menurut saya background bisa menjadi nilai lebih sebuah foto. Kadang saya justru ingin menonjolkan background, agar setiap orang yang melihat tahu keberadaan saya. Tidak jarang mereka  memberikan komentar backgroundnya ketimbang objek itu sendiri. Jujur aja saya lebih sering memamerkan background ketimbang saya sendiri. Apalagi kalau backgroundnya itu alam terbuka atau padang bunga. Wuih…keliatannya sedap banget deh. Nah, wide angle inilah yang akan memadukan keduanya, kita bisa selfie atau groupie dengan background yang yahud.

Maksudnya supaya backgroundnya keliatan malah saya kepotong. Pasti nggak pake Oppo…

Pokoknya menurut saya mah, dual kamera depan yang nangkring di Oppo F3  telah menunjukkan kesempurnaan berfoto. Sudah saatnya kita meninggalkan jejak kejayaan tongsis dengan wide angle gede. Setelah saya eksplor kamera depan, sekarang kita coba ulas kamera belakangnya.

Konon, kamera belakang ini menjadi kamera utama Oppo F3. Memiliki resolusi 13 Mp, kamera belakang mentasbihkan dirinya menjadi kamera tercanggih di masa kini. Bagaimana tidak, dengan kemampuan fokus super cepat bisa menghasilkan foto mulus tanpa cacat. Bahasa gaulnya ‘bokeh’. Sepertinya kamera belakang ini pas banget buat yang sering foto close up. Warnanya tajam dengan detail sangat mumpuni, cocok buat foto makanan atau produk. Biasanya  foto makanan atau produk dituntut untuk menghasilkan gambar lebih  detail, maksudnya supaya orang tertarik.  Saya ambil contoh burger, jika difoto dengan kamera belakang maka lelehan kejunya tampak lebih detail.  Alhasil, bikin ngiler yang melihat dan tergoda untuk membelinya.

Ada lagi lho fitur kamera Oppo F3 yang baru, namanya Face Tracking. Saya tuh paling nggak bisa motoin objek yang bergerak atau henponnya gerak. Tau dong hasilnya jadi gimana? Burem, blur, goyang atau apalah-apalah gitu. Dan, Oppo F3 tau loh kelemahan saya juga beberapa orang yang senasib dengan saya. Sebab itulah Oppo F3 menciptakan fitur Face Tracking, maksudnya kita bisa moto objek yang bergerak atau henponnya yang bergerak. Meskipun bergerak kamera akan mendeteksi wajah objek dan hasilnya tetap fokus. Sedangkan backgroundnya terlihat blur, jangan takut objeknya blur. Nggak sama sekali! Aneh tapi inilah yang namanya teknologi dan Oppo F3 telah memulainya.

Oh ya masih ada lagi nih fitur yang dimiliki oleh Oppo F3, yaitu Background Blur Mode. Fungsinya untuk memberikan efek blur pada background foto. Efek blurnya juga cukup tajam tapi  tidak mempengaruhi  ketajaman objek fotonya.

Fitur Background Blur Mode ( foto dok. mas Aryo )

Ada foto pasti ada video, karena dunia tidak menginginkan berita basi. Video juga menjadi media yang bisa diandalkan untuk tempat berbagi secara up to date. Mayoritas orang pasti ingin menonton video yang selalu baru, bukan acara lama terus ditayangkan. Sayangnya, waktu experience kemarin saya nggak sempet mengeksplor videonya. Tapi menurut beberapa teman yang sudah lebih dulu punya Oppo F3, kamera depan sedikit unggul dari kamera belakang. Dengan begitu mengambil video dengan kamera depan sedikit lebih bagus ketimbang kamera belakang. Secara keseluruhan sih nggak banyak masalah berarti. Gambar masih lebih tajam, background nampak lebih luas terbentang.

Me at location…not Oppo

Gimana? Pasti pada ngiler kaaann? Makanya langsung preorder aja, masih ada waktu ko sampai tanggal 12 Mei 2017. Buat kamu yang sudah order ada hadiah menarik lhooo, sebuah tas punggung ekslusif. Kalau saya pribadi yang kemarin sempet mengeksplor sendiri, Oppo Dual Selfie Camera ini bener-bener syurga bagi pecinta selfie dan groupie. Soal harga buat kamera henpon secanggih ini sebanding sih. Oppo F3 Dual Selfie Camera dibanderol dengan harga 4.399.000 IDR.

Saya juga berharap secepatnya bisa memiliki Oppo F3 Dual Selfie Camera ini. Sudah semenjak lama saya mengidam-idamkan Oppo F3, ketika pertama kali launching pada bulan Maret lalu. Mungkin karena belom jodoh juga kali yak. Semoga aja sebelum lebaran saya sudah punya Oppo F3, saya mau puas-puasin selfie dan groupie bareng keluarga. Do’a in saya ya teman-teman nanti saya juga berdo’a buat teman-teman.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply

12 Comments on "Selfie dan Groupie Makin Seru Dengan Oppo F3 Dual Selfie Camera"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Helena
Guest

naksiiir terutama buat wide angle-nya. Iya banget saya ini sering kepotong kalo groupie karena pendek dan nyempil di belakang

Yusep Hendarsyah
Guest

Emang kalau kamera hape oppo gak ada matinya . Tajam n berkualitas ya mbak?

Tanti amelia
Guest

Sejak pakai Oppo 3 tahun lalu, emang ga bisa ke lain hati aku, mb Ety. Alhamdulillah dapat gantinya pun Oppo juga

Fitur groupie Oppo pasti ga mengecewakan
..ckckck… Cuman 5 juta yaaaa

Monica Anggen
Guest

Waah, itu background blur modenya mantap tu. Hasil-hasil foto lainnya juga tajam ya, Mbak. Jadi pengen pake Oppo juga.

zata
Guest

aku juga pake oppoooo dong, emang asik banget buat foto2 nih hape mba.. ;p #timOPPO

Ahmed Tsar
Guest

Lengkap banget Bu dari liputan nyampe ke reviewnya kena semua. Ish jadi pengin juga pake Oppo

wpDiscuz