Properti

Inilah 5 Alasan Milenial Kenapa Harus Sewa Apartemen

Halooo milenials,

Kali ini saya mau cerita sedikit nih soal hunian alias tempat tinggal. Jadi, beberapa hari lalu, saya datang ke acara Indonesia Property Expo yang digelar di Jakarta Convention Centre, Senayan Jakarta. Niat saya sih sebenanrnya emang mau cari-cari rumah buat ditempati. Saya berencana mau menjual rumah lama dan pindah ke rumah baru di daerah yang berbeda juga. Hampir satu jam keliling, datang dari satu stand ke stand yang lain membuat saya semakin menggebu. Pasalnya hampir semua pengembang menawarkan hal-hal yang menarik. Baik dari segi daerah, fasilitas maupun transportasi.

Oh ya, acara ini bukan hanya ajang pameran rumah saja lho ada apartemen juga. Tapi saya nggak kepincut dengan penawaran beberapa sales yang menawarkan apartemen kecuali buat investasi. Investasi apartemen memang sedang naik daun bahkan beberapa pakar investasi juga menyarankan hal tersebut.  Investasi apartemen tentu saja dengan disewakan, karena ada double untung di situ. Pertama uang hasil sewa bisa untuk mencicil apartemen. Kedua, dalam jangka waktu tertentu apartemen akan jadi hak milik dan harganya sudah naik dari harga beli.

Minimarket di lingkungan apartemen

Dan, kebanyakan para pembeli apartemen memang niatnya untuk disewakan. Dan, saat ini rata-rata yang sewa apartemen tuh kaum milenial. Lihat aja di beberapa situs booking online, marak sekali dengan sewa apartemen terutama di Jakarta. Maklum, sebagai kota urban masyarakatnya butuh tempat tinggal yang tidak jauh dari aktivitasnya. Mereka yang  bekerja atau banyak beraktivitas di daerah Pusat misalnya,  memilih sewa apartemen di Jakarta Pusat. Tentu saja maksudnya agar mereka dapat tiba di kantor hanya dengan berjalan kaki.

Selain Jakarta Pusat, sewa apartemen di Jakarta Selatan juga cukup banyak. Selain kantor, wilayah Jakarta Selatan  di kelilingi oleh mal-mal yang berkelas, sebut aja ada Gandaria City, Pondok Indah Mall, Cilandak Town Square, Pasaraya Blok M dan masih banyak lagi.Beberapa teman saya juga ada yang tinggal di apartemen dengan menyewa. Nah, waktu saya tanya mengapa lebih memilih sewa apartemen daripada rumah, ini alasannya

1. Lokasi Menentukan Prestasi alias Strategis

Jargon alasan pertama memang cocoknya buat mahasiswa tingkat akhir. Tapi nyatanya banyak dianut oleh kaum milenial sebagai alasan utama mereka memilih tinggal di apartemen. Lokasi apartemen memang kerap kali dekat dengan lokasi kantor atau aktivitas mereka. Katanya sih, mereka bisa juga tinggal jalan kaki ke kantornya. Itung-itung buat bakar kalori, saya sih percaya aja deh.

2. Fasilitas Umum Komplit

Kaum milenial sangat menyukai kepraktisan, mulai dari makan, tidur, olah raga dan hiburan. Apa yang dibutuhkan oleh kaum milenial semua tersedia di lingkungan apartemen. Pengembang juga sangat memahami semua kebutuhan kaum milenial, maka nggak salah jika mereka menyediakan semua fasilitas. Sebut saja ada kolam renang, gym, jogging track, spa, laundry, minimarket dan lainnya.

Fasilitas komplit tersebut disediakan mengingat kaum milenial hanya memiliki waktu sedikit sedangkan mereka membutuhkan semua hal tersebut. Jika semua kebutuhan sudah tersedia di apartemen, maka kaum milenial tidak akan bersusah payah harus keluar dari lingkungan hanya untuk sekedar berolah raga misalnya.

3. Tersedianya Kebutuhan Penunjang

Biasanya kaum milenial hanya memiliki beberapa jam saja ketika berada di apartemen. Namun begitu tetap saja harus ada kebutuhan penunjang seperti tersedianya aliran listrik, air dan jaringan internet atau wifi. Kebutuhan penunjang seperti ini selalu tersedia ketika mereka menyewa apartemen. Meskipun waktu untuk tinggal di partemen relatif sedikit mereka butuh itu semua. Nggak mungkin dong, ketika capek pulang dari kantor atau aktivitas, apartemennya gelap atau nggak ada air. Bahkan jaringan internetpun sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib. Pokoknya mereka harus update soal berita ataupun informasi yang sedang viral, baik di masyarakat maupun di media sosial.

Kamar studio

4. Faktor Keamanan

Tinggal di kota besar seperti Jakarta memang tidak mudah, terkadang kondisi sosial masyarakatnya berubah-ubah. Bagi mereka yang kebutuhan hidupnya sudah tercukupi mungkin tidak dipusingkan lagi dengan urusan rumah tangga yang kerap bikin jengkel atau kesal. Tapi sebagian lagi yang masih merasakan kekurangan, maka akan melakukan hal-hal negatif seperti pencurian atau perampokan. Memang sih tinggal di apartemen tidak selalu terjamin keamanannya tapi paling tidak lebih baik ketimbang tinggal di rumah tapak. Banyak cara yang dilakukan oleh pengembang apartemen untuk menjaga keamanan di lingkungan apartemen seperti pemasangan CCTV dan petugas keamanan yang 24 jam berjaga.

Lobby salah satu apartemen

5. Privasi Terjaga

Entah kenapa kaum milenial senang sekali menjaga privasi, meskipun tidak semua begitu. Bagi mereka menjaga privasi menjadi hal penting. Mungkin maksudnya adalah mereka tidak ingin merepotkan orang lain yang notabene tetangga. Tak dapat dipungkiri tinggal di apartemen memang jauh dari hiruk pikuk keributan bahkan cenderung sunyi dan sendiri. Sebenarnya mereka merasa perlu istirahat yang cukup ketika pulang dari bekerja atau aktivitas. Faktor lain, mereka sedang berusaha menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh tentunya.

Nah, itulah lima alasan kaum milenial mengapa lebih memilih sewa apartemen daripada kontrak rumah. Mereka butuh tempat tinggal yang dekat dari tempat aktivitas. Sedangkan untuk membeli rumah di tengah kota sangat tidak mungkin mengingat harganya sangat mahal.

Dengan menyewa apartemen  mereka juga punya kesempatan untuk menabung sedikit demi sedikit guna membeli rumah. Meskipun rumah yang mereka beli lokasinya di pinggir kota. Tapi apa boleh buat, yang penting saat ini mereka bisa mencari dana untuk kepentingan hidup sekaligus menyambung hidup. Jadi kalau memang baru sanggupnya sewa kenapa tidak? Bukankah begitu? Oh ya, buat yang mau sewa apartemen boleh nih cek harga di www.sewa-apartemen.net. Yuk kepoin web nya dan cari deh mau sewa di mana.

 

Simple dan konsisten

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of