Acara

Cerita Pernikahan Yang Tak Pernah Usang

Menikah dengan mu bukan impian. Menikah dengan mu bukan pula pilihan. Tapi, menikah dengan mu adalah bagian dari ibadahku. — etybudiharjo —

Sebelum saya #throwback atas cerita pernikahan saya dan Papieh—panggilan saya ke suami, saya langitkan do’a Al-fatihah buat Almarhum Budiharjo. Kepulangannya membuat separuh jiwa saya rapuh. Tapi, saya sudah mengantarkannya ke peristirahatan terakhir dengan ikhlas. Karena, saya tahu kalau Papieh menginginkan itu pada beberapa hari sebelum kepulangannya.

Saya juga selalu memohon pada Allah untuk diberikan kekuatan sepeninggal Papieh. Setelah hampir dua tahun kepulangannya, saya baru menemukan kekuatan untuk menulis perjalanan rumah tangga dengan beliau.

Jujur, menikah dengan Papieh bukan impian saya. Saya menikah atas dasar perjodohan. Di sinilah saya merasakan bahwa tangan Allah sudah ikut campur. Buktinya hanya dalam waktu kurang dari tiga bulan, saya sudah berhak menyandang gelar ‘istri’. Cerita singkatnya begini, salah seorang kerabat menawarkan jodoh pada saya. Akan tetapi saya tidak langsung begitu saja menerimanya. Malahan saya menolak! Ya, saya menolaknya sampai dua kali. Saya menolak tanpa alasan, pokoknya menolak. Titik.

Tapi kerabat saya itu juga tidak menyerah. Dia terus membujuk saya agar mau menerima lamarannya. Sampai akhirnya dia memberi nasehat pada saya. Begini katanya,”Menikah itu ibadah. Kalau bisa beribadah lebih awal kenapa harus nunggu besok?”. Ternyata ucapannya itu menohok ke dalam kalbu. Saya mencoba untuk berpikir sejenak. Meresapi kata-kata yang barusan terucap dari bibirnya. Akhirnya, saya ijin melakukan sholat istikharah. Memohon pada Allah untuk memberikan petunjuk buat masalah ini.

Dan, seperti saya bilang di atas ketika tangan Allah sudah terjulur maka semua terasa jadi ringan. Tapi apakah benar semua terjadi begitu saja tanpa masalah? Sampai di sini, saya menerawang kembali kenangan delapan tahun silam.

Tanggal 10 Januari 2011, menjadi tanggal yang tak terlupakan bagi kami. Sebuah akad suci telah diucapkan oleh seorang laki-laki bernama Budiharjo. Dengan penuh rasa percaya diri, beliau berjanji di hadapan Allah dan beberapa orang saksi untuk bertanggung jawab terhadap saya, Ety Widihastuti binti Suparno.

Waktu yang cukup singkat, membuat saya berpikir dan bertindak cepat. Saya harus mempersiapkan pernikahan seorang diri. Semua orang pasti tahu kalau persiapan pernikahan itu bukan urusan kecil. Segala sesuatu harus disiapkan dengan hati-hati agar sempurna sampai hari H. Mulai dari makanan, perias pengantin, tenda dan meja kursi, urusan KUA sampai tempat. Atas keinginan Bapak, saya tidak menyewa gedung untuk acara pernikahan. Bapak mau semuanya dilakukan di rumah. Padahal, awalnya saya ingin menyewa gedung yang dekat dari rumah. Pertimbangan saya waktu itu supaya lebih praktis. Rumah nggak berantakan, tertata rapi dan bersih. Bukankah seusai pesta kami semua akan lelah?

Setelah semua urusan selesai, dalam suasana sederhana kami menikah. Jangan tanya rasanya seperti apa, yang pasti saya tidak tidur semalaman. Deg-deg an dan nggak karu-karuan, beberapa famili yang datang menyuruh saya berdzikir. Bagaimana tidak tegang, saya mengenalnya hanya beberapa hari saja. Itupun melalui tiga kali pertemuan. Pertama saat berkenalan, kedua melamar dan ketiga memberikan uang keperluan pesta.

