Workshop Sehari Smartphonevideography Bersama Teguh Sudarisman

Pukul 7 pagi, saya sudah berada di lokasi yang letaknya beberapa kilometer dari Jakarta. Bukan tanpa sebab saya berada di sini, semua sudah saya niatkan sejak awal. Buat saya nggak apa-apalah menunggu barang beberapa menit daripada telat. Karena ini adalah pertama kalinya saya ingin menyerap ilmu dari sang mastah. Ilmu yang akan diajarkan juga bukan ilmu basi malah sebaliknya, masih unyu-unyu.

Salah satu sudut di Akademi Bambu Nusantara ( dok. mba Hernawati )

Hmmm…emang ilmu apa sih yang mau dipelajari oleh saya dan siapa sih pematerinya? Penasaran kaaannn, sabar saya akan ceritakan semuanya. Poko’e komplit asal jangan bosen aja yak…

Satu per satu peserta workshop pun datang, saya masih ingat setelah saya ada mas Rahmat. Tak berapa lama setelah saling berkenalan, sambil menawarkan bekal pisang rebus kami sudah terlibat pada percakapan. Lokasi yang saya datangi sungguh  asri, beratap rumbia dengan material serba bambu. Namanya Akademi Bambu Nusantara, dengan fokus kegiatan mengupas segala yang berhubungan dengan bambu. Lihat saja, semua ornamen yang ada di sini juga terbuat dari bambu.

Sambil menunggu peserta yang lain datang, saya gunakan waktu untuk melihat sekeliling dan tentu saja selfie. Rasanya ko rugi dah jauh-jauh datang ke sini tapi nggak putu-putu. Oh ya, sebagian potonya sudah saya share di akun Instagram saya.

Di sekeliling bangunan banyak terdapat pohon bambu, bahkan bermacam-macam jenisnya. Suara desau daun bambu, mengisyaratkan adanya perdamaian dan kasih. Sayang sekali keberadaan saya di sini bukan mau mengupas tuntas tentang perbambuan tapi lebih dari itu. Daripada penasaran, saya akan langsung aja ya…

Yup, Sabtu 1 April 2017 lalu saya berkesempatan untuk mengikuti workshop sehari bersama mas Teguh Sudarisman. Adapun materi yang akan beliau ajarkan adalah ‘Smartphonevideography’.

Ilmu apaan sih tuh?

Bagi sebagian blogger atau vlogger mungkin sudah nggak asing lagi mendengar ilmu tersebut. Tapi juga belom dianggap mahir, karena kebanyakan mereka masih berkejaran dengan waktu untuk menayangkan sebuah video apalagi secara live. Berhubung ilmu ini saya butuhkan banget untuk mengisi blog agar lebih greget maka saya pun mempelajarinya. Mengawali pelajaran, mas Teguh memaparkan sebuah teori tentang video.

mas Teguh Sudarisman

Beberapa Fakta Tentang Video

Hampir dua tahun belakangan ini, video menjadi sangat digemari oleh pengguna internet. Mereka lebih senang men-share video ketimbang tulisan atau foto. Oleh sebab itulah banyak pengguna yang mencari ilmu tentang membuat video, agar jika ditayangkan videonya jadi bagus. Kegemaran orang men-share video juga didukung oleh media sosial seperti facebook dan instagram. Sekarang ini di kedua akun tersebut telah tersedia layanan video live. Sedangkan menurut mas Teguh, alasan orang banyak mengunggah video adalah : 

  • video lebih banyak menyentuh ‘rasa’ daripada teks atau foto sehingga lebih efektif menyampaikan pesan
  • menjadi cara paling menarik untuk mempromosikan produk
  • bisa untuk narsis, mengenalkan profil, wawancara dan memberi tips

  • mudah dibagikan ke berbagai media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya

  • meningkatkan jumlah pengunjung blog

Seiring perkembangan jaman, pengguna internet juga terus mengalami kemajuan begitu pula video. Dalam beberapa tahun  langsung banyak peminatnya, tahun 2016 hampir 50% orang menonton video dari smartphone. Data lainnya, 45% orang yang menonton video dari smartphone umumnya kurang dari 6 menit. Perkembangan inilah yang membuat orang semakin hari semakin gemar menshare video dari smartphone. Alasannya tentu saja sangat masuk akal, dengan smartphone kita bisa menonton video di mana saja dan kapan saja. Bahkan di Amerika setiap orang yang menggunakan smartphone menonton video lebih dari 40 menit sehari.

Khusus pengguna Facebook, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal share video. Tahun 2016 pengguna Facebook telah memposting 3,6 kali lebih banyak video dibanding tahun sebelumnya. Daily Views Facebook juga meningkat tajam, dari 1 miliar view per hari menjadi 8 miliar view per hari.

