Utak Atik Arti Sebuah Nama

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihiruk pikukkan dengan nama-nama unik. Nama-nama unik ini bukan tanpa alasan diberikan oleh orang tua mereka. Semua diberikan dengan harapan dan do’a tentunya. Sebagaimana telah dipahami oleh banyak orang bahwa nama itu adalah do’a. Akan tetapi hal itu menjadi tak biasa saat nama yang diberikan bertentangan dengan do’a. Namun apapun itu Sang Khalik pasti lebih tau dengan do’a-do’a yang dipanjatkan oleh orang tua mereka.

Seperti misalnya berita yang masih hangat nama Saiton dan Tuhan, apakah nama mereka bermakna baik atau sebaliknya. Dan apakah nama-nama tersebut harus diganti atau tidak ? Lalu apakah dampak dari nama-nama unik ini dalam kehidupan mereka. Untuk mengetahui hal tersebut, saya langsung menanyakannya pada Ni Kadek Hellen Kristybiasa disapa Hellen.

Hellen 1

“Sebelum masuk usia sekolah, Saiton berganti nama menjadi Iskandar. Ia menduga pergantian nama itu karena orang tuanya mendapat masukan dari tetangga tentang nama Saiton. Akan tetapi setelah berganti nama dari Saiton menjadi Iskandar, ia justru sering sakit-sakitan ( Tempo, 2015 ). Setelah dianalisa oleh Hellen, nama Iskandar memiliki unsur angka ( code ) yang dalam hitungan nama dianggap sebagai kondisi buruk ( dalam hal ini sakit secara fisik ). Sedangkan nama Saiton, meskipun tidak bisa dikatakan sebagai level “baik” akan tetapi sedikit lebih baik dari nama penggantinya tadi. Lebih jauh Hellen mengatakan, sekalipun nama Saiton lebih baik sedikit, namun masih mengandung unsur negativ yang berkaitan dengan tekanan secara psikologis.

Perempuan berdarah Bali ini mengatakan, bahwa untuk mengatasi dinamika hidup sekarang ini banyak orang yang lebih mengedepankan emosional ketimbang kesabaran. Orang cenderung cepat berpikiran negative daripada positifnya. Semua bisa jadi ada kesalahan dalam pemberian nama. Bukankah di awal tulisan saya sudah mengatakan bahwa nama itu do’a. Untuk itulah Hellen merasa sangat penting merestrukturisasi kembali nama pemberian orang tua.

Dalam melakukan hal ini, Hellen tidak sembarangan mencari ilmunya, Hellen terus menerus mengembangkan dan mencari ilmu tentang restrukturisasi. Ilmu Psykologi yang dimilikinya masih belum cukup memadai untuk menganalisa nama-nama tersebut. Saat ini ada ratusan nama dan tanggal lahir yang direstrukturusasi oleh Hellen. Semua ini semata-mata agar pemilik nama menjadi lebih maksimal dalam menjalani hidup, seperti contohnya :

– Membantu mengelola diri dengan lebih baik
– Lebih cerdas dalam menata gejolak emosional
– Mampu mengatasi tantangan emosional dengan mudah seperti : kesedihan, kemarahan, kekecewaan dan lain-lain.

Pertanyaannya adalah siapa sih orang yang mau hidupnya serba susah ? Sudah susah ekonomi ditambah lagi susah menghadapi emosional. Minimal jika salah satu problem hidup terpecahkan maka dipastikan langkah ke depannya akan semakin mudah. Begitu pula dalam mengambil keputusan, akan lebih baik jika keputusan diambil dalam keadaan hati dan pikiran lapang.

Selain merestrukturisasi nama, Hellen juga memiliki kemampuan lain, yaitu Hypnotheraphy, NLP dan Transpersonal. Semua kepandaiannya tersebut membuat Hellen menjadi pribadi yang menyenangkan bagi setiap orang. Hal itu saya rasakan sendiri, waktu pertama kali bertemu Hellen rasanya sudah seperti kenal lama. Ngobrol berbagai hal berbagi cerita dan pengalaman ditemani dengan secangkir kopi dan kue buatannya adalah hal yang paling mengasyikkan.

Dan yang lebih membuat saya takjub, ilmu yang dimiliki oleh Hellen semua diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Alhasil saya melihat sendiri, Hellen sangat disiplin dalam memenej waktunya. Semua aktivitasnya berjalan dengan baik tanpa ada yang terlewatkan. Selain ilmu Psykologi, Hellen juga piawai dalam membuat dan mendekor kue menjadi cantik gelar komersilpun telah disandanganya yaitu Empowerment Coach. Ah, rasanya tak pernah ada habisnya bila saya menceritakan teman baru saya yang humble ini.

Semoga dilain waktu saya masih bisa bercerita banyak tentang Hellen. Sekarang apakah Anda tertarik untuk merestrukturisasi nama Anda ? Atau Anda ingin belajar mendekor cake menjadi lebih cantik sehingga sayang untuk dimakan ? Cobalah berinteraksi dengan Hellen melalui akun facebooknya. Maka dengan senang hati Hellen akan mengapresiasinya.

bungarose
Ini kue lohhhh… Hasil kreatifitas Hellen.

Leave a Reply

2 Comments on "Utak Atik Arti Sebuah Nama"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Ibunya Hana
Guest

Masih suka kangen pengen main di rumah Mbak Hellen lagi. Ilmunya banyak bener ya

wpDiscuz