Selain berdzikir saya juga berdoa menyerahkan segalanya pada Allah. Saya sadar, bahwa setelah akad nikah besok, ada kewajiban besar yang menanti. Pernikahan adalah ibadah, apapun dan bagaimanapun keadaannya seorang istri wajib ikhlas menjalaninya. Jujur, ini memang bukan jawaban dari do’a-do’a saya. Saya meyakini ini adalah takdir dari perjalanan hidup saya. Insya Allah, saya siapkan jiwa raga untuk mendampingi suami kelak.

Sekarang saya mau sedikit cerita tentang pengalaman ketika menyiapkan pernikahan. Maklum semua saya urus sendiri, beda banget kalau dibantu oleh Wedding Organizer. Meskipun zaman saya sudah ada Wedding organizer tapi belum sebanyak sekarang. Buktinya, tiap tahun selalu digelar acara bertajuk Bekasi Wedding Exhibition ( BWE ). Acara ini sebagai tempat berkumpulnya vendor-vendor pernikahan untuk memperkenalkan brand dan jasanya masing-masing.

Baca juga ini https://etybudiharjo.com/mengangkat-tema-the-fairytale-bekasi-wedding-exhibition-ke-6-akan-kembali-digelar/

Acara yang digelar di Grand Galaxy Convention Hall ini menghadirkan vendor-vendor pernikahan berkualitas. Begitupula tema yang diangkat, selalu tema kekinian sesuai dengan gaya milenial. Bekasi Wedding Exhibition selalu sukses terlaksana berkat tangan-tangan kreatif .

Acara rutin tahunan itu selalu sarat dengan pengunjung, baik calon pengantin atau undangan. Maklum segala info yang dibutuhkan oleh calon pengantin lengkap tersedia. Tempat terselenggaranya acara juga mewah dan berkelas, yaitu Grand Galaxy Convention Hall ( GGCH ). Grand Galaxy Convention Hall ini merupakan Gedung Pernikahan di Bekasi yang terbesar dan termewah. Gedung yang memiliki kapasitas 2500 orang ini memiliki desain arsitektur yang unik. Desain yang unik dapat langsung terlihat pada langit-langit berwarna coklat. Dengan ketinggian langit-langit sekitar 7 meter akan memberikan suasana elegan dan megah. Kelebihan lain dari tingginya langit-langit yaitu sistem tata suara terdengar jelas, tidak menggema.

Grand Galaxy Convention Hall ini berada di bawah naungan Jakarta Event Enterprise Ballroom Group & Exhibitor. Gedung ini juga merupakan satu-satunya Convention Hall yang dapat dibagi menjadi 3 mini hall dengan harga menarik. Ballroom mewah sekelas bintang 5 ini menawarkan harga paket dan dapat menyesuaikan budget. Menempati lokasi yang strategis karena dapat diakses dari berbagai akses tol, seperti tol dalam kota, JORR dan Becak Kayu.

Sistem sewa yang diterapkan juga fleksible, artinya calon penyewa diberikan harga sesuai budget dan kebutuhan. Misalnya saja, untuk undangan 2500, 1000 atau 500 orang. Dengan begitu, gedung ini tidak hanya terbatas untuk acara pernikahan saja. Untuk acara yang lebih simple seperti tunangan, acara keluarga, gathering kantor, wisuda, pameran, konvensi, launching produk bisa juga di Grand Galaxy Convention Hall. Grand Galaxy juga sudah menyiapkan kebutuhan dasar acara seperti catering, sound sistem dan sebagainya yang dikordinir oleh Jakarta Event Entreprise. Dengan begitu penyewa tidak perlu lagi repot-repot untuk mengurus keperluan pesta.

Jangan takut soal pelayanan, Grand Galaxy memberikan layanan yang helpful. Setiap penyewa akan dibantu oleh tim JEE dari awal persiapan hingga acara selesai. Adapun lokasi Grand Galaxy Convention Hall beralamat di Grand Galaxy Boulevard No. 1 – Bekasi ( Grand Galaxy City ). Pokoknya Grand Galaxy Convention Hall ini menyediakan semua keperluan acara dengan profesional. Saya sendiri emang menyarankan untuk menggunakan gedung buat resepsi. Soalnya banyak banget kelebihannya kalau menggelar acara di gedung.