Dari fakta tersebut di atas, akan terjadi kenaikan  cukup dahsyat pada tahun 2018 tentang trafik internet. Diperkirakan pada tahun tersebut trafik internet akan naik 69% dalam bentuk video. Fenomena ini tentu saja akan meninggalkan konten blog dan foto. ( sumber : Cisco ).

Berbeda dengan Facebook, channel video pertama Youtube juga semakin digemari. Disinyalir akan terjadi ledakan unggah mengunggah video. Karena setiap menit akan ada 48 jam video diunggah ke Youtube, dengan begitu sekitar 4 miliar video view per hari. Angka ini masih berada di atas Facebook yang cuma 3 miliar video view per hari.

Area workshop

Apa yang dipaparkan oleh mas Teguh menjadi informasi tersendiri bagi saya, bukannya tidak tahu tapi males mencari tahu. Teori ini memang cukup menarik, hanya saja sedikit membuat peserta workshop mengantuk. Saya sendiri juga merasakan begitu, apa karena tempatnya yang adem atau apa. Untunglah mas Teguh cepat tanggap dengan situasi ini, di sela-sela teori mas Teguh juga menyajikan beberapa video yang pernah dibuatnya. Ini hanya salah satu cara untuk mengusir rasa kantuk. 

Waktu terus berjalan, hampir satu jam berlalu dan kini saatnya coffee break. Ada yang unik saat coffee break, sajiannya benar-benar anti mainstream. Kalau biasanya coffee break itu suguhannya kopi dan snack tapi ini sama sekali berbeda. Snack nya diganti dengan aneka rebusan, ada kacang tanah, ubi dan pisang. Sedangkankan kopinya diganti dengan teh atau air mineral biasa. Lebih uniknya lagi, wadah tempat minumnya terbuat dari bambu ‘gelas bambu’ namanya.

Cemilan serba rebusan

Selesai tea break, acara dilanjutkan dengan teori lebih mendalam. Pada sesi kedua ini, mas Teguh mulai memperkenalkan langkah-langkah membuat video. Adapun cara yang pertama kali diperkenalkan seperti slide di bawah ini.

Langkah selanjutnya yaitu peralatan yang digunakan untuk membuat video, seperti di bawah ini…

Penjelasan mas Teguh cukup panjang, saya nggak mengira kalau ternyata belajar video itu lumayan sulit. Tapi percayalah saya masih punya semangat untuk sampai pada tahap praktek. Pas selesai sesion kedua, adzan dzuhur berkumandang, tanda harus istirahat dan sholat. Karena Akademi Bambu Nusantara ini berdekatan dengan sekolah Islam, maka saya dan beberapa teman seagama bergegas untuk sholat Dzuhur.

Setelah selesai sholat, kami makan siang dengan menu sederhana tapi nikmat untuk disantap. Pada awal acara tadi, pengurus Akademi Bambu Nusantara memang menawarkan menu makan siang. Ayam bakar, lalap dan sambal menjadi santap siang para peserta. Satu persatu sesion pelajaran telah dilewati. Kini saatnya mulai praktek, kami menyebar mengambil video yang kami sukai. Saya sendiri ingin mengambil video pohon-pohon bambu yang ada di sekeliling tempat workshop.

Senang rasanya bertemu teman baru

Proses bikin video pun dilakukan, mulai dari menggabungkan klip, mengedit, mengisi musik dan menshare ke media sosial. Video saya selesai, lalu saya tunjukkan ke mas Teguh. Ah, cukup lumayan masih agak goyang sedikit. Nggak apa-apa lah namanya juga baru belajar, nanti seiring jam terbang akan mahir dengan sendirinya. Mau tahu hasil workshop saya ini dia videonya…

Akhirnya workshop selesai tepat pukul 3 sore, sebelum bubar beneran kami berfoto dengan objek sekitar. Puas banget deh rasanya, bahkan tanpa disangka kami para  peserta workshop merasa sudah menjadi dekat. Padahal kami semuanya belum saling kenal tapi kami merasa sudah kenal lama.

Dan, mas Teguh mengumumkan bahwa akan ada workshop lanjutan setelah ini. Kami menyambutnya dengan riang dan saling berjanji ingin ikut kembali. Karena hari semakin sore, kami pun pamit untuk pulang. Terimakasih untuk semua dan sampai jumpa lagi ya…

Leave a Reply

5 Comments on "Workshop Sehari Smartphonevideography Bersama Teguh Sudarisman"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
April Hamsa
Guest

Peserta paling rajin, juara satu datang pertama hihihi. Semoga bisa ikutan WS kelanjutannya ya mbaaakk, c u soon then insyaAllah 😀

Awan
Guest

Wiiih seru bangat bisa belajar smartphonevideography seperti itu, tempatnya juga asri bangat. Jadi belajarnya pasti seru ya Mba 🙂

wpDiscuz