XL Meluncurkan XL HOME Untuk Kebutuhan Internet Keluarga

Hampir tiga bulan ini, internet di rumah lelet banget. Bahkan sering mati, terutama pas hujan petir dan malam hari. Masalah nggak cukup sampai di situ, anak-anak sekarang juga sudah mulai membutuhkan internet. Kebanyakan sih buat cari data kalau ada tugas dari sekolah.  Pas dipikir-pikir kayaknya harus nambah jaringan internet. Lalu, saya pun mulai gerilya  tanya sana sini guna mencari informasi soal provider.

Adapun provider yang saya inginkan hanya internet saja tanpa tivi kabel. Sedangkan saat ini kebanyakan provider menawarkan satu paket, wifi dan tivi kabel. Karena belom dapet juga, untuk sementara anak-anak  pake kuota biasa. Toh semua pake XL  jadi bisa pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tanggal 15 Maret 2017 kemarin, atas undangan dari sebuah komunitas saya datang ke acara media gathering XL. Acara yang diadakan di salah satu restoran Jepang itu dihadiri oleh beberapa blogger dan media. Acara dimulai dengan makan siang, kemudian dibuka oleh pihak XL. Dari situ saya kemudian tahu kalau XL akan meluncurkan produk terbarunya. Apa itu? Berikut laporan pandangan mata saya, sebelum memandang ke yang lain. #ehem

Lunch dulu yuuukkk..

Mas Fajar—GM Finance and Management Service XL Jabodetabek mengungkapkan, “Sejak layanan 4G LTE diluncurkan 2014 lalu, jumlah pelanggan yang mengakses internet XL terus meningkat, begitu juga dengan trafik layanan data. Saat ini konsumsi penggunaan layanan data naik menjadi sekitar 3,5 GB/bulan, dari semula 500 MB/bulan. Bahkan untuk pengguna layanan 4G, rata-rata pemakaian data saat ini mencapai lebih dari 6 GB/bulan. Pengguna layanan juga berasal dari berbagai kalangan. Karena itu, XL Axiata tidak ragu untuk meluncurkan “XL Home”.

Mas Fajar

Wah…ternyata produk yang diluncurkan adalah XL Home. Bukan tanpa sebab jika XL Axiata meluncurkan XL Home. Melihat bahwa semakin meningkatnya pengguna internet di masa sekarang maka pantas kalau XL Axiata meluncurkan XL Home. Apalagi saat ini, dalam tiap keluarga ada 2 atau 3 orang  pengguna internet. Contohnya saja di rumah, awalnya cuma saya yang menggunakan internet tapi sekarang ada 4 orang. Itupun hanya dalam waktu singkat, empat bulan saja. Sampai akhirnya saya harus menganggarkan biaya untuk langganan internet.

Kehadiran XL Home memang sangat dibutuhkan oleh keluarga, seperti saya. XL Home menjawab kebutuhan internet Xtra cepat dan stabil di rumah dengan cara yang praktis. Bahkan perangkat yang belum memiliki spesifikasi penerima 4G juga akan mendapatkan koneksi 4G melalui router XL Home. Selain itu, koneksi jaringan 4G juga menggunakan spesifikasi khusus yang mendapat akses internet 4G LTE dengan kualitas tinggi. Hadir dalam kesempatan itu pula Bapak Bambang Parikesit—Vice President XL Jabodetabek. Beliau memaparkan bahkan pelanggan XL di Jabodetabek semakin meningkat. Itu karena XL selalu ingin memberikan yang terbaik dan terdepan dalam hal koneksitas.

Pak Bambang

Kalau masih bingung  sederhananya begini, XL Home itu tidak ubahnya dengan jaringan wi-fi. Hanya saja XL Home tidak menggunakan kabel— biasa dikenal dengan nirkabel. Inilah yang membedakan XL Home dengan provider lain. Jadi lebih simple dan malahan bisa dibawa kemana-mana atau dipindah tempatkan. Mungkin kata yang tepat adalah wifi portable kali yak. Ya, XL Home memang praktis nggak butuh kabel yang panjangnya sampe meteran cukup colokan listrik aja.

Nah, sekarang kita cek detailnya yuk…

Apa itu XL Home?

XL Home ternyata sudah diluncurkan sejak awal bulan Maret, mengingat kebutuhan internet keluarga meningkat. Berbeda dengan provider lain, XL Home bisa didapatkan dalam paket bundling kartu prabayar. Kuota yang terdapat di kartu prabayar nggak tanggung-tanggung yaitu 240 GB. Masa aktif atau masa pakai kartu tersebut 3 bulan dapat digunakan selama 24 jam. Dalam paket bundling ini terdapat perangkat Router Huawei tipe B310. Paket bundling XL Home dibanderol dengan harga 999.000 rupiah saja.

Waktu saya coba bandingkan harganya dengan provider lain, bedanya jauh banget sampe 4,5 kali lipat. Provider lain dengan kuota 240 GB harganya bisa mencapai 4.800.000 ( baca : empat juta delapan ratus ribu rupiah ). Harga itu merujuk pada harga eceran untuk 1 GB berkisar sekitar 15.000 – 20.000 rupiah.