Kelebihan Menggelar Acara di Gedung

Menentukan tempat pernikahan atau acara besar harus dipikirkan matang-matang. Pasalnya pengundang akan mengumpulkan tamu undangan dalam satu tempat secara bersamaan. Tamu undangan harus terasa nyaman menikmati pesta atau acaranya. Menurut saya semua pilihan soal tempat ada kelebihan dan kekurangannya. Dan kelebihannya jika menggelar acara di gedung yang pertama yaitu soal budget. Tentu saja, harga sewa di gedung jauh lebih murah ketimbang di hotel. Begitu pula dengan waktu penggunaan, di gedung biasanya lebih fleksible. Dengan begitu penyewa dapat mengatur segala keperluan lebih leluasa. Satu lagi yang paling penting yaitu vendor-vendor kebutuhan pesta. Di gedung semua vendor tersedia dengan lengkap. Mulai dari vendor catering, rias pengantin, sound system, MC, dekorasi gedung, photography dan lainnya. Penyewa juga nggak perlu repot memikirkan soal parkir, keamanan dan bersih-bersih. Semua sudah dikerjakan oleh pihak gedung tentu saja sesuai dengan keinginan penyewa.

Tips Memilih Gedung Pernikahan

Selain mengetahui kelebihan menggunakan gedung untuk pesta atau acara, perlu juga diketahui lokasi. Karena, lokasi sangat berpengaruh terhadap jalannya kelancaran acara. Lokasi gedung yang sulit dijangkau atau terletak di daerah macet bisa bikin si empunya hajat stress. Bukankah semua perlengkapan harus didatangkan dalam waktu yang tepat. Misalnya, sound system datang terlambat atau catering dan lain sebagainya. Keterlambatan ini mesti diantisipasi, tapi namanya lalu lintas kadang sering terjadi hal tak terduga. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut saya share tips memilih gedung.

Tips yang paling utama memilih gedung tentu saja lokasi. Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas, lokasi gedung yang strategis bisa melancarkan jalannya acara. Pilih lokasi gedung yang banyak memiliki akses lalu lintas longgar seperti jalan tol. Selanjutnya jumlah tamu yang akan diundang. Jumlah tamu ini sangat mempengaruhi besar atau kecilnya gedung yang mau disewa. Tips yang ketiga tentu saja budget ya, sepengetahuan saya budget emang kadang bikin pusing juga. Makanya kadang orang suka menggunakan jasa WO. Maksudnya supaya kepusingannya nggak terus terusan sampai hari H. Minimal kalau pake WO ada yang bisa diajak konsultasi.

Berikutnya, survey gedung yang jadi incaran. Menurut saya sih survey gedung ini perlu banget. Kita bisa tahu lokasinya dan fasilitas apa aja yang ada di dalam gedung. Nah, ini juga penting nih yaitu soal vendor yang dimiliki oleh gedung tersebut. Sebenarnya emang agak dilema, karena biasanya penyewa mau tidak mau diharuskan menggunakan vendor yang sudah bekerjasama dengan gedung. Tips dari saya sih, carilah gedung yang memiliki vendor profesional. Dengan predikat profesional otomatis vendor-vendor tersebut akan bekerja atau melayani dengan baik. Catet ya! Tips yang terakhir sih nggak begitu penting, tapi kalau bisa kenapa nggak. Dekat dengan fasilitas umum seperti mall atau tempat umum lainnya. Kayaknya itu aja sih tips yang bisa jadi acuan untuk memilih gedung. Semoga bermanfaat ya, semua tips itu berdasarkan pengalaman pribadi lho. Meskipun saya tidak menggelar pesta di gedung tapi kerap kali dimintai tolong famili atau kerabat buat hunting gedung.

Nah, jadi tunggu apalagi segera kunjungi Grand Galaxy Convention Hall untuk infonya sekaligus survey. Atau bisa juga cari info di akun instagramnya @bekasiweddingexhibition. Selain itu pada tanggal 13 – 15 September 2019 akan digelar kembali Bekasi Wedding Exhibition yang ke-7. Datang, saksikan dan bertransaksilah akan banyak hadiah yang bisa dibawa pulang.

Simple dan konsisten

25
Leave a Reply

avatar
15 Comment threads
10 Thread replies
4 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
15 Comment authors
Keke NaimaHelenaBowo SusiloTuris Cantiketybudiharjo Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Melina Sekarsari
Guest

First of all, aku terharu dengan kalimat-kalimat awal tulisan ini. Al Faatihah ya Mbak untuk alm. suami.

Rata-rata gedung pertemuan itu menetapkan kapasitas besar untuk tamu. Ini lebih fleksibel ya, bahkan 500 orang pun bisa. Jadi mengingat-ingat, jaman aku dulu Wedding Organizer udah menjamur belum, ya? Kalau jasa perias, kostum, sampai catering termasuk Wedding Organizer nggak sih itu? Halah jadi bingung sendiri.

Cuzz lah para pasangan yang sudah akan melangsungkan pernikahan, ikutan aja nih ke 7th Bekasi Wedding Exhibition.

Hidayah Sulistyowati
Guest

Akhirnya saya baca juga cerita pernikahan mba Ety. Kalimat pembukanya bikin baper deh mbak, so sweet gitu.. Al fatihah buat almarhum.

Aku dulu juga ngurus pernikahan sendiri, bareng calon suami sih. Ada juga mba sepupu yang bantuin. Sekarang mah enak ya, ada weeding organizer yang bisa bantuin urusan mau nikahan

Farida Pane
Guest

masyaallah, sebuah perjuangan luar biasa ya untuk bisa menjalani peran besar sebagai istri dari seseorang yang sangat asing.

Gita Siwi
Guest

Sistem sewa yang diterapkan juga fleksible, artinya calon penyewa diberikan harga sesuai budget dan kebutuhan
asyik nih buat zaman now, bugdet sesuai acara bisa berjalan dengan lancar, aman nyaman adalah solusi ya. Senang deh yang pakai jasanya

Mugniar
Guest

Baarakallahu fiik, Mbak Ety. Terharu. Kisah ini pasti akan selalu terkenang.

Alhamdulillah ya sekarang banyak jasa WO, tinggal siapin duit. Para lajang ini kalo mo nikah, pastikan saja duitnya cukup dan cari jasa WO yang kredibel.

Ria Fasha
Guest

Rencana Allah memang unik ya..kadang jodoh yang datang bukan yang kita minta tapi yang terbaik menurut Allah

Jeanette Agatha
Guest

Aku jadi teringat persiapkan pernikahan dulu, hihihihi.
Btw, itu hadiahnya kok menggiurkan banget ya, hihihi

Visya Al Biruni
Guest
Visya Al Biruni

Alfatihah utk almarhum suami mba Ety. Insya Allah Allah beri tempatnya terbaik yaa mba 🤗 Btw kalo menurut Aku merencanakan pests pernikahan itu kerja Tim pertama Dari calon pasangan suami istri. Susah susah mudah hehe

herva yulyanti
Guest

Mba Ety al-fatihah untuk alm. suami 🙂 kalau sudah jodoh dan campur tangan Alloh yang tadinya menolak jadi luluh ya mba singkat banget 3 bulan ini prosesnya 🙂

Diah Woro Susanti
Guest
Diah Woro Susanti

Alfatihah buat papieh. Meskipun singkat tapi perjalanan mba ety dan papieh pasti berkesan ya mba. Semoga bertemu di jannah nanti, aamiin ya Allah

Turis Cantik
Guest

Al Fatihah untuk alm suamimu mbak. Aku setuju banget penting banget memilih tempat pernikahan yang enak dan nyaman di kita termasuk ketersediaan fasilitas sesuai kebutuhan kita.

Turis Cantik
Guest

Memilih gedung yang tepat memang hrs menjadi dasar utama dalam memilih tempat pernikahannya ya mbak. Al Fatiha untuk alm suamimu mbak

Bowo Susilo
Guest

Waaaah Mbk Ety, semoga almarhum sudah tenang disana ya.Aamiin.. Btw thanks banget sudah berbagi kisahnya ya. Daaaan sekarang akupun merasakan kegalauan disaat umur beranjak dewasa dan sudah saatnya memikirkan pernikahan hehehe

Helena
Guest

Wuhaaaa bentar banget siapin nikahnya. Aku tuh suka amazed dengar pengalaman teman-teman yang cuma ketemu beberapa kali trus langsung jadi nikah. Well menjalani rumah tangga pun bisa awet dengan Cara itu, so kenalan bertahun-tahun ga jaminan bakal langgeng yaa soalnya pacaran dan nikah tuh beda banget.

Keke Naima
Guest

Semoga almarhum mendapatkan tempat terindah di sana ya, Mbak. Aamiin.

Menyiapkan pernikahan memang selalu berkesan. Apalagi kalau dilakukan sendiri