Masih dalam dus

Kesimpulannya : XL Home itu murah bangeeeeeettt….

Sebenarnya ini bukan soal murah atau enggak, sejak awal XL Axiata selalu berkomitmen untuk terus melakukan yang terbaik. Begitu juga dengan XL Home, lebih mengedepankan kecepatan dan kestabilan sinyal. Bukan putus nyambung putus nyambung seperti internet di rumah saya. Komitmen inilah yang terus dijaga oleh XL, hingga layanan XL Home mendapatkan dukungan jaringan semakin luas. Terbukti layanan XL Home menjangkau hampir 100 kota di Indonesia, terutama di wilayah yang jaringannya sudah 4G LTE.

Menyinggung soal 4G LTE, XL juga memiliki kapasitas yang besar yaitu 15 MHZ sebagai penjaga kecepatan dan stabilnya sinyal. Layanan mobile broadband ini mampu menghadirkan kecepatan akses internet hingga 150 Mbps. Dengan spesifikasi teknis yang baik, perangkat ini mampu menangkap sinyal 4G LTE di dalam ruangan secara kuat. Perangkat Router XL Home merupakan perangkat wifi yang berfungsi untuk konektivitas internet. Waktu saya tanya bagaimana sinyal di lantai 25 apartemen, pihak XL menyarankan saya untuk membuktikannya langsung. Karena memang selama diluncurkan belum diuji coba pada ketinggian tersebut.

Kembali pada XL Home, apabila masa aktifnya sudah berakhir pelanggan dapat memperpanjang dengan menyiapkan pulsa regular biasa. Adapun besaran biaya pulsa regular sebesar 300.000 rupiah yang diisikan pada bulan ke empat. Akan tetapi jika kuota habis sebelum masa aktif,  XL menyediakan Paket Booster. Terdapat dua pilihan Paket Booster yaitu 5GB seharga 50 K dan 15GB harganya 100 K. Setiap pelanggan yang menambahkan Paket Booster, XL akan memberikan bonus sebesar 1G. Oh ya, Paket Booster ini sudah terkoneksi dengan jaringan 4G LTE sebagaiman diketahui jaringan 4G LTE memiliki kekuatan sinyal di atas rata-rata.

Pada waktu acara gathering kemarin, kami juga diajak untuk menjajal kemampuan XL Home. Router Huawei B310s diletakkan pada sudut meja, kemudian kami diminta menggunakan wifi secara bersamaan. Saya yang ikut menggunakan XL Home mengakui bahwa XL Home bisa diandalkan dalam hal koneksitas. Saat itu ada sekitar 8 orang yang menggunakan  XL Home. Terbukti ! Kalau XL Home sanggup mengakomodir penggunaan wifi dengan banyak perangkat.

Ini dia perangkat XL Home Wi-fi Router Huawei B310s

Saya membayangkan seandainya XL Home sudah bertengger di rumah saya. Di rumah ada 4 orang yang menggunakan internet jadi masih bisa bertambah. Bayangan soal kecepatan dan stabilnya jaringan membuat kinerja makin tepat waktu. Apalagi aktivitas saya sebagai penulis konten blog dan aktif di media sosial. Tentu saja saya sangat membutuhkan internet dengan sinyal cepat, kuat dan stabil. Saya juga penasaran apa yang menjadi XL Home memiliki sinyal seperti itu.  Ternyata kelebihannya ada pada perangkat wifi yaitu Router. Emang apa sih kelebihan dari routernya?

Kelebihan Wi-Fi Router Huawei B310s

  • Mendukung koneksi dengan kecepatan hingga 150 Mbps
  • Jangkauan luas hingga 250 meter
  • Sharing hingga ke 32 perangkat
  • Garansi 100% uang kembali

Dari empat kelebihan router yang digunakan oleh XL Home sudah tidak diragukan lagi sinyalnya. Kecepatan hingga 150 Mbps sudah sangat luar biasa loh. Pantesan aja internet di rumah saya lelet banget, ternyata kecepatan sinyalnya cuma 15 Mbps. Selain itu wifi di rumah hanya berjarak 5 meter, lebih dari itu sinyal langsung hilang alias tenggelem. Perbedaan lainnya pada garansi 100% uang kembali. Perangkat wifi yang saya gunakan di rumah terikat perjanjian pemakaian selama 1 ( satu ) tahun. Artinya, kalau sudah terpasang meskipun dengan sinyal jelek, pelanggan baru bisa memutuskan perjanjian setelah satu tahun. Hasilnya, pelanggan akan sering melakukan pengaduan karena sinyal yang ‘nggak banget deh’. Saya baru sadar dengan harga yang sama atau lebih mahal sedikit tapi beda banget sinyalnya.

So, tunggu apalagi sepertinya saya sudah menemukan provider yang saya inginkan. Only one for internet nothing else. Yuk…ah capcus ke counter atau outlet di mana ada gerai XL. Tiga kata buat XL : cepat, kuat, stabil !

 

Leave a Reply

2 Comments on "XL Meluncurkan XL HOME Untuk Kebutuhan Internet Keluarga"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Lita Chan Lai
Guest

Ish…ada aku.

wpDiscuz